Apakah KTA dan Pinjaman Online itu Sama?

Apakah KTA dan Pinjaman Online itu Sama? post thumbnail image

Sekarang ini, kita bisa mengakses berbagai macam jenis pinjaman online. Hanya bermodal smartphone dan data internet saja, kita sudah bisa mendapatkan pinjaman dengan cepat dan uangnya langsung masuk ke rekening kita. Produk ini sendiri sangat diminati karena memiliki berbagai macam kemudahan, seperti proses pencairannya yang lebih cepat. Biasanya, dana akan cepat cair dalam kurun waktu kurang lebih hingga 3 hari saja.

Ketika berbicara tentang fintech, ada dua istilah yang sering kita dengar. Yakni pinjaman online dan KTA. Apakah dua hal ini sama? Yuk kita cari tahu jawabannya.

Coins and mortgage application near laptop Free Photo

Perbedaan Pinjaman Online dan KTA

KTA adalah singkatan dari Kredit Tanpa Agunan, yang artinya pemberi pinjaman yaitu perusahaan pembiayaan seperti Bank bisa memberikan pinjaman tanpa memberikan syarat kepada calon kreditur untuk menyerahkan barang sebagai jaminan.

Sedangkan pinjaman online juga demikian, namun jika kita lihat lebih jauh, ada banyak perbedaan mengenai dua produk ini.

Meskipun hampir sama, keduanya merupakan produk pinjaman yang berbeda. Apa saja perbedaan yang mendasari kedua produk tersebut?

Cara Verifikasi

Proses verifikasi data calon peminjam pada pinjaman online bisa dibilang mudah. Calon peminjam hanya perlu melakukan pendaftaran pada aplikasi, memasukan data diri dengan lengkap dan mereka sudah bisa memilih pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan.

Namun hal seperti ini tidak berlaku jika akan melakukan pinjaman dengan produk KTA. Di KTA proses verifikasi data dilakukan secara offline dimana peminjam harus datang ke kantor Cabang Bank dan menyerahkan semua data yang dibutuhkan disana.

Bunga

Jika ditanya tentang bunga, KTA memiliki produk yang lebih baik dimana bunga yang ditawarkan lebih murah. Hal ini karena bank bisa mendapatkan dana dari masyarakat yang melakukan penabungan. Sedangkan jika Anda mengajukan pinjam online, kebanyakan uang yang digunakan untuk memberikan pinjaman adalah dari para pemangku kepentingan.

Dari kemudahan mendapatkan produk, tentu KTA bisa menghadirkan produk dengan bunga yang lebih rendah.

Fleksibilitas

Mengenai fleksibilitas, tentu saja perusahaan pinjaman online lebih unggul. Hal ini karena masyarakat bisa melakukan pinjaman dari mana saja tanpa harus datang ke kantor cabang.

Begitu juga dengan persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peminjam, beberapa perusahaan pinjaman online bahkan hanya perlu kartu identitas saja. Hal ini akan berbeda dengan KTA dimana syarat dan ketentuan yang dibebankan kepada peminjaman jauh lebih banyak.

Soal kecepatan juga demikian, pinjama online jauh lebih unggul karena kreditur bisa mendapatkan dana yang diinginkan dengan cepat, bahkan pada waktu itu juga. Berbeda dengan KTA, perusahaan pembiayaan akan melakukan verifikasi data yang membutuhkan waktu sekitar seminggu. 

 

 

Jadi, mana yang lebih unggul? Tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing calon peminjam. Jika Anda membutuhkan pinjaman online cepat, maka perusahaan fintech bisa menjadi alternatif. Namun jika Anda berorientasi pada bunga, maka KTA akan lebih cocok.

Semoga ulasan diatas dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan yang tepat, ya.