Atasi Kekhawatiran Bisnis Dengan Pinjaman Modal Usaha

Atasi Kekhawatiran Bisnis Dengan Pinjaman Modal Usaha post thumbnail image

Penyebaran virus Corona yang semakin meluas telah berdampak kepada industri bisnis dan ekonomi. Beberapa sektor di berbagai negara mengalami perlambatan hingga kelumpuhan, sehingga memperlambat pertumbuhan ekonomi secara global. Beberapa pemilik bisnis bahkan membutuhkan pinjaman modal usaha akibat terhambatnya kegiatan bisnis mereka. 

Kebijakan work from home akibat pandemi Corona ini juga memperlambat kegiatan dan produktivitas bisnis. Bagi Anda yang menjalankan bisnis, tentunya hal ini juga berimbas kepada bisnis Anda. Para pemilik bisnis dan UMKM pun mulai merasa khawatir terhadap kelangsungan bisnis mereka. 

Apabila Anda termasuk salah satu dari mereka yang merasa resah dengan perubahan tersebut, Anda tidak sendiri. Walaupun keadaan ekonomi memang kurang stabil, beberapa cara berikut bisa dilakukan untuk mengatasi kekhawatiran Anda. 

pinjaman modal usaha kecil

Fokus Pada Cara Pencegahan

Tentunya, Anda dan karyawan Anda saat ini merasa cemas mengenai banyaknya berita dan perbincangan publik mengenai virus Covid-19. Cemas dan waspada boleh, namun jangan sampai hal ini membuat Anda panik dan berdampak pada psikologis Anda. 

Untuk menyikapi hal tersebut, mulailah melakukan kontribusi terhadap diri Anda sendiri dan lingkungan sekitar Anda, termasuk lingkungan kerja Anda. Terapkan hidup bersih dan sehat sebagai upaya pencegahan di era new normal ini. Anda bisa memberlakukan SOP mengenai kebersihan dan sanitasi terhadap lingkungan kerja Anda. Dengan fokus terhadap cara pencegahan, tentunya hal ini akan menjaga produktivitas Anda dan karyawan Anda tetap terjaga. 

Berjaga-jaga Untuk Segala Kemungkinan

Selanjutnya, setelah melakukan tindakan pencegahan, Anda juga harus tetap berjaga-jaga dengan kemungkinan yang terburuk. Contohnya, jika rencana bisnis tidak berjalan mulus atau salah satu dari karyawan Anda tertular. Solusinya, Anda harus berkomunikasi secara terbuka dengan para karyawan Anda mengenai situasi dan kondisi bisnis Anda saat ini. Serta membagi porsi pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing. Pastikan juga untuk memberi dukungan; baik secara materil maupun moral dan bersama menghadapi situasi yang ada. 

Untuk berjaga-jaga secara finansial, Anda juga harus mempersiapkan dana darurat; setidaknya berjumlah tiga sampai enam kali pengeluaran bulanan. Sisihkan sebagian keuntungan yang Anda dapatkan, dan jangan digunakan semua untuk ekspansi bisnis. 

Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

Langkah terakhir apabila dana yang Anda miliki tidak cukup untuk menjaga kelangsungan bisnis, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha. Mengutip dari berbagai sumber, pemerintah telah bekerja sama dengan OJK untuk mendukung UMKM yang terkena dampak penyebaran COVID-19. Salah satu kebijakannya adalah bank dan lembaga keuangan dapat melakukan restrukturisasi untuk kegiatan pembiayaan tanpa melihat batasan plafon pinjaman. Dengan kata lain, penambahan modal untuk pelaku usaha kecil dan menengah akan dipermudah untuk menghadapi situasi tersebut. Kebijakan ini bertujuan mengurangi keresahan pebisnis usaha kecil dan menengah. 

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan bahwa produk pinjaman yang Anda tuju sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Serta, cek kembali perizinan dan kredibilitas lembaga keuangan yang Anda tuju.

Merasa cemas dan waspada boleh saja, namun jangan sampai hal tersebut membebani pikiran Anda. Lakukanlah yang terbaik sebisa Anda untuk menjaga kesehatan dan produktivitas bisnis Anda tetap optimal. Semoga Anda tetap sehat dan optimis, ya!