Tips Merawat Kendaraan Saat Corona ala BFI Finance

Tips Merawat Kendaraan Saat Corona ala BFI Finance post thumbnail image

Pemerintah telah menghimbau masyarakat untuk membatasi kegiatan diluar rumah untuk mencegah penyebaran virus COVID19 semakin meluas. Hal ini didukung dengan adanya kebijakan social distancing dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Imbasnya, karena Anda semakin jarang keluar rumah, maka kendaraan yang Anda miliki semakin jarang digunakan. BFI Finance kali ini akan memberikan tips tentang bagaimana cara merawat kendaraan Anda selama pandemi virus COVID19 ini berlangsung. 

Walaupun Anda sibuk bekerja di rumah dan mengisolasi diri, namun kendaraan Anda juga harus dirawat dan tidak bisa dibiarkan begitu saja. Baik itu motor atau mobil, keduanya beresiko rusak apabila hanya didiamkan begitu saja. Salah satu contoh resiko kerusakannya adalah pada bagian aki kendaraan. 

Nah, simak tips merawat mobil atau motor Anda berikut ini. 

Tips Merawat Mobil

produk BFI

Mencuci Mobil Secara Menyeluruh

Pertama, bersihkan bagian dalam, luar dan mesin mobil Anda secara menyeluruh. Selain menjaga kebersihan mobil, Anda juga bisa menjaga mesin dan cat mobil tetap awet. Anda bisa membersihkan kendaraan Anda dengan menggunakan lap basah atau cairan khusus pembersih kendaraan. 

Cek Kondisi Oli, Aki dan Tekanan Angin

Selanjutnya, cek kondisi bagian-bagian penting pada mesin mobil; seperti oli, aki, dan tekanan angin pada ban mobil. Cek apakah oli mobil Anda terdapat kotoran atau tidak. Pastikan juga air aki berada di level atas garis penanda. Cek juga komponen krusial lainnya, seperti tekanan angin pada ban kendaraan dan karet wiper agar kondisi kendaraan Anda tetap prima. 

Mengisi Tangki BBM dan Jalankan Sebentar

Walaupun kendaraan tidak digunakan untuk berpergian, Anda tetap harus mengisi tangki bensin mobil Anda dan menjalankannya berkeliling sebentar. Hal ini untuk menghindari mesin mobil Anda mengalami proses korosi. Pastikan untuk mengisi tangki bensin Anda hingga penuh dan jalankan sebentar sebelum memarkirkan kembali dalam jangka waktu agak lama. 

 

Tips Merawat Motor

BFI Finance adalah

Cuci Sepeda Motor

Yang pertama, bersihkanlah sepeda motor Anda mulai dari bodi, mesin, hingga bagian dalam dan bawah jok sepeda motor. Walaupun Anda jarang mengendarai motor Anda, menjaga kebersihan motor dapat menjaga kondisi kendaraan Anda tetap prima. Selain itu, Anda juga bisa sekaligus mengecek berbagai kemungkinan kerusakan yang terjadi; seperti lecet, oli yang rembes, dan lain sebagainya. 

Cek Kondisi Oli

Selanjutnya, pastikan kondisi oli motor Anda masih tetap baik dengan cara mengecek warna dan baunya. Jika warna oli sudah berubah lebih gelap atau baunya gosong, maka sudah saatnya Anda mengganti oli motor lama dengan yang baru. Hal ini penting untuk mencegah keausan mesin. 

Cek Rantai dan Kelengkapan Onderdil 

Yang terakhir, pastikan kondisi rantai tetap kencang dan komponen kendaraan Anda masih berfungsi dengan baik. Contohnya adalah lampu, kondisi tekanan angin, dan lain sebagainya. Anda bisa membawa motor Anda berkeliling sebentar dan mendengarkan suara mesin untuk mengecek apakah ada bagian motor yang rusak atau mengalami gangguan. 

 

Itulah tips merawat kendaraan Anda saat Corona ala BFI Finance. Semoga tips diatas dapat membantu Anda menjaga kondisi kendaraan Anda tetap prima, ya.