Izin Pinjol Baru Di Stop; Waspada Pinjam Online Ilegal

Izin Pinjol Baru Di Stop; Waspada Pinjam Online Ilegal post thumbnail image

Dalam keadaan seperti ini, waspadalah dengan penipuan pinjam online ilegal yang memanfaatkan kebutuhan masyarakat. Sejak awal bulan Maret, OJK telah menghentikan sementara penerbitan izin baru untuk fintech atau perusahaan yang menawarkan layanan pinjam online langsung cair. Pada awal bulan Maret, sudah ada 164 fintech baru yang terdaftar di OJK dan baru 25 yang mendapatkan izin. Untuk sementara ini, OJK belum membuka pendaftaran izin lagi.

Riswinandi selaku Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) menuturkan bahwa kebijakan ini dilakukan agar otoritas bisa menyempurnakan sistem pengawasan fintech yang tergolong masih baru. Salah satu sistem pengawasan yang terkait adalah sistem layanan informasi keuangan (SLIK). SLIK sendiri dikenal juga sebagai sistem informasi yang dikelola oleh OJK. Fungsinya adalah untuk mengawasi dan melayani informasi seputar keuangan. Contohnya, penyediaan informasi debitur seperti riwayat kredit. Dengan adanya sistem SLIK yang baik, diharapkan satu nasabah hanya bisa mengajukan pinjaman di satu fintech. Serta mengetahui apakah nasabah tersebut memiliki riwayat kredit yang baik atau tidak. Sistem ini diharapkan bisa melindungi kedua belah pihak, yaitu nasabah dan fintech tersebut. 

Waspada Ancaman Pinjam Online Ilegal!

pinjam online cepat

Untuk itulah, Anda harus memastikan kredibilitas fintech yang Anda tuju. Terutama jika fintech tersebut masih belum jelas reputasinya. Terutama pada masa pandemi COVID19 ini. Sasaran mereka adalah masyarakat yang pada saat pandemi ini membutuhkan dana cepat untuk memenuhi kebutuhan, baik pokok maupun konsumtif. Menurut Tongam L Tobing selaku Ketua Satgas Waspada Investasi, hingga kini sudah ada lebih dari 2000 perusahaan pinjam online ilegal yang sudah ditindak. 

Tongam berpesan kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dengan tawaran pinjam online cepat, terutama jika mereka memberikan iming-iming kemudahan yang tidak wajar. Hal ini karena masih banyak fintech ilegal yang beredar. Modusnya adalah, selain menawarkan kemudahan yang tidak wajar, mereka juga menduplikasi website fintech legal. Sehingga seolah-olah fintech tersebut telah legal dan memiliki izin. 

Apabila Anda mendapatkan tawaran pinjam online langsung cair, jangan gegabah dalam mengajukan pinjaman. Anda bisa mengecek perizinan usaha pinjaman tersebut melalui website resmi OJK untuk memastikan kredibilitasnya. Waspadalah dengan ancaman pinjam online ilegal, terutama untuk perusahaan pinjaman yang masih tergolong baru dan belum jelas reputasinya.