Pinjaman

Kesalahan Dalam Mengelola Kredit Usaha

kredit usaha

Sebagai pengusaha, ada berbagai rintangan yang harus dihadapi. Salah satunya adalah mencari tambahan modal atau kredit usaha. Sekarang, persyaratan maupun mencari tempat untuk mengajukan kredit usaha kecil sangat mudah. Apa saja yang harus Anda perhatikan ketika hendak mengajukan kredit usaha?

Modal usaha merupakan hal yang penting dalam menjalankan usaha. Memang ada banyak bisnis yang bisa dijalankan dengan modal minim. Anda pun mungkin memiliki ide cemerlang atau rencana jangka panjang untuk bisnis Anda. Namun, menjalankan bisnis atau ide bisnis tentunya akan sulit terwujud bukan, jika modal usaha yang Anda miliki tidak cukup?

Salah satu alternatif yang sering diambil adalah mengajukan kredit usaha untuk mendapatkan modal usaha tambahan. Namun, dalam mengajukan modal usaha pun tidak bisa sembarangan. Ada beberapa kesalahan yang harus Anda hindari dalam mengajukan pinjaman. 

Apa saja kesalahan yang umum dilakukan? Yuk, simak ulasan berikut dan hindari berbagai kesalahan sebelum mengajukan pinjaman usaha!

kredit usaha rakyat

Kredit Usaha Awal Terlalu Besar

Kesalahan pertama yang dilakukan beberapa pengusaha adalah menggunakan dana pinjaman untuk modal awal yang terlalu besar. Contohnya, langsung menggunakan dana besar untuk membangun restoran besar. Padahal, Anda bisa memulai dari hal yang kecil terlebih dahulu, seperti membuka catering kecil-kecilan. 

Apabila Anda langsung menggunakan dana pinjaman untuk modal awal yang besar, resiko tidak bisa membayar pinjaman usaha tersebut juga jauh lebih besar. Karena, ada banyak hal-hal tak terduga ketika pertama kali mendirikan usaha. Pendapatan dan keuntungan yang belum pasti menjadi salah satunya.  

Menggabungkan Rekening Bisnis dan Pribadi

Kesalahan kedua yang umum dilakukan adalah menggabungkan rekening bisnis dan pribadi. Apabila hal tersebut dilakukan, maka manajemen modal usaha Anda jadi tidak teratur. Anda juga akan kesulitan untuk menentukan anggaran operasional dan anggaran masa depan usaha Anda, karena tidak tahu berapa uang yang dikeluarkan setiap bulannya. 

Sebelum mengajukan tambahan modal usaha, Anda harus memiliki manajemen keuangan yang baik. Dengan demikian, dana kredit usaha bisa dimanfaatkan dengan lebih optimal. 

Tidak Memiliki Dana Darurat

Kesalahan umum ketiga yang dilakukan oleh pengusaha adalah tidak menyisihkan sebagian pendapatan untuk dana darurat. Padahal, dana darurat penting untuk membiayai kebutuhan yang tak terduga. Contohnya kecelakaan kerja, ganti rugi operasional, dan lain-lain. 

Berkaitan dengan tips sebelumnya, Anda harus memiliki manajemen keuangan yang baik sebelum mengajukan pinjaman modal usaha. Termasuk memiliki dana darurat yang bisa dicairkan sewaktu dibutuhkan. 

Memberikan Terlalu Banyak Promo

Kesalahan terakhir dalam memanfaatkan pinjaman usaha adalah menggunakan sebagian besar dana pinjaman tersebut untuk promosi besar-besaran tanpa memperhitungkan dengan cermat. Akibatnya, Anda harus menanggung kerugian dan kesulitan membayar kredit usaha. 

Berikan promo atau diskon yang sesuai dengan kemampuan dan anggaran operasional Anda. Sehingga, usaha Anda bisa berjalan tanpa harus mengalami kerugian. 

Semoga tips berikut dapat membantu Anda, ya! Butuh modal usaha tambahan untuk usaha sampingan Anda? Yuk, ajukan kredit usaha Anda melalui BFI Finance Indonesia!