Tips Usaha Sukses New Normal; Menjalankan Bisnis Kreatif

Tips Usaha Sukses New Normal; Menjalankan Bisnis Kreatif post thumbnail image

Era new normal yang dimulai akibat adanya pandemi membuat semua orang menyesuaikan diri dengan kebiasaan-kebiasaan baru. Termasuk mengandalkan kreativitas sesuai dengan keahlian masing-masing dalam menjalankan bisnis. Berikut tips usaha sukses di era new normal bagi para pelaku bisnis dalam skala kecil maupun menengah. 

Salah satu perubahan yang ada dalam ranah bisnis adalah pola berbelanja konsumen. Di era new normal ini, tren berbelanja online cenderung lebih meningkat. Hal ini dilakukan guna mengurangi kontak fisik apabila bertransaksi secara konvensional. Oleh karena itu, para pelaku UMKM juga berusaha beradaptasi dengan mengalihkan bisnisnya ke ranah digital. 

Pernyataan ini turut dinyatakan oleh Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM. Ia menuturkan bahwa adanya pandemi memberikan tantangan yang berat kepada UMKM dari sisi supply dan demand. Hal ini karena masyarakat mengutamakan berbelanja produk pokok terlebih dahulu. 

Ia menghimbau para pelaku UMKM untuk berinovasi dan mengandalkan kreativitas dalam menjalankan usahanya. Tentunya, hal ini juga harus dibarengi dengan SOP yang bersih dan aman, demi keselamatan semua pihak. 

Salah satu pelaku usaha dalam bidang jasa menuturkan bahwa era new normal menuntutnya untuk lebih otodidak dan kreatif. Ia jadi belajar cara memanfaatkan teknologi digital untuk memberikan konsultasi, sehingga bisnisnya dapat terus berjalan. Pelaku UMKM lainnya menuturkan bahwa era new normal ini menuntut dia untuk lebih kreatif dalam cara memasarkan produknya secara online. Teten menyatakan bahwa era new normal ini menjadi peluang untuk mempercepat transformasi digitalisasi UMKM. 

Apa Saja Ide Bisnis Kreatif yang Bisa Dicoba Sekarang?

tips usaha rumahan

Dikutip dari Swara Tunaiku, ada sebagian tips usaha sukses yang bisa dijalankan dalam menyambut era new normal. Sebelum menjalankan usaha, perhatikan perubahan perilaku konsumen untuk menyesuaikan strategi bisnis Anda. 

Menurut Forbes, ada beberapa perilaku konsumen yang berubah sejak adanya pandemi. Diantaranya adalah, masyarakat cenderung bertransaksi dan beraktivitas via online dari rumah. Contohnya, layanan kesehatan online, kerja dari rumah, berbelanja kebutuhan secara online, dan lain sebagainya. Mereka juga semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan, cermat dalam mengatur keuangan dan lebih melek secara finansial. 

Menyikapi hal tersebut, ada beberapa peluang bisnis kreatif yang bisa Anda jalankan di era new normal ini. Contohnya, pelatihan secara online. Jika Anda memiliki latar belakang ilmu seperti finansial atau bisnis, Anda bisa mengadakan pelatihan finansial atau kewirausahaan secara online. Pelatihannya bisa dimulai melalui platform digital, seperti YouTube atau media sosial. 

Peluang bisnis lain yang bisa Anda coba juga ranah kuliner dan kesehatan. Contohnya, berjualan alat-alat kesehatan secara online, seperti masker dan pelindung wajah. Terlebih lagi, kedua benda ini menjadi suatu kebutuhan sejak adanya pandemi di Indonesia. Di ranah kuliner, Anda bisa berjualan makanan dan minuman herbal untuk meningkatkan imunitas masyarakat. 

Tentunya, masih banyak ide bisnis kreatif yang bisa Anda jalankan di era new normal ini. Selain melakukan riset yang mendalam, pastikan juga untuk selalu menjaga kualitas dan harga produk yang bersaing. Serta, jangan takut untuk berinovasi untuk mengikuti tren yang ada di masyarakat. 

Yuk, jangan ragu menjalankan usaha di era new normal!