Tips Keuangan Pribadi: Raih Pemasukan Di Masa Pandemi

Tips Keuangan Pribadi: Raih Pemasukan Di Masa Pandemi post thumbnail image

Pandemi COVID19 telah berimbas kepada berbagai sektor keuangan di Indonesia. Kegiatan perekonomian global juga turut terpengaruh karenanya. Kali ini, BFI Finance akan memberikan tips keuangan pribadi untuk membantu Anda mendapat pemasukan ekstra dalam pandemi seperti ini. 

M Widyar Rahman selaku peneliti Visi Teliti Saksama melakukan uji simulasi pandemi COVID19 pada bulan April 2020 dengan model sistem dinamik. Hasilnya, pandemi COVID19 diperkirakan akan mereda pada awal Juni 2020. Tentunya, dibutuhkan waktu yang lebih panjang untuk proses pemulihan ekonomi di Indonesia. Estimasi sementara, ekonomi Indonesia akan pulih pada akhir 2021.  

Hal ini diprediksi karena rata-rata produsen dan pabrik di Indonesia memasok bahan baku dari Tiongkok. Tentunya, karena pandemi ini, pasokan dan kegiatan distribusi bahan baku dari Tiongkok ke Indonesia menjadi terhambat. Terlebih lagi mengingat Tiongkok sendiri masih dalam masa pemulihan, sehingga proses impor juga akan terdampak. Sehingga, dampak resesi keuangan negara yang akan dihadapi juga akan lebih lama dan dalam. Selain sektor perdagangan, sektor pariwisata pun juga akan terdampak karena turis dari Tiongkok pun berkurang drastis. 

Dalam masa pandemi seperti ini, tentunya tak ada salahnya untuk mencoba mencari pemasukan tambahan agar bisa bertahan dalam pandemi seperti ini. Ada 3 alternatif yang bisa Anda coba untuk mendapat pemasukan tambahan. Yuk, simak tips untuk menambah pemasukan keuangan pribadi berikut ini!

Berjualan Online

keuangan daerah

Bagi Anda yang memiliki bisnis, tentunya Anda merasakan dampak penurunan pendapatan akibat pandemi tersebut. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa beralih dengan mengalihkan bisnis Anda secara online. Untuk urusan delivery, Anda bisa memanfaatkan jasa transportasi online. Anda juga bisa berjualan barang bekas yang kondisinya masih baik. Manfaatkanlah marketplace atau akun sosial media Anda untuk meraih lebih banyak konsumen. 

Menjadi Freelancer

keuangan adalah

Apabila Anda memiliki keahlian profesional, tak ada salahnya untuk mencoba menekuni profesi pekerja lepas atau freelancer. Walaupun pemasukannya mungkin tidak stabil, namun Anda tetap bisa menabung dibanding tidak mendapat pemasukan sama sekali. Contoh keahlian yang bisa dimanfaatkan adalah fotografi, penulis lepas, programmer, dan masih banyak lagi. Anda bisa memanfaatkan situs freelancers untuk mendapatkan lowongan proyek dari perorangan maupun perusahaan. 

Membuka Kursus Online

tips keuangan sehat

Masih berhubungan dengan keahlian, selain menjadi freelancer, Anda juga bisa mencoba peruntungan dengan menyediakan jasa kursus online. Terlebih dalam keadaan seperti ini, tempat belajar terpaksa ditutup untuk sementara. Sehingga, permintaan tutor online cukup meningkat. 

Cukup memanfaatkan aplikasi video call online; seperti zoom, skype dan lain sebagainya, Anda bisa mengajarkan ilmu yang Anda kuasai kepada mereka yang membutuhkan. Manfaatkan sosial media Anda untuk mempromosikan jasa Anda. 

Tentunya, masih ada kegiatan lain selain yang telah disebutkan untuk Anda memperoleh keuntungan ekstra di masa pandemi ini. Semoga tips keuangan pribadi dari BFI Finance diatas bisa membantu Anda untuk memperoleh pemasukan ekstra, ya.