Pinjaman

Apa Saja Ciri-ciri Pinjaman Dana Online OJK?

pinjaman dana online ojk

Pelaku bisnis masih banyak yang kebingungan untuk mendapatkan modal usaha karena sulit mengakses perbankan. Hal ini dikarenakan oleh berbagai syarat yang rumit, serta perlunya agunan. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat atau pelaku bisnis yang ingin mengembangkan usaha untuk menggunakan pinjaman dana online OJK. Serta memanfaatkan program pinjaman modal usaha dari financial technology atau fintech.

Namun, pelaku bisnis juga harus berhati-hati. Banyak layanan pinjaman dana online dan fintech yang masih ilegal dan belum terdaftar dan diawasi oleh OJK. Karena kemudahan dalam mengajukan pinjaman dana online, pelaku bisnis setidaknya harus menjalani empat langkah. Yakni registrasi keanggotaan, pengajuan pinjaman, pelaksanaan pinjaman, dan pembayaran pinjaman. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. 

Agar tidak menjadi korban penipuan, Anda harus tahu ciri-ciri aplikasi pinjaman online yang aman, mudah, dan terpercaya. Berikut ciri-ciri pinjaman dana online langsung cair yang aman. 

pinjam dana online langsung cair

Terdaftar di OJK

Syarat mutlak untuk melihat pinjaman online aman, terpercaya dan legal adalah sudah terdaftar di OJK atau belum. Pastikan untuk memilih perusahaan pinjaman online yang diawasi langsung oleh OJK. Anda bisa memastikan dengan mengecek nama lembaga keuangan yang Anda tuju di website resmi OJK. 

Bunga Standar

Setiap penyedia jasa pinjaman online akan memiliki variasi besaran bunga. Namun,  bunga tidak lebih dari 1 persen per hari telah dihitung dan ditetapkan. Besaran bunga ini dianggap tidak akan membebani peminjam ketika membayar cicilan atau mengembalikan dana pinjaman.  

Mekanisme Peminjaman yang Transparan

Mekanisme pemberian informasi terbuka kepada calon peminjam sudah diatur oleh OJK. OJK mewajibkan setiap penyedia jasa pinjaman dana memberikan penjelasan secara terperinci. Seperti besaran suku bunga, rentang waktu, batasan pelunasan pinjaman, dan simulasi pembayaran cicilan.

Alamat Kantor Jelas dan Valid

Perusahaan pembiayaan yang resmi pasti memiliki alamat yang tercantum jelas di laman situs resminya. Apabila perusahaan tersebut tidak mencantumkan alamat kantor, maka Anda perlu curiga bahwa penyedia jasa pinjaman dana tersebut ilegal.

Memiliki Kontak Layanan Konsumen yang Resmi

Umumnya, perusahaan pembiayaan resmi menyediakan informasi mengenai kontak perusahaan berupa nomor kantor, nomor whatsapp ataupun email. Hal ini bisa digunakan untuk menggali informasi bagi calon debitur maupun menyampaikan permasalahan yang terjadi selama masa peminjaman.

Memiliki Reputasi yang Baik

Pastikan perusahaan pinjaman telah memiliki reputasi atau kredibilitas yang baik.  Hal ini bisa dilihat dari testimoni para nasabah perusahaan yang Anda tuju. Baik yang ada di laman situs resmi maupun di media sosial perusahaan tersebut.

Keenam ciri-ciri diatas juga dimiliki oleh BFI Finance. Tak heran BFI Finance telah menjadi kepercayaan di hati masyarakat sejak 1982. Nikmati berbagai keuntungan dan kemudahan dengan mengajukan pinjaman dana online OJK di BFI Finance.