Gaya Hidup

Ketakutan Finansial Dan Cara Mengatasinya

finansial

Semakin hari, kebutuhan finansial seseorang tentunya semakin bertambah. Tak jarang, muncul berbagai ketakutan finansial. Hal tersebut wajar, mengingat tidak ada yang pasti di masa depan. Apapun keadaan finansial Anda, tentunya setiap orang memiliki ketakutan finansial yang berbeda-beda. 

Namun, ada juga cara untuk mengatasi berbagai jenis ketakutan finansial. Apa pun jenis ketakutan finansial yang ada, tentunya harus diatasi dengan cara yang tepat. Dengan menyadari ketakutan finansial yang ada, Anda bisa mengantisipasi rasa takut tersebut dengan membuat rencana bagaimana cara menanganinya. 

Berikut beberapa ketakutan finansial yang umum, serta cara mengatasinya. 

Finansial adalah

Takut Kehilangan Pekerjaan

Kebutuhan yang semakin meningkat tentunya harus dibarengi dengan pemasukan yang seimbang. Namun, bagaimana jika pendapatan Anda berkurang, atau yang lebih buruk lagi, sumber pendapatan utama Anda hilang?

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa berinvestasi sejak awal; baik dalam bentuk instrumen investasi maupun kemampuan diri. Baik Anda sekarang ini berprofesi sebagai karyawan atau wiraswasta. Pelajari dan tingkatkan keahlian yang dibutuhkan di dunia kerja. Dengan skill yang memadai, maka Anda tidak akan terlalu khawatir jika sewaktu-waktu pekerjaan utama Anda hilang. 

Berjaga-jaga juga untuk menjalankan usaha sampingan. Sehingga, Anda tetap memiliki pendapatan untuk sementara apabila sewaktu-waktu kehilangan pekerjaan utama Anda. 

Ketakutan Finansial Biaya Pendidikan Anak

Bagi Anda yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, kekhawatiran Anda sebagai orang tua tentunya adalah biaya pendidikan anak. Sebagai orang tua, Anda takut dengan mahalnya biaya pendidikan dan khawatir tidak bisa membiayai pendidikan mereka hingga ke jenjang tertinggi. 

Anda bisa memulai dengan mempersiapkan sejak dini melalui tabungan dan asuransi pendidikan. Selain itu, Anda bisa mulai merencanakan berinvestasi pada instrumen jangka panjang yang mampu bertumbuh di atas biaya inflasi biaya pendidikan. Contohnya saham, emas, properti, dan lainnya. 

Takut Biaya Kesehatan

Ketakutan finansial lain yang mungkin mengintai Anda adalah biaya kesehatan. Karena, kita tidak pernah bisa memprediksi kapan kita atau anggota keluarga kita jatuh sakit. Jika hal tersebut terjadi, Anda khawatir tidak memiliki tabungan atau aset yang cukup. 

Selain berusaha dengan menjaga kesehatan dan mengatur pola hidup sehat, Anda juga harus memiliki persiapan secara finansial. Persiapkanlah dana darurat yang bisa digunakan sewaktu-waktu ketika dibutuhkan. Anda juga bisa melengkapi proteksi kesehatan Anda dengan memiliki polis asuransi. Sehingga, Anda tidak harus menghabiskan tabungan dan aset Anda untuk biaya pengobatan. 

Takut Tidak Punya Biaya Pensiun

Ketakutan finansial yang umum lainnya adalah khawatir tidak memiliki dana yang cukup di masa pensiun. Terlebih lagi, umumnya di masa pensiun pendapatan seseorang akan menurun mengingat seseorang tidak bisa seproduktif dahulu. 

Anda bisa mengatasi hal ini dengan mempersiapkan dana pensiun dengan cara berinvestasi jangka panjang. Anda bisa memilih instrumen investasi yang menguntungkan dan minim resiko. Seperti emas, reksadana, dan masih banyak lagi. 

Adanya ketakutan finansial dan mengetahui cara mengatasinya bisa membantu Anda membuat rencana agar berbagai ketakutan tersebut bisa diantisipasi. Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda dalam mengatasi berbagai ketakutan finansial yang ada, ya.