Gaya Hidup

Jebakan Finansial Para Millennials, Apa Saja Ya?

finansial

Teman-teman, bagaimana keadaan finansial Anda sekarang ini? Kemampuan financial planning atau perencanaan keuangan sudah harus kita miliki sejak dini. Terutama bagi Anda yang baru saja bekerja dan menghasilkan gaji pertama Anda. 

Dalam mengatur keadaan finansial, tentunya kita harus memperhatikan pemasukan dan pengeluaran yang ada. Sebesar apapun gaji yang Anda dapatkan, akan sia-sia apabila tidak dapat mengatur pengeluaran dengan baik. 

Nah, ternyata, ada beberapa jebakan gaya hidup yang tanpa Anda sadari membuat pengeluaran Anda jadi tidak seimbang dengan pemasukan. Terlebih lagi jika kesadaran akan pentingnya memahami cara mengelola keuangan rendah. Jika dibiarkan, hal ini akan membuat Anda rentan terhadap masalah keuangan jangka panjang, lho! Misalnya terlibat dalam hutang konsumtif, tidak memiliki dana darurat, dan lain sebagainya. 

Berikut jebakan finansial yang sering mengintai para millennials! Apa saja, ya?

finansial adalah

Hangout

Siapa yang suka hangout atau nongkrong bareng teman-teman saat weekend? Para millennials tentunya suka nongkrong dengan teman di tempat-tempat yang sedang hits seperti cafe atau warung kekinian. Sebenarnya, hangout dengan teman-teman sah-sah saja sebagai bentuk sosialisasi. Namun, jika Anda tidak menetapkan batasan yang wajar, pengeluaran Anda bisa tak terkendali, lho!

Yang harus Anda lakukan adalah, tetapkan batasan mengenai budget yang akan dikeluarkan, serta frekuensi Anda nongkrong. Tetapkan budget bulanan yang jelas untuk kebutuhan hangout Anda. Sehingga, pengeluaran Anda lebih terkendali dan Anda terhindar dari sifat impulsif. Daripada terus-terusan dihamburkan, lebih baik ditabung, kan?

Fashion

Selain hangout, kebutuhan fashion juga cukup sering menghabiskan uang para millennials. Terutama disaat pandemi ini, banyak orang-orang yang kerap kali berbelanja secara online. Bahkan, banyak millennials yang rela menghabiskan hingga jutaan rupiah hanya untuk membeli pakaian atau sepatu demi terlihat hits. 

Kebutuhan fashion memang penting, tapi kalau dibiarkan terus-menerus, Anda akan memiliki kebiasaan buruk berbelanja impulsif, lho!

Cara mengatasinya, Anda harus berkomitmen untuk berbelanja pada waktu-waktu tertentu saja. Misalnya, hanya setelah gajian atau beberapa bulan sekali. Tetapkan juga budget yang jelas agar pengeluaran Anda terkendali. 

Gadget

Siapa yang paling update soal gadget terbaru? Begitu ada gawai paling canggih, Anda yang langung pertama membeli. Padahal, uang yang dikeluarkan tidak sedikit, lho. Kalau mengikuti tren gadget terbaru terus-menerus, tidak akan ada habisnya. 

Yuk, mulai membatasi diri untuk tidak menuruti keinginan impulsif hanya demi gadget terbaru. Biasakanlah untuk membeli gadget sesuai dengan fungsi dan kebutuhan Anda, bukan demi gengsi semata. Jika gadget Anda masih berfungsi dengan baik, rasanya tidak perlu, ah, mengganti dengan yang lebih baru. 

Yuk, Mulai Tanamkan Kesadaran Finansial!

Hemat Pangkal Kaya. Tentunya, Anda sering mendengar pepatah ini, kan? Yuk, mulai tanamkan kesadaran finansial sejak dini! 

Mulailah kurangi pengeluaran yang tidak penting dan biasakan untuk menabung. Ingatlah bahwa masih ada kebutuhan lain yang menanti Anda di masa depan. Seperti membeli rumah, biaya kesehatan, pendidikan, menikah, dan masih banyak lagi. 

Jangan sampai terjebak dengan jebakan finansial tersebut, ya! Yuk, nikmati masa depan yang lebih nyaman dengan keadaan finansial yang sudah tertata.