Tips Keuangan: Kesalahan Work From Home Selama Covid19

Tips Keuangan: Kesalahan Work From Home Selama Covid19 post thumbnail image

Dalam masa pandemi COVID19 ini, kegiatan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah sudah ditetapkan demi mencegah penyebaran virus corona semakin meluas. Dalam ulasan kali ini, BFI Finance akan memberikan tips keuangan mengenai kesalahan yang harus dihindari saat Anda bekerja dari rumah. 

Mungkin sebagian dari Anda merasa bahwa produktivitas Anda menurun selama Anda bekerja dari rumah. Beberapa orang bahkan merasa bahwa bekerja di rumah lebih melelahkan dibanding bekerja di kantor. Padahal, hal ini bisa dihindari apabila Anda menghindari kesalahan-kesalahan berikut. Yuk, hindari hal-hal berikut yang sering membuat pekerjaan Anda tertunda dan tingkatkan produktivitas Anda. 

Tidak Menyusun Jadwal

tips mengatur keuangan

Hal pertama yang menghambat produktivitas Anda selama WFH adalah tidak menyusun jadwal kerja yang tetap. Hal ini menyebabkan Anda menunda-nunda pekerjaan dan malah merasa lebih lelah dibanding bekerja di kantor. Sebaiknya, tentukan jam kerja di rumah seperti Anda bekerja biasanya di kantor. Contohnya, bekerja dari jam 8 hingga jam 5 sore. Selain itu, susunlah jadwal kapan harus makan dan beristirahat. Ikuti jadwal tersebut dan jangan bekerja setelah jam kerja selesai. 

Tidak Berpakaian Rapi

tips keuangan di masa corona

Hal kedua yang menghambat produktivitas Anda adalah tidak berpakaian yang rapi. Contohnya, bekerja menggunakan piyama. Menurut penelitian, hal ini akan membuat Anda santai dan menurunkan mood bekerja. Selain itu, tentunya Anda harus berpakaian yang pantas apabila harus melakukan meeting online dengan rekan kantor Anda. Usahakan untuk mandi dan menggunakan busana yang rapi agar mood kerja Anda bertambah. 

Tidak Bergerak

tips keuangan sehat

Beberapa orang merasa bahwa mereka lebih lelah ketika bekerja di rumah dibanding di kantor. Selain pengaruh jam tidur, faktor lain yang bisa berdampak pada stamina Anda adalah olahraga. Ketika badan kurang bergerak, Anda akan merasa mudah pegal dan lelah. Disarankan agar Anda melakukan stretching ringan atau melakukan senam di rumah agar stamina dan produktivitas Anda tetap terjaga. 

Kurang Berkomunikasi

tips keuangan pribadi

Hal terakhir yang menurunkan produktivitas Anda adalah kurangnya komunikasi dengan rekan sekantor Anda. Baik itu untuk segi refreshing maupun berkomunikasi mengenai masalah pekerjaan. Kurangnya komunikasi dapat membuat Anda bosan, atau salah dalam melakukan pekerjaan akibat adanya miskomunikasi. Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan untuk meluangkan waktu beberapa menit untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan rekan kerja Anda. 

Itulah 4 kesalahan yang bisa membuat produktivitas Anda menurun. Semoga tips keuangan dari BFI Finance diatas dapat membantu Anda mencegah kesalahan-kesalahan diatas, ya!