Gaya Hidup

4 Tanda Anda Bisa Kelola Keuangan Pribadi

keuangan pribadi

Dalam mengelola keuangan pribadi, setiap orang memiliki standar dan cara yang berbeda-beda. Tentunya, setiap orang memiliki kepribadiannya masing-masing. Ada yang benar-benar hemat dan teliti, namun ada yang masih mengelola keuangannya dengan sembarangan. Nah, Anda termasuk golongan yang mana, nih?

Kemampuan mengelola keuangan pribadi tentunya sangat penting untuk keadaan jangka panjang. Terutama di masa pandemi ini, ketika keadaan keuangan benar-benar diuji. 

Bahkan, dilansir dari MoneyGlare, seseorang yang pandai mengelola keuangan cenderung memiliki hidup yang lebih bahagia. Hal ini tentunya masuk akal, mengingat mereka yang pandai mengelola keuangannya berpeluang lebih besar untuk mencapai kebebasan finansial.

Syarat mencapai kebebasan finansial tidak mutlak memiliki pemasukan yang besar. Apabila Anda mampu mengelola keuangan dengan baik, maka pendapatan yang kecil pun bisa mendatangkan kebebasan finansial bagi Anda di kemudian hari. 

Lalu, apa saja tanda-tanda bahwa Anda mampu mengelola keuangan pribadi dengan baik? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Keuangan adalah

Punya Catatan Keuangan Pribadi

Tanda pertama bahwa Anda mampu mengelola keuangan pribadi adalah Anda memiliki catatan keuangan pribadi yang jelas. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui alokasi pengeluaran dengan lebih detail. Semua pengeluaran yang ada tercatat dengan jelas, sehingga Anda bisa mengetahui mana pengeluaran yang harus dikurangi. Dengan demikian, pengeluaran Anda jadi lebih terkontrol. 

Punya Anggaran Yang Jelas

Tanda kedua yang menandakan kemampuan pengelolaan keuangan Anda adalah memiliki anggaran keuangan yang jelas. Yaitu, anggaran yang disusun berdasarkan prioritas keuangan, termasuk keinginan dan kebutuhan. Adanya anggaran yang jelas dapat membantu Anda mengeluarkan uang dengan lebih bijak. Gaji pun tidak habis di tengah bulan dan bisa dianggarkan untuk kebutuhan yang lebih penting. 

Memiliki Tabungan dan Dana Darurat

Walau jumlahnya tidak besar, namun memiliki tabungan dan dana darurat menandakan bahwa Anda mampu mengalokasikan pendapatan Anda dengan baik. 

Di tengah pandemi ini, memiliki tabungan dan dana darurat sangat penting. Terutama dana darurat yang bisa digunakan untuk segala kebutuhan yang mendesak, termasuk jika kehilangan pekerjaan atau biaya kesehatan. 

Tidak Impulsif

Mampu mengontrol keinginan berbelanja yang sering datang secara tiba-tiba juga tanda bahwa Anda mampu mengelola keuangan Anda. Hal ini menandakan bahwa Anda selalu mempertimbangkan secara matang untuk membelanjakan sesuatu yang benar-benar dibutuhkan. Sehingga, tidak ada pengeluaran yang sia-sia. 

Itulah beberapa tanda bahwa Anda mampu mengelola keuangan. Gimana, apakah Anda sudah termasuk bisa mengelola keuangan pribadi?

Untuk segala kebutuhan keuangan pribadi, Anda bisa mengajukan pinjaman di BFI Finance. Cukup dengan BPKB kendaraan atau sertifikat rumah, Anda bisa mendapatkan pinjaman dana dengan bunga flat dan tenor panjang

Yuk, ajukan pinjaman di BFI Finance sebagai solusi keuangan pribadi Anda!