Bisnis

Bisnis Sampingan Karyawan dengan Modal Kecil, Dilakukan Serba Online

Setiap orang memiliki tujuan keuangannya masing-masing, mulai dari memiliki hunian, kendaraan impian, memiliki tabungan dan investasi, renovasi rumah, dan lain sebagainya. Untuk mencapai tujuan keuangan tersebut, beberapa orang berusaha mendapatkan penghasilan dengan menjadi karyawan. Agar tujuan keuangan dapat dicapai dengan waktu yang cepat, sebagai karyawan Anda perlu menghasilkan pendapatan tambahan setiap bulannya. 

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan termasuk memiliki bisnis sampingan atau usaha rumahan. Jika Anda adalah karyawan dan ingin mencapai tujuan keuangan dengan waktu yang cepat, berikut adalah ide bisnis sampingan karyawan dengan modal kecil yang bisa Anda lakukan secara online. 

Reseller atau Dropship

Salah satu bisnis sampingan karyawan yang bisa Anda coba adalah menjadi reseller atau dropship. Jika dilihat dari sisi modalnya, reseller membutuhkan modal untuk membeli barang dari suplier. Sedangkan dropship hanya membutuhkan modal berupa kemampuan komunikasi dan kuota untuk mempromosikan barang suplier. 

Dari modal tersebut, keuntungan reseller didapatkan dari selisih harga dari harga jual dengan harga yang dibeli dari suplier. Anda bisa mendapatkan harga yang kompetitif sehingga dapat menjualnya dengan harga yang diinginkan. Namun, jika Anda menginginkan konsumen menjadi loyal, Anda bisa menjual dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran. Sedangkan, jika dropship mendapatkan keuntungan dari komisi setelah berhasil membuat konsumen tertarik dan membeli produk dari suplier. Prinsip kerjanya, Anda hanya menarik konsumen untuk membeli produk dari suplier. Untuk proses pengiriman dan pembayaran, Anda cukup meneruskannya ke suplier. 

tips bisnis

Bukan hanya keuntungan, masing-masing memiliki risiko. Risiko menjadi reseller ialah ketika barang yang telah dibeli dari suplier tidak laku sehingga Anda harus menjual dengan harga diskon agar balik modal dan tidak rugi karena barang yang dibeli dari suplier tidak bisa dikembalikan. Sedangkan risiko menjadi dropshipper adalah kehilangan konsumen ketika barang dari suplier kosong atau tidak tersedia. 

Besar keuntungan didasarkan atas kerja keras masing-masing pribadi. Sebagai dropship Anda membutuhkan waktu ekstra agar dapat menawarkan produk, sedangkan sebagai reseller Anda wajib rutin melakukan promosi dan menerapkan strategi marketing agar produk jualan menjadi lebih laris. Modal yang dibutuhkan menjadi reseller juga bisa disesuaikan dengan kemampuan. Kedua bisnis sampingan karyawan ini cocok diterapkan di zaman teknologi dengan memanfaatkan internet dan kuota yang dimiliki. 

Jasa Freelance

Bisnis sampingan karyawan yang bisa Anda coba selanjutnya adalah freelance. Sesuai dengan namanya, pekerjaan ini dilakukan di waktu yang bisa Anda pilih dan tidak terikat dengan perusahan. Sebagai karyawan, Anda bisa melakukannya diluar jam kerja. Ada beberapa jasa freelance yang bisa Anda geluti, mulai dari jasa design & fotografi, penulis lepas, penerjemah, pembuatan web atau web development. 

Masing-masing pekerjaan lepas ini bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan. Semakin banyak jam terbang dan mahirnya kemampuan yang dimiliki, maka bayaran Anda akan semakin tinggi. Pekerjaan ini bisa Anda dapatkan melalui internet dan tidak perlu repot-repot keluar rumah. 

Makelar Properti 

Menjadi makelar properti juga bisa menjadi bisnis sampingan karyawan karena komisi yang ditawarkan biasanya cukup besar berkisar 1-5% dari harga jual yang ditawarkan. Misal, harga properti yang ditawarkan mencapai 1 Miliar, maka komisi yang didapatkan bisa mencapai Rp 10-50 juta. Jika Anda dapat menawarkan beberapa properti ke konsumen, maka Anda bisa mendapatkan lebih banyak komisi. 

Untuk menjadi makelar properti, Anda tidak membutuhkan modal sama sekali kecuali kemampuan komunikasi dan juga kepercayaan dari calon konsumen. Oleh karena itu, dalam proses pemasaran properti, Anda harus transparan dari sisi biaya, kondisi properti yang ditawarkan, dan tidak ada kebohongan jika saat pemasaran terdapat masalah yang terjadi. 

Menjual Barang Preloved

Selanjutnya adalah menjual barang-barang preloved. Barang preloved adalah bisnis jual beli barang bekas yang masih bagus dan layak dipakai dengan harga terjangkau. Barang-barang preloved dapat berupa tas, pakaian, sepatu, parfum, aksesoris, dan lain sebagainya. 

Preloved berbeda dengan thrift. Thtifting sendiri adalah bisnis menjual produk bekas atau second dengan harga yang lebih murah. Barang bekas tersebut biasanya berasal dari luar negeri. Yang membedakan keduanya adalah kepemilikan dari barang-barnag tersebut. Barang preloved merupakan barang milik sendiri, sedangkan barang thrift adalah barang bekas orang lain. 

Dikarenakan kualitas yang baik namun hargnya murah, banyak orang lebih tertarik membeli barang preloved dibanding berbelanja secara online atau di pusat perbelanjaan. Hal inilah yang menjadi kesempatan Anda mendapatkan penghasilan tambahan karena permintaan yang tinggi. 

Menjual Kopi Kekinian 

Tidak bisa dipungkiri bahwa kopi kekinian menjadi gaya hidup sebagian orang. Dengan adanya permintaan ini, Anda bisa memulai bisnis sampingan karyawan dengan menjual kopi menggunakan kemasan botol 1 literan. Selain lebih awet karena bisa disimpan dalam kulkas, kemasan botolan akan jauh lebih aman saat pengiriman ke konsumen. 

Untuk membuat bisnis kopi kekinian Anda lebih berkembang, Anda bisa memilih supplier yang terpercaya dan terbaik, menentukan pasar yang sesuai, dan menentukan lokasi yang strategis (jika ingin membuka usaha offline) serta memasarkan melalui ojek online. 

Menjual Frozen Food

Di zaman yang serba kompetitif, beberapa orang dihadapkan dengan kondisi yang mengharuskan diri menjadi pribadi yang produktif sehingga tidak memiliki waktu yang banyak. Akibatnya, makanan cepat saji menjadi salah satu pilihan bagi sebagian orang yang tidak memiliki waktu memasak namun enggan jajan atau membeli makan di luar. Melihat situasi ini, Anda dapat menjadikannya peluang untuk berjualan makanan yang dibekukan atau dikenal dengan istilah frozen food. 

Bisnis frozen food cukup menguntungkan, selain karena makanannya yang awet dan dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama, makanan ini memiliki peminat yang tinggi khususnya para pekerja, anak kos, atau ibu rumah tangga. 

Jasa Pembuatan Hampers

Yang terakhir adalah jasa pembuatan hampers. Kini, hampers sendiri menjadi sebuah tren yang berguna sebagai media penyambung silaturahmi di tengah maraknya virus covid-19. Pada dasarnya konsep hampers sudah diterapkan ratusan tahun lalu di benua Eropa dengan tujuan menyumbangkan bantuan setelah peperangan. Isi dari hampers bermacam-macam, namun yang pasti merupakan makanan dan minuman yang tahan lama dan tidak muah basi. 

Lalu pada akhir tahun 1700-an, hampers merujuk pada bingkisan makanan yang dibawa oleh para traveler ketika perjalanan jauh. Seiring berkembangnya masa, hampers dijadikan sebagai hadiah di saat perayaan keagamaan hingga sebagai simbol pemberian hadiah. Hampers yang saat ini menjadi tren beraneka ragam mulai dari hampers makanan, hampers minuman, hampers alat ibadah, hampers peralatan makan, dan lain sebagainya. 

Anda bisa melihat kesempatan dan menjadikannya peluang sebagai salah satu bisnis sampingan karyawan yang bisa dilakukan di rumah. Semakin Anda mahir dalam merangkai bingkisan, maka harga yang ditawarkan bisa semakin mahal dan potensi menarik banyak konsumen juga semakin tinggi. Anda bisa memasarkan usaha/bisnis Anda secara online melalui marketplace agar jangkauan konsumen semakin luas. 

Itulah beberapa jenis bisnis sampingan karyawan yang bisa Anda coba sebagai peruntungan sekaligus menambah pendapatan diluar gaji bulanan Anda. Khusus Anda yang memiliki pekerjaan sebagai karyawan dan membutuhkan dana besar, Anda dapat mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah di BFI Finance dengan tenor hingga 7 tahun serta pencairan dana hingga 3 Miliar! Untuk informasi produk dan pengajuan, klik link berikut ini.