Gaya Hidup

3 Tips Finansial Untuk Keluarga Muda

tips finansial

Bagi Anda yang baru berkeluarga, tentunya Anda perlu melakukan penyesuaian kepada keadaan yang serba baru. Pasalnya, Anda sekarang telah memasuki fase kehidupan yang berbeda dari sebelumnya. Cara mengatur keuangan pun berbeda dengan cara Anda mengatur keuangan ketika belum berkeluarga. Yuk, simak tips finansial untuk keluarga muda berikut!

Ketika berkeluarga dan baru memiliki anak, ada banyak perubahan yang Anda rasakan. Bukan hanya kebahagiaan yang kian lengkap dengan kehadiran anak, tanggung jawab selaku orang tua pun semakin besar untuk menjamin kesejahteraan seluruh anggota keluarga. 

Untuk itulah, dibutuhkan pengaturan dan perencanaan finansial yang tepat bagi para keluarga muda. Terutama bagi Anda yang langsung memiliki anak dengan pasangan, tentunya harus langsung menyiapkan anggaran ekstra. 

Bagi Anda yang baru berkeluarga, yuk, simak tips finansial berikut mengenai kesalahan yang sering dilakukan oleh keluarga muda dan cara mengatasinya!

Finansial

Tidak Memiliki Asuransi

Kesalahan umum pertama yang dilakukan oleh para orang tua muda adalah tidak menyadari pentingnya memiliki asuransi. Baik asuransi jiwa, maupun asuransi kesehatan. Padahal, hal ini penting untuk menjaga keadaan finansial dan kesejahteraan keluarga Anda. Adanya asuransi jiwa bisa memperkecil dampak yang parah pada keuangan keluarga apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada pencari nafkah utama. 

Jangan lupa juga untuk menambahkan nama anak dalam daftar tertanggung asuransi kesehatan keluarga Anda. Mengikutsertakan anak dalam daftar tertanggung asuransi kesehatan keluarga dapat membantu Anda mengelola risiko keuangan akibat sakit.

Tidak Memiliki Dana Darurat

Kesalahan finansial kedua yang cukup umum dilakukan keluarga muda adalah tidak menyiapkan dana darurat yang cukup untuk keluarga. Tentunya, Anda sudah memahami pentingnya dana darurat, terutama di tengah situasi pandemi ini. 

Pastikan bahwa Anda dan pasangan Anda telah menyiapkan dana darurat minimal enam hingga sembilan kali pengeluaran rutin bulanan Anda. Sehingga, Anda bisa mengantisipasi kondisi darurat dan telah memiliki dana yang siap digunakan ketika kondisi tak terduga muncul pada keluarga Anda. 

Tidak Merencanakan Dana Pendidikan

Banyak para orang tua muda yang belum mempersiapkan dana pendidikan anak mereka. Alasannya karena anak masih kecil dan belum dalam usia sekolah. Namun, tahukah Anda, bahwa dana pendidikan sebaiknya dipersiapkan sedini mungkin. Sebab, biaya pendidikan semakin meningkat setiap tahunnya. 

Jika Anda belum mempersiapkan dana pendidikan bagi anak, sekarang adalah saat yang tepat untuk memulai. Anda bisa mempersiapkan dana pendidikan melalui investasi di produk keuangan dalam jangka panjang. Contohnya reksa dana, emas, dan lain sebagainya. Sehingga, ketika anak Anda memasuki usia sekolah, Anda telah siap dengan dananya. 

Itulah beberapa tips finansial untuk keluarga muda. Apabila Anda membutuhkan pinjaman dana untuk kebutuhan keluarga Anda, tak perlu khawatir, BFI Finance siap membantu Anda. Manfaatkan pinjaman multiguna dengan jaminan BPKB mobil atau motor dengan tenor panjang. Tentunya, dengan proses pencairan yang aman dan cepat untuk kebutuhan finansial keluarga Anda. 

Yuk, persiapkan keadaan finansial yang lebih baik untuk keluarga Anda!