Tak Berkategori

Mau Hidup Lebih Bahagia? Intip 10 Manfaat Hidup Hemat Berikut Ini!

Manfaat hidup hemat

Bicara mengenai manfaat hidup hemat, pastinya kita sudah tidak asing dengan pepatah yang mengatakan “Hemat Pangkal Kaya, Boros Pangkal Miskin”.

Kalimat tersebut ada bukannya tanpa alasan. Sebab, hidup hemat memang memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk kita.

Bagi Anda yang berencana untuk memulai hidup hemat, simak manfaat hidup hemat berikut ini!

10 Manfaat Hidup Hemat

1. Bebas dari Hutang

Bebas dari hutang adalah salah satu manfaat hidup hemat. Pasalnya, dengan berhemat Anda akan berpikir berulang kali sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli sesuatu.

Anda tidak akan tergoda untuk membeli sesuatu di luar batas kemampuan finansial. Terlebih jika hal tersebut justru menguras hampir seluruh uang yang Anda miliki.

2. Jauh dari Stres, Hidup Lebih Tenang

Manfaat hidup hemat berikutnya yaitu jauh dari stres. Mereka yang boros dan tidak pandai mengelola keuangannya cenderung dibuat pusing dan tertekan dengan hutang-hutang yang ada.

Hidup yang boros juga cenderung menuntun kita pada ketidakpuasan. Kita akan terus menerus merasa ingin memiliki banyak hal. Sekalipun hal itu hanya kesenangan sesaat atau ‘lapar mata’.

Dengan berhemat, hidup Anda akan lebih tenang tanpa cicilan dan kebutuhan hidup Anda dapat terpenuhi dengan baik.

3. Terhindar dari Gaya Hidup Konsumtif

Menghambur-hamburkan uang bukanlah kegiatan yang positif. Sifat boros ini dapat menuntun kita ke dalam penyesalan.

Dengan berhemat, Anda akan terbebas dari gaya hidup konsumtif karena Anda hanya akan membeli barang atau keperluan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda tidak akan mudah tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak membawa manfaat di kehidupan Anda.

4. Memiliki Tabungan Untuk Masa Depan

Manfaat hidup hemat yang keempat yaitu memiliki tabungan untuk masa depan. Dengan berhemat tentunya kita tidak menghabiskan semua uang yang kita punya.

Anda pasti menyisihkan sekian persen dari uang yang Anda miliki untuk ditabung. Dengan begitu Anda akan lebih siap menghadapi masa depan.

Dengan adanya tabungan masa depan ini Anda juga berkesempatan mewujudkan impian-impian Anda. Hidup pun menjadi sejahtera.

5. Punya Dana yang Cukup Untuk Pensiun

Siapa yang tidak ingin menghabiskan masa tua atau pensiun tanpa mengkhawatirkan masalah keuangan? Tentunya semua orang ingin seperti ini.

Jika Anda fokus pada gaya hidup hemat mulai dari sekarang, keinginan ini akan terwujud dengan sendirinya dan manfaat hidup hemat ini akan sangat terasa.

Maka dari itu, pastikan untuk rajin menabung dan memupuk gaya hidup hemat sedini mungkin. Biarpun sedikit, lama-lama uang tabungan yang ada akan menggunung.

6. Jauh dari Sifat Sombong dan Pamer

Ini adalah manfaat hidup hemat yang cukup penting di masyarakat. Pasalnya, dengan hidup hemat kita lebih bisa mengendalikan diri untuk tidak memamerkan apa yang kita miliki.

Lain halnya dengan mereka yang boros. Orang tipe ini biasanya senang memamerkan barang dan sombong terhadap apa yang dimiliki. Mereka juga cenderung pilih-pilih dalam bergaul.

7. Sisa Dana Bisa Diinvestasikan

Jika Anda hemat, tentunya Anda memiliki lebih banyak uang yang tersisa. Terutama setelah semua kebutuhan pokok terbayar.

Nah, sisa dana yang ada ini bisa dialokasikan untuk investasi, sehingga keuangan Anda akan lebih sehat dan makin untung!

Beberapa instrumen investasi yang dapat Anda pilih antara lain yaitu menabung emas, membeli reksadana, deposito, dan lainnya.

8. Memiliki Dana Darurat

Di dunia ini tidak ada sesuatu yang pasti. Oleh karenanya penting bagi kita untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Tak Terkecuali dana darurat!

Dana darurat sangatlah penting untuk dipersiapkan supaya Anda lebih siap dalam menghadapi kejadian apapun yang menimpa Anda. Nah, dari gaya hidup hemat ini Anda berpotensi memiliki dana darurat yang memadai.

Anti was-was di masa depan!

9. Tahu Mana Prioritas Utama

Hidup hemat artinya kita tahu apa yang penting dan harus kita penuhi. Dari manfaat hidup hemat ini kita akan lebih terasah untuk memprioritaskan kebutuhan kita.

Dengan terasahnya kemampuan ini, Anda akan lebih mudah mengendalikan diri untuk tidak mengeluarkan uang hanya demi kesenangan sesaat.

Misalnya, barang-barang keluaran terbaru seperti gadget, skincare, pakaian, ataupun varian makanan terbaru.

10. Menjadi Pribadi yang Bertanggung Jawab

Gaya hidup hemat dapat mengajarkan Anda untuk lebih bertanggung jawab dalam semua keputusan yang dibuat.

Misalnya, jika Anda ingin membeli sesuatu, Anda memastikannya terlebih dahulu jika benda tersebut benar-benar Anda butuhkan dan memiliki fungsi yang sesuai.

Solusi Kebutuhan Finansial

Pinjaman dana dengan beragam keuntungan serta kemudahan? BFI Finance solusinya!

BFI Finance sudah terverifikasi OJK. Dengan mengajukan pinjaman di BFI Finance Anda akan memperoleh beragam keuntungan. Diantaranya sebagai berikut.

Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 3 tahun.

Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 18 bulan.

Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 48 bulan.

Informasi selengkapnya terkait pinjaman maupun pertanyaan lebih lanjut dapat Anda akses melalui laman berikut ini.

Sobat BFI, itulah pembahasan mengenai manfaat hidup hemat. Semoga kita semua bisa menerapkan gaya hidup hemat demi meraih masa depan yang sejahtera.

Cari tahu informasi menarik lainnya di BFI Blog!