Gaya Hidup

Kesalahan Saat Belanja Online Ala BFI Finance

bfi finance

Sobat BFI, siapa yang suka banget checkout belanjaan online? Faktanya, jumlah transaksi online semakin meningkat sejak adanya pandemi. Namun, ada beberapa kesalahan yang tanpa Anda sadari dilakukan saat berbelanja online, lho! Simak ulasan dari BFI Finance berikut ini!

Salah satu kesalahan yang tanpa Anda sadari sering dilakukan adalah membuka marketplace atau akun online shop, tapi masih tidak tahu apa yang mau dibeli. Bahkan, menurut riset dari Facebook, 61% konsumen di Indonesia tidak tahu apa yang ingin mereka beli saat belanja online. Mereka masih bingung ketika dalam fase pencarian. Biasanya karena pilihan yang ada terlalu banyak, atau testimoni konsumen yang kurang meyakinkan. 

Tanpa Anda sadari, kebiasaan ini bisa menyebabkan Anda menjadi boros karena ujungnya Anda berbelanja impulsif. 

Ini hanyalah satu dari sekian kesalahan yang sering diperbuat ketika berbelanja online. Berikut berbagai kesalahan ketika berbelanja online ala BFI Finance. Hmm, yang mana yang sudah pernah Anda lakukan?

Bfi finance indonesia

Terkecoh Foto

Kesalahan umum pertama yang dilakukan oleh para pembeli online adalah tidak teliti dan terkecoh oleh foto. Tentunya, para penjual ingin barangnya laku dan memasang foto produk semenarik mungkin. Nah, sebagai pembeli, Anda harus teliti sebelum membeli produk tersebut. Jangan sampai kecewa karena produk yang datang tidak sesuai dengan ekspektasi. Jangan lupa juga untuk teliti membaca deskripsi produk yang telah tersedia. 

Tergiur Harga Murah

Kesalahan kedua yang sering dilakukan juga adalah tergiur dengan harga yang murah. Padahal, jika harga produk tersebut terlalu murah, justru Anda harus lebih waspada. Sebab, harga menentukan kualitas barang tersebut. Selain itu, jangan hanya karena tergiur harga murah, Anda langsung berbelanja impulsif. Kebiasaan ini bisa membuat pengeluaran Anda tidak terkendali. 

Transaksi Di Luar Platform Resmi

Salah satu alasan beberapa orang enggan berbelanja online adalah karena menganggap bahwa belanja online rawan penipuan. Padahal, jika Anda bertransaksi di dalam platform resmi, resiko ini bisa diminimalisir.

Bacalah review yang ada dengan seksama, dan jangan bertransaksi di luar platform terkait. Gunakanlah cara transaksi resmi yang sesuai dengan prosedur situs jual beli yang Anda gunakan. Sehingga, jika terjadi sesuatu, Anda bisa mendapatkan bantuan dari pihak platform resmi tersebut. 

Itulah beberapa kesalahan umum yang sering terjadi ketika berbelanja secara online. Semoga tips dari BFI Finance tersebut dapat membantu Anda berbelanja online yang aman dan tepat, ya!