Pinjaman

3 Cara Praktis Hitung Pinjaman Modal Usaha

pinjaman modal usaha

Ketika hendak menjalankan bisnis, modal usaha tentunya diperlukan agar bisnis yang Anda jalani bisa berkembang. Apabila modal usaha yang dimiliki tidak cukup, mengajukan pinjaman modal usaha bisa menjadi alternatif untuk menambah jumlah modal. Baik untuk pebisnis pemula maupun bisnis yang sudah lama berjalan. 

Tentunya, diperlukan perhitungan yang cermat dalam menentukan pinjaman modal usaha. Dengan adanya modal usaha, maka tanggung jawab Anda juga bertambah. Anda pun berkewajiban untuk melunasinya. Karena itu, penting untuk menentukan jumlah dana pinjaman agar tidak membebani keuangan Anda. 

Berapa jumlah dana yang dibutuhkan? Bagaimana cara menentukan jumlah modal usaha agar tidak kelebihan atau kekurangan? Sebelum pinjam modal usaha, yuk simak 3 tips dalam menentukan jumlah modal usaha!

pinjaman modal usaha kecil

Tentukan Tujuan Bisnis

Langkah pertama, tentukan tujuan bisnis yang hendak Anda jalani. Apakah Anda hendak ekspansi toko baru? Mengembangkan produk baru? Tentukan juga bidang bisnis yang hendak Anda jalani. Hal ini dapat membantu Anda untuk menentukan biaya apa saja yang diperlukan dalam mengembangkan bisnis. 

Setelahnya, Anda baru bisa menentukan jumlah pinjaman dana yang kira-kira akan diajukan. Anda akan memiliki panduan yang jelas dalam bentuk anggaran keuangan. 

Tentukan Jangka Waktu Bisnis

Tak kalah penting, Anda juga harus menetapkan waktu yang tepat, diikuti dengan rencana pengajuan pinjaman modal usaha. Hal ini dilakukan untuk memperkirakan target waktu yang perlu Anda capai untuk mencapai tujuan bisnis Anda. 

Pastikan untuk menentukan kapan Anda akan membangun bisnis dan waktu yang tepat untuk mengajukan pinjaman. Hal ini dapat membantu Anda menentukan berapa jumlah pinjaman yang dibutuhkan. Karena, Anda dapat memperkirakan kapan Anda membutuhkan biaya ekstra untuk membangun usaha Anda. 

Susun Kebutuhan Pinjaman Modal Usaha Anda

Apabila kedua hal diatas telah Anda lakukan, selanjutnya, Anda bisa mendapat gambaran yang jelas mengenai rencana bisnis Anda. Berikut juga dengan modal yang dibutuhkan. Ada 3 jenis modal yang berbeda untuk membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda. 

Yang pertama adalah modal tetap, yang berkaitan dengan kebutuhan operasional usaha. Contohnya mesin produksi, tanah, atau ruko. 

Yang kedua adalah modal kerja, yang berkaitan dengan produk sekali pakai. Contohnya bahan baku dan bahan bakar. 

Yang ketiga adalah modal manusia atau tenaga kerja yang akan Anda pekerjakan sesuai dengan keahlian mereka masing-masing. Modal ini berkaitan dengan gaji dan bergantung pada jumlah orang yang akan Anda pekerjakan. 

Pastikan untuk menyusun anggaran bisnis Anda sesuai dengan kebutuhan masing-masing jenis modal tersebut. Sehingga, pinjaman modal usaha bisa dialokasikan sesuai dengan kebutuhan. 

Semoga tips diatas bisa membantu Anda dalam menentukan jumlah pinjaman modal usaha yang tepat, ya! Ajukan pinjaman modal usaha Anda sekarang melalui BFI Finance untuk mengembangkan usaha Anda.