Bisnis

Ide dan Tips Bisnis Rumahan yang Bisa Dimulai Saat PSBB

tips bisnis rumahan

Meningkatnya kasus COVID19 membuat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan kembali di sejumlah daerah di Indonesia. Sehingga, sebagian besar aktivitas harus dilakukan dengan meminimalisir kontak sosial seminim mungkin. Termasuk kegiatan bisnis. Anda bisa mulai menjalankan bisnis rumahan di era PSBB ini. Berikut tips bisnis rumahan mengenai ide bisnis dan cara memulainya!

Kebijakan PSBB kembali diberlakukan demi keselamatan dan kebaikan kita semua. Selain itu, ternyata kebijakan ini juga memunculkan peluang usaha baru, lho. Terutama bagi Anda yang ingin merintis bisnis rumahan. Karena kita semua harus menjaga jarak, maka bisnis rumahan ini bisa dilakukan tanpa harus kontak langsung dengan pembeli.

Seperti apa bisnis yang bisa dimulai dan bagaimana cara memulainya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Bagaimana Cara Memulai Usaha di Rumah?

tips bisnis online

Karena interaksi sosial tengah dibatasi, Anda bisa memulai secara online. Banyak ide bisnis yang bisa dijalankan secara online, agar Anda dapat tetap produktif selama PSBB ini. 

Menjalankan bisnis secara online tentunya merupakan pilihan yang tepat. Karena, Anda tidak perlu menyiapkan tempat khusus untuk berjualan. Bisnis ini juga bersifat fleksibel dan tidak membutuhkan modal besar untuk promosi. 

Sebagai langkah pertama, Anda bisa membuat perencanaan mengenai bisnis yang hendak Anda jalankan, serta kisaran modalnya. Termasuk perhitungan mengenai peralatan yang Anda butuhkan.  Selanjutnya, Anda bisa membuat akun media sosial khsuus untuk berjualan, sekaligus untuk promosi. Anda juga bisa memanfaatkan marketplace khusus dimana orang-orang memperdagangkan barang jualan mereka. 

Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Dijalankan

tips bisnis pemula

Masih bingung hendak menjalankan bisnis apa? Berikut beberapa ide bisnis yang bisa memberikan keuntungan di tengah masa PSBB!

Masker Kain

Permintaan masker tentunya semakin meningkat sekarang ini. Anda bisa memanfaatkan situasi ini dengan berjualan masker kain. Bisnis ini cukup menjanjikan, karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Bahkan, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan sisa di rumah Anda, seperti kain perca.

Kisaran modal yang dibutuhkan adalah Rp4-5 juta untuk membeli mesin jahit, gunting kain besar, serta bahan-bahan seperti kain dan karet kain. Anda bisa membuat masker polos maupun bermotif unik. 

Reseller Frozen Food

Kebijakan PSBB ini mengharuskan semua orang tinggal di rumah dan hanya keluar untuk urusan yang benar-benar mendesak. Anda bisa memanfaatkan situasi ini untuk berjualan makanan beku yang bisa tahan lama. Tentunya, orang-orang membutuhkan makanan yang bisa disimpan dalam waktu lama agar tidak sering-sering keluar untuk berbelanja. 

Modal usaha frozen food yang dibutuhkan berkisar Rp3 – Rp4.5 juta jika Anda hendak membuka usaha frozen food rumahan. Modal ini termasuk freezer khusus menyimpan makanan beku, mesin vacuum sealer, plastik vacuum, serta makanan yang Anda ambil dari supplier per 30 kg. 

Minuman Herbal atau Jamu

Di saat seperti ini, penting bagi kita untuk menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Minuman herbal atau jamu merupakan peningkat imun alami yang sekarang banyak peminatnya. Anda bisa mencoba peruntungan Anda dengan berjualan minuman herbal. Modal usahanya berkisar Rp2-3 juta rupiah untuk bahan-bahan baku, peralatan, serta mendaftarkan produk ke BPOM. 

Banyak peluang usaha yang bisa diraih. Semoga tips bisnis rumahan tersebut bisa membantu Anda tetap produktif selama PSBB, ya!