Tak Berkategori

12 Tips Jualan Online Laris Manis, Dijamin Makin Cuan!

Tips Jualan Online Laris
Tips Jualan Online Laris
Image Source: Pexels/cottonbro

Tertarik untuk merintis usaha melalui jualan online? 12 tips jualan online laris berikut dapat Anda terapkan pada usaha Anda. Baik itu usaha yang sudah berjalan, maupun yang akan berjalan dalam waktu dekat. Kapan pun itu, tips ini akan sangat berguna untuk Anda!

Sobat BFI, yuk simak artikel berikut ini.

Tentukan Ide Usaha 

Tips jualan online laris manis yang pertama yaitu menentukan ide usaha!

Sobat BFI dapat menentukan produk, modal, target pasar, dan sebagainya sesuai dengan minat dan ide usaha yang Anda miliki. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk hal ini yaitu melalui riset pemasaran. Melalui riset ini, Anda akan mendapatkan banyak insight terkait usaha yang Anda pilih.

Memilih Nama Toko yang Unik

Seteleh selesai menentukan ide usaha, langkah kedua untuk tips jualan online laris manis yaitu Anda perlu memilih nama toko yang unik. Pasalnya dengan memilih nama toko yang unik, orang-orang dapat dengan mudah mengingat nama brand atau usaha Anda. Pilihlah nama yang terdiri dari 1 suku kata dan memungkinkan siapa saja mudah mengingatnya. Pastikan Anda juga melakukan riset terkait nama tersebut, hal ini berfungsi agar nama yang dipilih tidak sama atau plagiarism.

Memanfaatkan Marketplace

Sesuai dengan judul artikel yang ada mengenai tips jualan online laris. Rasanya kurang afdol jika memulai berjualan online tanpa menggunakan marketplace. Sebab, dengan adanya bantuan marketplace akan memudahkan transaksi antara 2 belah pihak yaitu customer dan seller. Terlebih, banyak orang saat ini lebih memilih bertransaksi melalui marketplace  untuk menghindari terjadinya penipuan serta memudahkan dalam pembayaran, melihat produk dengan jelas, dan review produk.

Aktif di Sosial Media

Sosial media bukan hanya sekedar tempat bercengkrama secara online, akan tetapi sudah menjadi gaya hidup bagi banyak orang. Mayoritas penduduk kita pasti membuka sosial media setiap harinya, entah itu facebook, twitter, instagram, dan lainnya. Intensitas yang ada ini didukung dengan beragam kepentingan. Ada yang untuk update seputar keseharian, mengikuti trend atau berita terkini, dan tak terkecuali kepentingan untuk shopping atau berbelanja.

Oleh karena itu, selepas Anda menentukan usaha apa yang hendak digeluti, pastikan Anda aktif di sosial media, ya! Dapat dipastikan akan ada banyak calon pembeli yang tertarik dengan barang maupun jasa yang Anda tawarkan.

Hal lainnya yang dapat Anda lakukan yaitu berinteraksi dengan audience/followers akun Anda. Misalnya yaitu:

  • Membalas komentar atau pesan
  • Melakukan Q&A (Question and Answer)
  • Live Streaming
  • Melakukan giveaway jika memungkinkan
  • Memberikan informasi menarik yang berkaitan dengan produk Anda 

Detail Deskripsi Produk

Sudah menentukan ide bisnis, nama toko, serta mendaftarkan akun pada sosial media dan marketplace? Tahap selanjutnya yaitu mencantumkan detail deskripsi produk. Hal ini terkesan sepele, namun jika Anda lakukan dapat menjadi point plus bagi produk yang Anda jual.

Hal apa saja yang sebaiknya dicantumkan pada detail deskripsi produk?

  • Harga
  • Gambar Produk (sedetail mungkin)
  • Video Produk (jika memungkinkan)
  • Bahan Produk yang Digunakan
  • Tanggal Pembuatan/Produksi
  • Warna
  • Ukuran
  • Kualitas
  • Minimal Pembelian
  • Info Diskon
  • Info Terkait Penukaran/Pengembalian Produk (Jika Ada)
  • Kelebihan Produk
  • Ketersediaan Stok
  • Garansi

Ramah Terhadap Pelanggan

Semua orang senang diperlakukan dengan baik, tanpa terkecuali mereka yang berencana untuk membeli produk Anda. Pastikan untuk menjawab semua pertanyaan dan melayani para pembeli dengan setulus hati. Keramahan yang ada menjadi salah satu kunci suatu usaha dapat berhasil. Jadi, pastikan untuk murah senyum, ya!

Harga Produk yang Bersaing

Harga merupakan salah satu elemen yang krusial. Pasalnya, perbedaan harga yang cukup signifikan dapat menjadi pertimbangan kuat bagi calon pembeli. Terlebih jika berjualan di marketplace di mana ada banyak penjual yang menawarkan produk serupa.

Untuk mensiasati agar produk Anda cepat terjual, tips berikut ini dapat Anda lakukan:

  1. Pilih supplier terpercaya yang menawarkan harga lebih murah
  2. Cantumkan harga Rp500-Rp1.000 lebih murah dari toko lain

2 tips tersebut dapat Anda jadikan patokan untuk mensiasati harga, tidak masalah untuk memotong sedikit keuntungan sebab jumlah pembelian yang banyak akan lebih menguntungkan dibandingkan dengan keuntungan yang cukup besar namun hanya terjual beberapa dari stok yang ada.

Memberikan Promo Ke Pelanggan

Tips jualan online laris selanjutnya yaitu promo. Sudah menjadi rahasia umum jika masyarakat kita senang dengan promo. Promo sendiri merupakan magic word  untuk menggaet pembeli baru. Anda dapat menerapkan promo berupa potongan harga, bundle product, bonus pembelian produk yang diberikan dengan minimum pembelian, dan masih banyak lagi.

Gunakan Paid Ads

Memanfaatkan sosial media tidak hanya dilakukan dengan cara membuat akun dan menjangkau audiens sebanyak-banyaknya. Anda juga dapat memanfaatkan fitur paid ads yang terdapat pada masing-masing sosial media atau pun google untuk mempromosikan produk Anda. Strategi ini dinilai efektif sebab fitur paid ads dapat menarget pelanggan sesuai dengan karakteristik yang Anda minta.

Manfaatkan Strategi Word of Mouth

Ada beragam macam strategi pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk, salah satunya yaitu melalui strategi word of mouth. Strategi word of mouth yaitu promosi melalui mulut ke mulut berupa rekomendasi produk yang dilakukan oleh orang sekitar.

Strategi ini bisa berjalan jika ada seseorang yang menggunakan produk Anda dan merekomendasikannya ke orang sekitar. Meskipun strategi ini terlihat mudah, faktanya tidak semua orang akan melakukan ini. Alternatif yang dapat Anda gunakan untuk menarpkan strategi ini yaitu melalui endorse: menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk Anda. 

Manfaatkan Testimoni Dari Pelanggan

Tips jualan online laris yang terakhir yaitu menampung testimoni atau review dari para pembeli. Para pembeli yang ada biasanya akan memberikan review baik positif maupun negatif. Anda bisa memilih beberapa review positif tersebut untuk ditampilkan kembali di sosial media. Dengan adanya review ini, calon pembeli akan merasa lebih yakin untuk membeli produk Anda.

Solusi Mudah Memperoleh Modal Usaha

Punya keinginan untuk mewujudkan bisnis Anda namun terkendala akan modal? BFI Finance solusinya!

BFI Finance merupakan perusahaan pembiayaan yang sudah terverifikasi oleh OJK. Kami siap membantu Anda memperoleh pinjaman dengan berbagai keuntungan. Diantaranya yaitu:

Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 3 tahun.

Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 18 bulan.

Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 48 bulan.

Sobat BFI, itu dia 12 tips jualan online laris manis yanag dapat Anda coba untuk meningkatkan penjualan. Jika Anda tertarik untuk mengetahui informasi menarik lainnya Anda dapat mengunjungi laman Blog BFI. Salam bisnis!