Ketahui Pentingnya Dana Darurat Sebelum Pinjam Dana Online

Ketahui Pentingnya Dana Darurat Sebelum Pinjam Dana Online post thumbnail image

Ketika menghadapi kebutuhan yang mendesak, salah satu alternatif yang menjadi andalan orang-orang akhir-akhir ini adalah pinjam dana online. Tentunya, hal ini sah-sah saja selama dana pinjaman dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayar. Hal ini dilakukan apabila dana yang dimiliki dirasa tidak cukup sehingga dana tambahan pun dibutuhkan.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan pinjam dana online cepat cair, pastikan bahwa Anda menyisihkan dana darurat. Sesuai dengan namanya, dana darurat ini merupakan dana yang telah dipersiapkan apabila terjadi sesuatu yang tak terduga di masa depan. Selain membuat Anda lebih siap dalam menghadapi masalah yang tak terduga, Anda juga tidak perlu mengajukan pinjaman lebih dari jumlah budget yang Anda miliki.

Situasi yang Membutuhkan Dana Darurat 

pinjam dana online terbaik

Berikut merupakan contoh situasi dimana Anda bisa memanfaatkan dana darurat Anda. 

Pengobatan

Tentunya, sakit tidak bisa diprediksi di kemudian hari. Dana darurat tentu akan berguna untuk meng-cover biaya pengobatan yang tidak ditanggung oleh asuransi. Baik untuk Anda sendiri maupun anggota keluarga Anda. 

PHK

Dana darurat juga bisa menjadi penyelamat jika Anda kehilangan pekerjaan atau sumber pendapatan Anda. Idealnya, dana darurat harus sebesar 6 hingga 12 kali pengeluaran bulanan Anda untuk menggantikan penghasilan Anda, sementara hingga Anda mendapat sumber pemasukan baru.

Musibah

Musibah baik karena bencana alam maupun dalam bentuk lainnya pun bisa datang sewaktu-waktu. Baik dialami oleh Anda sendiri maupun kerabat terdekat Anda. Disaat inilah Anda bisa menggunakan dana darurat untuk menanggung segala keperluan yang dibutuhkan. 

Perbaikan Kendaraan atau Rumah

Kendaraan atau rumah yang sewaktu-waktu bisa rusak tentunya juga membutuhkan biaya ekstra untuk perbaikan. Anda bisa memanfaatkan dana darurat untuk biaya perbaikan yang memakan biaya tidak sedikit. 

Cara Mempersiapkan Dana Darurat

pinjam dana online bunga rendah

Sebelum Anda menyisihkan dana darurat, buatlah catatan yang berisi kisaran pengeluaran dan pendapatan Anda perbulannya. Dengan demikian, Anda bisa menetapkan batasan pengeluaran bulanan Anda, dan menabung lebih banyak. 

Idealnya, total dana darurat yang harus Anda sisihkan adalah 6 hingga 12 kali lipat pengeluaran bulanan Anda, tergantung pada anggota keluarga yang harus Anda tanggung. Anda bisa memulai dengan menyisihkan 10 hingga 20% dari pemasukan perbulan Anda.

Susunlah pos pemasukan dan pengeluaran Anda setiap bulannya untuk memutuskan jumlah dana yang akan disisihkan. Setelah itu, Anda harus terus memantau dana yang telah dikumpulkan. Terutama jika terjadi kenaikan atau penurunan jumlah pengeluaran bulanan Anda. 

Memiliki simpanan dana darurat tentunya akan membantu Anda dalam mengatasi masalah finansial di kemudian hari. Jika pada akhirnya Anda membutuhkan pinjaman dana cepat cair, pastikan untuk mengajukan pinjam dana online langsung cair kepada lembaga keuangan yang terpercaya, ya.