Tips Hemat Ala BFI Finance Indonesia Selama COVID19

Tips Hemat Ala BFI Finance Indonesia Selama COVID19 post thumbnail image

Pandemi virus COVID19 yang mewabah secara global bukan hanya mengancam kesehatan, namun juga keuangan karena pendapatan yang menurun. Pada kesempatan kali ini, BFI Finance Indonesia akan memberikan tips agar Anda bisa berhemat selama pandemi virus ini berlangsung. Penghematan harus dilakukan mengingat banyak industri di Indonesia yang terdampak virus COVID19 ini; yang juga berimbas pada pendapatan masyarakat. 

Salah satunya adalah industri logistik. Mantan Menteri Perhubungan Kabinet Kerja, Ignasius Jonan juga menyampaikan pandangannya mengenai industri logistik yang sulit dijalankan di tengah pandemi ini. Hal ini karena kegiatan transportasi yang dibatasi untuk mencegah penyebaran virus COVID19 ini semakin meluas. Padahal, industri logistik bergantung pada ketersediaan transportasi. 

Sebagai imbasnya, ia menuturkan bahwa masyarakat mulai berhemat; baik bagi mereka yang menjalankan bisnis maupun berstatus pekerja. Hal ini karena virus COVID19 tidak bisa diprediksi hingga kapan akan berakhir dan berimbas pada pendapatan mereka. Sedangkan kebutuhan hidup yang ada harus terus dipenuhi, sehingga berhemat merupakan cara utama untuk bertahan dalam situasi ini. 

Nah, berikut tips dari BFI Finance Indonesia agar Anda bisa lebih berhemat dan bisa mengatur pengeluaran Anda dalam situasi pandemi ini. 

Membuat Skala Prioritas

bfi finance adalah

Yang pertama adalah buatlah daftar pos pengeluaran dan sisihkan pendapatan Anda untuk kebutuhan yang menjadi skala prioritas. Contohnya stok makanan, obat-obatan, biaya listrik, air dan lain sebagainya. Selain pendapatan yang ada bisa dialokasikan dengan lebih efektif, kebutuhan ini juga mendukung kegiatan Anda tinggal dirumah lebih nyaman. Anda bisa mengurangi pengeluaran yang tidak bersifat premier. Contohnya pengeluaran untuk paket data internet ponsel Anda, karena Anda sekarang lebih banyak tinggal di rumah dan menggunakan wifi. 

Mengurangi Pengeluaran yang Tidak Penting

produk BFI

Berhubungan dengan tips pertama, Anda bisa mengevaluasi pengeluaran yang dirasa kurang penting dan menguranginya. Contohnya, mengurangi belanja online, perawatan, atau memesan makanan dari luar. Anda juga bisa membatalkan langganan bulanan Anda untuk sementara, contohnya langganan TV kabel atau streaming. Walaupun terlihat sepele, tetapi mengurangi hal-hal tersebut bisa membantu Anda dalam menekan pengeluaran dan lebih berhemat. 

Menyiapkan Daftar Belanjaan 

bfi finance

Hal lain yang bisa membantu Anda menghemat pengeluaran adalah berbelanja kebutuhan pokok dengan daftar barang. Anda bisa membuat rencana apa yang akan Anda masak selama 2 minggu kedepan, dan membuat daftar belanjaan mengenai barang-barang yang dibutuhkan. Hal ini bisa membantu Anda mengurangi pengeluaran untuk hal yang tidak dibutuhkan dan mencegah Anda berbelanja secara impulsif. Selain itu, Anda juga tidak perlu bolak-balik dan menerapkan ‘physical distancing’ dengan lebih efektif. 

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa membantu Anda menghemat pengeluaran Anda. Semoga Anda senantiasa sehat baik secara fisik maupun finansial ya!