Tips Usaha New Normal: Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Tips Usaha New Normal: Apa Saja yang Harus Diperhatikan? post thumbnail image

Dalam persiapan menyambut new normal, ada sejumlah perubahan yang harus diperhatikan. Baik para pekerja maupun para wirausaha. Bagi Anda yang hendak menjalankan usaha di tengah new normal, berikut sejumlah tips usaha yang harus Anda perhatikan. 

Sebagai pengusaha, tentunya banyak perubahan yang dirasakan sejak terjadinya pandemi COVID19. Baik dari kegiatan pekerjaan, jumlah pendapatan, gangguan rantai pasokan, dan lain sebagainya. Diharapkan dengan adanya new normal, kegiatan ekonomi bisa berjalan kembali secara bertahap dan bisnis Anda bisa bertahan. 

Berbagai sektor perekonomian pun secara perlahan telah mulai beroperasi dengan menetapkan protokol kesehatan. Apa saja perubahan yang harus Anda antisipasi dalam masa transisi ke new normal ini? Sebagai pengusaha, berikut sejumlah tips usaha yang harus Anda perhatikan.

Protokol Kesehatan

tips usaha sukses

Sejak adanya pandemi COVID19, pemerintah telah menerapkan berbagai protokol kesehatan. Dalam masa transisi ke new normal, Anda pun wajib menerapkan protokol kesehatan. Anthony Kosasih selaku Chief Operating Officer Mekari menuturkan bahwa setiap usaha harus menerapkan SOP untuk menjalankan bisnis di era new normal ini. Baik kepada karyawan maupun pelanggan Anda. Contohnya, menyiapkan hand sanitizer, tempat cuci tangan, serta membatasi jumlah dan jarak antar pengunjung. Anda juga harus mengatur shift kerja karyawan dan prosedur kerja demi menjaga keamanan karyawan Anda dan pengunjung. 

Tenaga Kerja

tips usaha rumahan

Selanjutnya, Anda juga harus menentukan karyawan yang masih dapat beroperasi, dan karyawan yang dapat mendukung kegiatan operasional usaha Anda. Hal ini karena kegiatan pekerjaan mereka berdampak pada produktivitas usaha. Apabila Anda menerapkan sistem shift, apakah mereka yang bekerja dari rumah memiliki peralatan dan teknologi yang mendukung pekerjaan mereka?

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan mereka dari segi kesehatan. Anda harus memberikan pengarahan dan SOP mengenai protokol kesehatan. Contohnya mewajibkan mereka menggunakan masker, menyediakan hand sanitizer, serta menganjurkan mereka untuk tinggal di rumah apabila merasa kurang sehat. 

Manajemen Krisis

tips usaha laundry

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah manajemen krisis. Menurut Anthony, di situasi saat ini, setiap usaha harus selalu mempersiapkan diri dalam menghadapi skenario terburuk. Sebagai pemilik bisnis, dianjurkan bagi Anda untuk memiliki tim untuk mengelola tantangan logistik dan strategi untuk selalu menyesuaikan dengan keadaan terkini dan melakukan perubahan yang dibutuhkan.  

Strategi Usaha

tips usaha online

Yang terpenting, Anda juga harus meninjau ulang strategi usaha yang baik agar bisa beradaptasi dalam era new normal ini. Hal ini karena banyak perubahan yang terjadi selama masa pandemi ini. Salah satu strategi yang banyak dijalankan oleh bisnis saat ini adalah beralih menjalankan bisnis mereka secara online. Hal ini karena masyarakat sekarang lebih membatasi aktivitas keluar rumah dan lebih sering berbelanja secara online. Dalam menyusun strategi bisnis, Anda juga harus mempertimbangkan faktor pasokan dan stok bahan baku Anda apabila Anda melakukan ekspor atau impor ke negara lain. 

Semoga tips usaha new normal diatas dapat bermanfaat bagi Anda, ya.