Pinjaman

Membedakan Pinjaman Pribadi Yang Baik Dan Buruk

pinjaman pribadi

Mengajukan pinjaman pribadi untuk memenuhi suatu kebutuhan merupakan hal yang wajar saja untuk dilakukan. Namun tahukah Anda, ada 2 jenis pinjaman, yaitu yang baik dan yang buruk. Apa sih, bedanya?

Ketika Anda mengajukan pinjaman, tentunya ada bunga yang harus dibayarkan. Sehingga, ada pengeluaran ekstra yang harus Anda bayarkan. Sehingga, mengajukan pinjaman seringkali dinilai sebagai sesuatu yang buruk.

Namun, benarkah semua pinjaman atau hutang itu buruk? Ternyata, tidak seperti itu, lho!

Sebab, pinjaman bisa dibagi menjadi 2 jenis. Yaitu pinjaman baik dan buruk, yang lebih lanjut lagi seringkali dikenal sebagai pinjaman produktif dan konsumtif. 

Apa saja yang termasuk pinjaman baik dan pinjaman buruk? Pinjaman pribadi Anda termasuk jenis yang mana? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

pinjaman pribadi non bank

Pinjaman Pribadi Baik

Pinjaman pribadi yang tergolong baik merupakan pinjaman yang bisa membantu Anda menghasilkan lebih. Diantaranya adalah:

Biaya Pendidikan

Mengajukan pinjaman untuk menempuh pendidikan merupakan suatu investasi untuk masa depan. Sebab, hal ini dapat membantu Anda menambah keterampilan yang memperbesar potensi untuk meraih jenjang karir yang lebih tinggi. 

Dengan kata lain, pendidikan yang Anda tempuh memiliki hubungan yang positif dengan potensi Anda mendapatkan pekerjaan dan pendapatan yang lebih baik. 

Modal Usaha Tambahan 

Mengajukan pinjaman untuk modal usaha tambahan juga merupakan pinjaman pribadi yang tergolong baik atau produktif. Sebab, hal ini bisa memperbesar peluang Anda mendapatkan penghasilan tambahan. Dengan bantuan modal usaha, bisnis yang Anda jalani bisa lebih berkembang, dan pendapatan yang lebih besar. 

Kebutuhan Mendesak

Walaupun bukan termasuk pinjaman produktif, namun mengajukan pinjaman untuk kebutuhan mendesak bukanlah sesuatu yang buruk. Misalnya, untuk biaya berobat. Namun, pastikan bahwa Anda tetap mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Pinjaman Pribadi Buruk

Yang termasuk pinjaman buruk adalah pinjaman yang diajukan tidak memberikan nilai tambah atau penghasilan bagi Anda. Terlebih lagi, jika pinjaman tidak diajukan sesuai dengan kemampuan finansial Anda karena hanya akan menyulitkan diri sendiri di kemudian hari. 

Misalnya, berhutang untuk berlibur atau berfoya-foya membeli gadget, kendaraan, pakaian, atau barang-barang lain yang tidak dibutuhkan dan tidak sesuai dengan anggaran belanja Anda. 

Itulah dua jenis pinjaman pribadi yang perlu Anda ketahui. Pinjaman Anda termasuk yang mana?

Manfaatkanlah pinjaman yang Anda miliki untuk tujuan yang positif. Anda bisa mengajukan pinjaman pribadi yang aman dan terpercaya di BFI Finance. Dengan keuntungan bunga flat rate dan pencairan cepat, Anda bisa mendapatkan pinjaman dana untuk berbagai kebutuhan finansial Anda. 

Yuk, ajukan pinjaman pribadi terpercaya di BFI Finance!