Sebelum Ajukan Pinjaman, Perhatikan Mitos-Mitos Berikut

Sebelum Ajukan Pinjaman, Perhatikan Mitos-Mitos Berikut post thumbnail image

Apakah Anda pernah menghadapi situasi dimana Anda membutuhkan dana cepat untuk kebutuhan mendesak? Salah satu alternatifnya adalah dengan cara ajukan pinjaman dana, baik dari bank, pegadaian atau lembaga keuangan. Terlebih lagi, sekarang Anda bisa memanfaatkan layanan pengajuan pinjaman online dari beberapa fintech terpercaya yang memudahkan urusan finansial Anda. 

Walaupun proses pengajuan pinjaman relatif mudah, namun masih banyak orang yang enggan mengajukan pinjaman karena takut dengan persyaratan yang berbelit-belit. Padahal, kenyataannya tidak selalu begitu. Walaupun lembaga keuangan tetap melakukan pengecekan, namun prosesnya tidak serumit yang dipikirkan. 

Apa saja mitos-mitos yang beredar mengenai pinjaman cepat cair? Simak ulasan berikut agar Anda bisa lebih tenang ketika berniat mengajukan pinjaman!

ajukan pinjaman online

Skor Kredit Atau Catatan Keuangan Adalah Syarat Utama

Mitos pinjaman yang sering didengar adalah bahwa pinjaman Anda akan disetujui apabila skor kredit atau catatan keuangan Anda baik. Memang skor kredit atau catatan keuangan adalah faktor yang paling menentukan. Akan tetapi, apabila persyaratan lain tidak dipenuhi, pinjaman Anda belum tentu disetujui walaupun skor kredit Anda baik. Misalnya, dokumen yang tidak lengkap atau aset yang dijaminkan tidak memenuhi syarat. 

Tipsnya adalah, pastikan bahwa Anda mempelajari syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh lembaga keuangan yang Anda tuju. Dengan mempelajari persyaratannya dengan baik, pinjaman Anda mungkin akan lebih berpeluang untuk disetujui. 

Jika Ditolak Sekali, Anda Akan Ditolak Di Semua Tempat

Berhubungan dengan mitos sebelumnya, mungkin Anda pernah mengajukan pinjaman, namun ditolak karena satu dan lain hal. Mitos lain yang sering didengar adalah apabila pinjaman Anda ditolak sekali, maka pengajuan pinjaman di lembaga keuangan yang berbeda juga akan ditolak. Padahal, kenyataannya belum tentu seperti itu. Anda bisa mengajukan pinjaman di lembaga keuangan atau bank yang lainnya. Pelajari persyaratan yang bisa Anda penuhi agar pengajuan pinjaman Anda memiliki kemungkinan besar untuk disetujui. 

Tidak Bisa Mengajukan Lebih Dari Satu Pinjaman

Mitos lain yang sering didengar adalah, Anda tidak bisa mengajukan pinjaman lebih dari satu. Faktanya, Anda boleh mengajukan pinjaman pribadi ke beberapa lembaga keuangan sekaligus, dengan syarat Anda mampu melunasi semuanya. Namun, proses pengajuan akan memakan waktu lebih lama. Hal ini karena catatan keuangan Anda akan dicek ke Bank Indonesia. Sehingga kurang efektif apabila Anda membutuhkan dana dalam waktu singkat. 

Meminjam Dari Lembaga Keuangan Terbesar

Mitos terakhir yang mungkin pernah Anda dengar adalah, apabila Anda mengajukan pinjaman kepada lembaga keuangan atau bank besar, pinjaman Anda akan lebih mudah disetujui. Padahal, sebenarnya hal tersebut tidak berpengaruh. Baik lembaga keuangan yang besar maupun kecil akan melakukan pengecekan mengenai persyaratan dan catatan keuangan Anda secara menyeluruh sebelum menyetujui pengajuan pinjaman Anda. Suku bunga yang ditawarkan antar lembaga keuangan pun juga kompetitif. 

Nah, mitos mana yang sebelumnya Anda pernah dengar dan percaya? Semoga ulasan diatas dapat membantu Anda dalam mempelajari pengajuan pinjaman, ya. 

Jika Anda berminat untuk ajukan pinjaman, pastikan untuk mencari lembaga keuangan yang terpercaya dan terjamin keamanannya.