Mengelola Keuangan di Saat New Normal ala BFI Finance

Mengelola Keuangan di Saat New Normal ala BFI Finance post thumbnail image

Di era new normal ini, ada sejumlah penyesuaian yang harus dilakukan oleh masyarakat. Selain aktivitas yang dibarengi dengan protokol kesehatan, penyesuaian dalam mengelola keuangan juga harus dilakukan. Kali ini, BFI Finance berkesempatan untuk melakukan diskusi online di channel YouTube BFI Finance. Dengan judul  “Ruang Temu: Atur Siasat Dana Darurat Era New Normal” bersama Metta Anggriani, Perencana Keuangan Bersertifikat, yang juga Founder dari Anggriani & Partners. 

Metta Anggriani sendiri telah dipercaya dalam membantu kliennya membuat rencana keuangan sejak tahun 2016. 

Finance Director & Corporate Secretary BFI Finance, Sudjono menuturkan bahwa momen ini merupakan peluang yang tepat bagi masyarakat untuk lebih sadar dan disiplin dalam mengatur keuangan. Diskusi online ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi BFI Finance untuk mengajak masyarakat lebih melek finansial dan lebih sejahtera di masa depan. 

Menyikapi pernyataan para ekonom bahwa kondisi ekonomi membutuhkan 1 hingga 2 tahun untuk pulih, Metta menghimbau masyarakat untuk tidak khawatir. Ia menyatakan bahwa kondisi sekarang ini merupakan peluang bagi masyarakat untuk mengelola pengeluaran dan pemasukan. Serta mengelola dana darurat. 

Mengapa Harus Menyiapkan Dana Darurat? 

bfi finance indonesia

Dana darurat merupakan aspek keuangan yang penting, terlepas dari ada atau tidaknya pandemi. Metta menjelaskan bahwa dana darurat dibutuhkan untuk menghadapi situasi darurat yang membutuhkan dana yang nominalnya besar. Contohnya, ketika sakit atau kehilangan pekerjaan. Dana darurat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dasar, sementara hingga kondisi kembali normal.  

Metta menghimbau masyarakat untuk mulai menyisihkan sebagian pendapatannya untuk dana darurat di era new normal ini. Terutama bagi mereka yang belum memiliki dana darurat. Ia menjelaskan bahwa dana darurat idealnya berjumlah 6 hingga 12 kali pengeluaran bulanan. 

Selain pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari, pengeluaran bulanan juga termasuk kewajiban masyarakat dalam membayar angsuran. Contohnya, pembiayaan usaha atau cicilan lainnya. 

Menjadi lebih melek finansial di era new normal ini sangatlah penting. Apabila Anda paham betul cara mengatur keuangan, Anda bisa terhindar dari resiko masalah finansial di kemudian hari. Metta juga menuturkan bahwa apabila masyarakat lebih melek finansial, pertumbuhan ekonomi di Indonesia akan lebih baik. 

Yuk, lebih melek finansial dan cermat mengelola keuangan Anda di era new normal ini! Diskusi online selengkapnya bisa Anda saksikan di YouTube Channel BFI Finance.