Pinjaman

Lakukan Ini Jika Terlanjur Pinjam Online Ilegal!

pinjam online ilegal

Mengajukan pinjaman online merupakan solusi yang tepat bagi Anda yang membutuhkan pinjaman dalam waktu singkat. Sayangnya, masih banyak oknum pinjaman online ilegal yang meresahkan masyarakat. Jika Anda terlanjur pinjam online ilegal, berikut yang harus Anda lakukan!

Direktur Eksekutif Asosiasi Fintech Pembayaran Bersama Indonesia (AFPI), Kuseryansyah menghimbau masyarakat agar senantiasa berhati-hati dengan penawaran pinjaman online ilegal yang tidak masuk akal. 

Namun, apabila Anda atau orang-orang di sekitar Anda terlanjur pinjam online ilegal, ada sejumlah hal yang bisa Anda lakukan menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Lunasi Pinjam Online Ilegal 

Langkah pertama adalah usahakan untuk lunasi pinjaman Anda. Sehingga, denda dan teror yang tak wajar bisa lebih cepat dihentikan. Serta mencegah hal-hal yang dapat merusak reputasi Anda, seperti pihak pinjaman ilegal yang menghubungi orang-orang terdekat Anda dengan menyebarkan informasi bahwa Anda berhutang. 

Anda bisa mencoba untuk mengajukan keringanan seperti pengurangan bunga, perpanjangan waktu, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk menanyakan secara detail mengenai konsekuensi keringanan yang Anda ajukan. Serta jangan ajukan pinjaman lain untuk menutupi pinjaman tersebut karena hanya membawa dampak buruk bagi Anda. 

Laporkan

Setelah yakin bahwa tempat Anda meminjam uang bersifat ilegal karena tidak terdaftar di OJK, segera laporkan. Kamu bisa melapor kepada polres dan polda di daerah Anda secara online agar bisa diproses secara hukum dengan mengunjungi situs https:patrolisiber.id atau email ke info@cyber.polri.go.id.

Anda juga bisa melaporkan ke Satgas Waspada Investasi agar perusahaan pinjam online ilegal tersebut bisa segera ditindaklanjuti. Laporkan melalui email ke waspapdainvestasi@ojk.go.id.

Untuk memastikan pinjol tersebut ilegal atau tidak, cek melalui telepon 157, WA di 081 157 157 157, email ke konsumen@ojk.go.id, atau website www.ojk.go.id.

Blokir Nomor yang Mengancam

Apabila Anda mengalami teror berlebihan, pelecehan, dan lain-lain, Anda bisa memblokir semua kontak yang mengirim pesan tersebut. Serta beritakan pada orang-orang terdekat Anda untuk mengabaikan pesan dari pinjaman online ilegal tersebut.

Itulah beberapa saran terbaik dari OJK apabila Anda terlanjur pinjam online ilegal. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan agar jangan pernah sekalipun meminjam uang pada mereka. 

Ajukan pinjaman terpercaya kepada perusahaan pembiayaan yang telah terdaftar OJK, seperti BFI Finance. Dapatkan pinjaman aman dan terpercaya dengan jaminan BPKB kendaraan atau sertifikat rumah sebagai solusi keuangan Anda.