Bisnis

Berapa Sih, Modal Usaha Sembako Rumahan?

modal usaha sembako

Sekarang ini, membuka bisnis bisa dimana saja, termasuk di rumah. Salah satu usaha yang modalnya minim namun bisa mendatangkan keuntungan dari rumah adalah usaha sembako. Berapa sih, modal usaha sembako yang dibutuhkan untuk meraih keuntungan di bulan Ramadhan ini?

Di bulan puasa ini, permintaan sembako lebih banyak dibandingkan dengan bulan-bulan biasa. Karena orang-orang butuh masak untuk sahur dan berbuka. Terlebih lagi, bulan puasa ini masih kita jalankan dalam kondisi pandemi. Sehingga, banyak orang-orang yang memilih untuk berbuka dan sahur di rumah dengan memasak masakan rumahan. 

Bahkan setelah bulan Ramadhan berakhir, Anda bisa menjalankan usaha sembako ini sebagai usaha sampingan. Anda tidak perlu menyiapkan modal hingga puluhan juta, dan keuntungan yang Anda dapatkan maksimal. Karena sembako termasuk kebutuhan primer, maka permintaan sembako tidak pernah sepi. 

Selain modal, apalagi yang harus Anda persiapkan sebelum memulai usaha sembako? Yuk, simak tips berikut untuk menjalankan usaha sembako rumahan!

modal usaha adalah

Rencanakan Usaha dan Pemasok Barang

Setiap usaha tentunya membutuhkan riset dan rencana yang matang. Termasuk usaha sembako rumahan. Sebelum menjalankan usaha, Anda bisa melakukan riset mengenai harga jual bahan-bahan sembako yang dijual di pasaran.

Untuk supplier atau pemasok barang, Anda bisa mencari supplier yang menjual bahan-bahan sembako dengan sistem grosir agar Anda bisa lebih hemat. Umumnya, barang yang dijual grosiran lebih murah harganya. Pastikan juga untuk memilih supplier yang memasok sembako dengan barang-barang berkualitas. 

Tetapkan Strategi Penjualan Dan Pelayanan

Untuk menarik pembeli, Anda harus menetapkan strategi penjualan yang menarik pula. Untuk orang-orang yang tinggal di sekitar toko sembako Anda, Anda bisa berpromosi secara offline seperti membagikan selebaran. Jangan lupa juga untuk mempromosikan secara online melalui media sosial untuk menjangkau lebih banyak pembeli. Anda bisa mengadakan promo yang menarik seperti diskon atau promo spesial untuk sebulan pertama atau hari-hari tertentu. Berikan juga pelayanan yang baik dan jaga kualitas barang Anda agar pembeli betah berbelanja di toko sembako Anda. 

Perhitungkan Modal Usaha Sembako

Nah, saatnya Anda memperhitungkan modal usaha sembako yang dibutuhkan. 

Berikut rincian kisaran peralatan dan harganya:

Etalase kaca 1 meter: Rp900.000 – Rp1.000.000

Kulkas kaca satu pintu: Rp 2.000.000 – Rp3.000.000

Meja: Rp 300.000 – Rp500.000

Bahan-bahan sembako: Rp2.000.000 – Rp4.000.000

Peralatan lain: Rp200.000 – Rp300.000

Kisaran modal awal yang Anda butuhkan adalah Rp6.000.000 – Rp7.000.000

Modal usaha yang dibutuhkan kembali lagi pada barang-barang yang akan Anda jual. Sehingga, Anda bisa menyesuaikan sekiranya barang-barang yang harus dibeli atau bisa memanfaatkan barang-barang yang sudah ada di rumah. 

Gimana, tertarik untuk menjalankan usaha sembako Anda sendiri? Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi Anda, ya!

Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha di BFI Finance untuk mulai mengembangkan usaha sembako Anda. Yuk, langsung ajukan melalui produk.bfi.id!