Bisnis

Buka Cabang dengan Pinjaman Modal Usaha

pinjaman modal usaha

Selamat Tahun Baru 2021! Tentunya, setiap pengusaha memiliki target yang ingin dicapai di tahun ini. Salah satunya adalah melakukan ekspansi atau membuka cabang di lokasi lain. Baik itu dalam skala lokal maupun internasional. Dalam membuka cabang, tentunya ada banyak pertimbangan sebelumnya, termasuk mengajukan pinjaman modal usaha kecil maupun besar apabila modal yang ada terasa masih kurang. 

Namun sebelum mengajukan pinjaman modal usaha untuk ekspansi usaha, dibutuhkan pertimbangan yang matang. Pasalnya, dengan membuka cabang usaha, maka tanggung jawab Anda otomatis bertambah.

Bagi Anda yang berniat membuka cabang lain, berikut hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelumnya.

pinjaman modal usaha kecil

Memastikan Kelancaran Toko Utama

Sebelum memutuskan untuk membuka cabang, yang harus Anda pastikan adalah kelancaran toko utama. Baik dalam bidang keuangan, operasional, target penjualan, dan lain sebagainya. Walaupun mungkin Anda memiliki dana lebih atau menemukan lokasi yang strategis, sebaiknya tunda dahulu keinginan membuka cabang baru apabila cabang utama belum berjalan dengan lancar. Hal ini karena dengan adanya cabang baru, fokus Anda otomatis akan terbagi dan tanggung jawab yang ada semakin bertambah. 

Apabila cabang utama bisnis Anda telah mencapai target, baik dalam segi penjualan maupun operasional, barulah Anda boleh mempertimbangkan untuk membuka cabang lain. 

Memiliki Tujuan dan Business Plan yang Jelas

Sebelum membuka cabang baru, Anda juga harus memiliki tujuan yang jelas. Apakah Anda berniat untuk menjangkau pasar yang lebih luas, branding, atau memenuhi permintaan pelanggan. Menyiapkan tujuan dan business plan yang jelas tentunya penting untuk dilakukan agar bisnis Anda tidak salah tujuan dan tidak melenceng dari visi misi yang ada. 

Buatlah perencanaan yang matang, baik dari segi permodalan, standar kualitas produk, pemasaran, hingga sumber daya manusia yang handal yang sesuai dengan tujuan dan visi misi usaha Anda. 

Analisis Lokasi dan Pangsa Pasar

Menganalisis lokasi yang strategis dan keinginan pangsa pasar Anda juga merupakan suatu hal yang harus dijadikan pertimbangan dalam membuka cabang baru. Pastikan bahwa lokasi yang dituju strategis dan mudah diakses oleh pangsa pasar Anda. Lakukan riset dan perhatikan juga apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan pangsa pasar Anda. Karena selanjutnya hal ini yang akan memengaruhi strategi pemasaran Anda, cara Anda memanfaatkan sumber daya, dan inovasi produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada konsumen. 

Menentukan Jumlah Modal

Yang terpenting, dalam membuka cabang baru, pastikan bahwa modal yang ada sesuai dengan visi misi usaha Anda. Hal ini agar dana yang ada bisa dialokasikan dengan lebih maksimal. Pastikan bahwa Anda membuat catatan pemasukan dan pengeluaran yang cermat, sehingga Anda bisa memantau pemasukan dan pengeluaran yang didapatkan. 

Dengan perencanaan yang tepat, tentunya dana yang ada tidak akan kekurangan atau berlebihan dan bisa dialokasikan secara lebih efektif. Apabila Anda membutuhkan pembiayaan modal usaha, pastikan bahwa produk pinjaman yang Anda tuju memudahkan Anda dan terpercaya. 

Melakukan ekspansi usaha memang berpotensi mendatangkan keuntungan yang lebih besar, namun tanggung jawab yang Anda pikul juga semakin besar. Terutama apabila Anda berniat mengajukan pinjaman modal usaha. Nah, semoga ulasan di atas dapat membantu Anda dalam memutuskan dengan lebih bijak dan cermat, ya.