Gaya Hidup

Jelang Ramadhan, Ini Tips Keuangan Untuk Generasi Milenial

Tips Keuangan Untuk Generasi Milenial

Sobat BFI, tanpa terasa, kurang dari seminggu, kita akan memasuki bulan Ramadhan. Menyambut bulan puasa, selain mempersiapkan hati dan fisik, ada hal yang tak kalah penting untuk disiapkan. Yaitu, finansial. Berikut tips keuangan untuk generasi milenial agar keuangannya tetap aman selama bulan Ramadhan. 

Di bulan Ramadhan ini, memang frekuensi makan Anda akan berkurang karena Anda berpuasa. Namun, acara seperti bukber dan kebutuhan Ramadhan lainnya tentunya akan menguras pengeluaran Anda apabila tidak diatur dengan baik. 

Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan anggaran Anda dengan baik agar keadaan keuangan Anda tetap aman di bulan Ramadhan nanti. Apa saja yang bisa dilakukan? Yuk, simak tips keuangan berikut!

tips keuangan

Buat Rencana Keuangan 

Sebelum bulan Ramadhan tiba, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat rencana keuangan yang jelas dalam bentuk pos-pos pengeluaran. Anda bisa menetapkan anggaran yang tidak terlalu kecil, namun jangan juga melebihi pemasukan Anda. 

Untuk mempermudah, berikut contoh pos pengeluaran yang bisa Anda buat, yaitu: 

  • Pos pengeluaran rutin (tagihan telepon, kebersihan, listrik, cicilan, dll)
  • Pos sedekah (zakat, infak, dan sedekah)
  • Pos khusus dana darurat (digunakan sebagai cadangan keuangan jika terjadi hal yang darurat).

Pos pengeluaran tersebut bisa disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan Anda masing-masing, ya. Jangan lupa juga untuk selalu mencatat pengeluaran Anda setiap hari untuk tahu seberapa banyak uang yang keluar. Dengan membuat pos pengeluaran di bulan Ramadhan, pengeluaran Anda dan keluarga Anda akan lebih terjaga. 

Kurangi Frekuensi Bukber Di Luar

Bulan puasa memang identik dengan buka bareng (bukber). Momen ini sering digunakan untuk berkumpul dengan teman atau keluarga. Biasanya dilakukan di cafe atau restoran. Namun, hal ini akan membuat pengeluaran Anda tidak terkontrol apabila sering dilakukan. 

Agar pengeluaran Anda tetap terjaga, kurangi frekuensi berbuka puasa di luar. Buatlah budget khusus untuk bukber, sehingga pengeluaran Anda lebih terkontrol. Selain menghemat pengeluaran, Anda juga meminimalisir resiko penularan virus Corona dengan tidak berkumpul ramai-ramai. Lebih baik dan lebih hemat jika Anda berbuka puasa di rumah dengan makanan yang sederhana. 

Siapkan Kebutuhan Hari Raya Jauh-jauh Hari

Di bulan Ramadhan, harga bahan-bahan pokok dan kebutuhan lainnya akan naik. Nah, sebaiknya Anda menyiasati hal ini dengan membeli kebutuhan Hari Raya dari jauh-jauh hari. Perhitungkan juga biaya lain seperti THR untuk saudara, baju baru, dan lain sebagainya. Apabila Anda berprofesi sebagai karyawan, Anda bisa memanfaatkan THR untuk membeli kebutuhan-kebutuhan tersebut. 

Itulah tips keuangan untuk generasi milenial menyambut bulan suci Ramadhan. Selamat berpuasa, buatlah bulan puasamu menjadi penuh berkah dan berarti.