Pinjaman

Entrepreneurs, Hindari Pinjaman Cepat Dari Sumber Berikut

Apakah Anda merupakan seseorang yang baru merintis usaha Anda sendiri? Bagi Anda yang baru saja berkecimpung dalam dunia bisnis, tentunya modal merupakan hal utama yang harus dipersiapkan agar bisnis Anda bisa berkembang, baik itu modal dalam bentuk finansial maupun kemampuan berbisnis. Dalam mempersiapkan modal dalam bentuk finansial, ada banyak alternatif yang bisa diambil, terutama apabila modal yang dimiliki belum mencukupi. Salah satunya adalah mengajukan pinjaman cepat cair kepada lembaga perbankan atau keuangan. 

Pinjaman cepat cair tentunya menjadi salah satu alternatif karena prosesnya yang mudah dan cepat. Akan tetapi, tidak semua pihak pemberi pinjaman cepat dapat menguntungkan Anda di kemudian hari. Berikut ini beberapa sumber atau pihak yang harus Anda hindari ketika Anda memutuskan mengajukan pinjaman cepat untuk tambahan modal usaha Anda.

pinjaman cepat cair dan mudah

Lintah Darat

Umumnya, pihak ini dikenal juga dengan koperasi jalanan, yang jasanya banyak ditawarkan kepada pelaku usaha kecil atau menengah. Jangan sampai Anda terjebak dengan iming-iming pinjaman proses cepat dan bunga rendah yang ditawarkan oleh pihak rentenir. Bunga yang harus dibayarkan di akhir bulan biasanya tidak sesuai dengan apa yang telah disepakati. Selain itu, tempo yang singkat dan penagih yang mengintimidasi akan semakin menyulitkan Anda dalam membayar cicilan utang. Usaha Anda bisa terancam karena dana Anda akan habis untuk membayar utang rentenir. 

Investor yang Tidak Meyakinkan

Jika Anda baru saja menjalankan usaha Anda, salah satu alternatif sumber modal tambahan yang bisa didapatkan adalah melalui investor. Hal ini menjadi alternatif karena pihak investor biasanya memberikan persyaratan pinjaman modal yang lebih fleksibel dan memiliki minat bisnis yang sama, sehingga memperbesar potensi bisnis yang lebih luas. 

Namun, tidak semua investor menguntungkan bagi bisnis Anda. Hati-hati dalam memilih investor, karena Anda berisiko memilih investor yang penjilat atau mencuri ide usaha Anda. Sebaiknya, jangan terburu-buru dan cek terlebih dulu latar belakang investor yang Anda tuju. Jika terlihat kurang meyakinkan, jangan ragu untuk mencari investor lain ketimbang Anda memilih orang yang salah.   

Lembaga Keuangan yang Tidak Resmi

Di era modern ini, urusan pinjaman cepat cair semakin mudah. Lembaga keuangan baik konvensional maupun online semakin menjamur. Sayangnya, tidak semua lembaga keuangan resmi. Ada juga orang-orang tidak bertanggung jawab yang berniat menipu dengan mengatasnamakan lembaga keuangan. 

Cara mengetahuinya adalah dengan mendatangi lembaga keuangan tersebut secara langsung dan melihat jenis produk pinjaman yang ditawarkan. Anda juga bisa mengecek apabila lembaga keuangan tersebut terdaftar di OJK. Jika telah terdaftar di OJK, Anda bisa melaporkan lembaga tersebut kepada pihak berwajib apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

 

Dalam mengajukan pinjaman cepat cair dan mudah untuk tambahan modal usaha, pastikan bahwa Anda tidak gegabah dalam menentukan sumber modal Anda. Semoga sumber pinjaman yang Anda tuju bisa membantu mengembangkan usaha Anda dengan baik, ya.