Mulai Usaha Minimarket Dengan Pinjaman Modal Usaha Kecil

Mulai Usaha Minimarket Dengan Pinjaman Modal Usaha Kecil post thumbnail image

Pandemi COVID19 telah mempengaruhi aspek bisnis di Indonesia. Para pelaku usaha tengah berjuang agar usahanya dapat bertahan di tengah pandemi. Namun, dalam situasi ini, masih ada sejumlah bisnis yang dapat bertahan. Selain itu, beberapa perusahaan keuangan mulai memberikan pinjaman modal usaha kecil agar para pelaku bisnis dan UMKM dapat mempertahankan bisnisnya. 

Tri Raharjo selaku Chairman TRAS N CO Indonesia menuturkan bahwa bisnis minimarket merupakan salah satu bisnis yang berpotensi stabil dan mengalami perkembangan di tengah pandemi ini. Banyaknya orang-orang yang kini membatasi aktivitas mereka dan memasak di rumah merupakan peluang bagi pemilik bisnis minimarket. Selain itu, tentunya orang-orang akan selalu membutuhkan kebutuhan sehari-hari. Sehingga, bisnis ini bukanlah bisnis yang jenisnya musiman, dan akan terus berkembang jika pandemi telah berakhir. 

Apakah Anda tertarik untuk memulai usaha minimarket di tengah pandemi? Yuk, simak ulasan berikut!

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

pinjaman modal umkm

Tentunya, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum menjalankan usaha minimarket. Yang pertama adalah lahan yang strategis dan memadai. Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu sebelum menjalankan usaha Anda. Contohnya lokasi yang terletak di daerah perumahan, komplek perkantoran, dan lain sebagainya. Rencanakan juga peletakan tempat Anda meletakan kulkas, rak, dan lainnya agar pembeli bisa berbelanja dengan nyaman. 

Selanjutnya adalah perizinan dan legalitas usaha. Perizinan yang Anda butuhkan antara lain  surat izin gangguan, surat keterangan domisili perusahaan, serta surat pendaftaran jika Anda membeli lisensi franchise. Anda bisa mengurusnya kepada Dinas Koperasi dan UMKM setempat. 

Pastikan juga Anda mempersiapkan stok barang sesuai kebutuhan orang-orang yang berbelanja di lingkungan sekitar Anda. Untuk stok barang, pertimbangkan juga apakah Anda akan memilih satu atau lebih dari satu supplier, serta biaya pengangkutan dari gudang stok supplier sampai ke toko Anda. 

Berapa Modal yang Dibutuhkan?

pinjam modal usaha

Modal yang dibutuhkan untuk usaha minimarket tentu tergantung dengan jenis usaha yang Anda pilih. Apabila Anda memilih untuk menjalankan jenis franchise, maka kisaran modal yang diperlukan berkisar Rp400 juta hingga Rp1 miliar. Biaya ini sudah termasuk stok barang dagangan yang siap dijual di toko Anda. 

Sementara jika Anda berniat menjalankan bisnis minimarket pribadi, modal yang dibutuhkan berkisar Rp270-300 juta. Biaya ini sudah termasuk peralatan, gaji karyawan, dan biaya operasional lainnya.

Semoga ulasan diatas dapat membantu Anda yang hendak memulai usaha minimarket, ya. Jika Anda membutuhkan pinjaman modal usaha kecil, mengajukan pinjaman di lembaga keuangan yang terpercaya bisa menjadi solusi untuk mendapat dana dalam waktu singkat. Anda bisa mendapat nominal pinjaman modal usaha sesuai dengan kebutuhan Anda.