Pinjaman

Mengapa Pinjaman Dengan Jaminan BPKB Mobil Anda Ditolak?

pinjaman dengan jaminan BPKB mobil

Mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil atau motor merupakan salah satu alternatif yang sering diambil oleh mereka yang membutuhkan dana tunai cepat cair. Dengan bunga yang relatif rendah dan proses pengajuan yang praktis, Anda bisa mendapatkan sejumlah dana yang Anda butuhkan. Terlebih lagi, sekarang banyak lembaga keuangan atau fintech yang menawarkan layanan pinjaman online yang semakin memudahkan masyarakat untuk mengajukan pinjaman. 

Walaupun proses dan persyaratannya relatif lebih mudah dibanding lembaga keuangan konvensional, namun tetap saja ada kemungkinan bahwa pengajuan pinjaman Anda akan ditolak, lho. Simak ulasan berikut untuk mengetahui berbagai alasan mengapa pengajuan pinjaman jaminan BPKB Anda ditolak!

Kriteria Kendaraan Tidak Sesuai Persyaratan

Umumnya, lembaga keuangan menetapkan sejumlah persyaratan mengenai jenis, merek, tahun dan kondisi kendaraan yang bisa dijaminkan. Setiap lembaga keuangan menetapkan persyaratan yang berbeda-beda. Namun, persyaratan yang umum adalah kondisi kendaraan yang seharusnya masih bagus baik bagian fisik maupun mesin, serta umurnya tidak lebih dari 10 hingga 15 tahun. 

Nah, apabila pengajuan Anda ditolak, bisa jadi kendaraan Anda tidak memenuhi salah satu atau bahkan keseluruhan syarat yang ditetapkan oleh lembaga keuangan. Karena itu, pelajari kriteria yang diberlakukan dengan seksama. Lalu pastikan bahwa kendaraan Anda memenuhi kriteria tersebut. 

Nominal Pinjaman Di Atas Nilai Kendaraan Jaminan

Salah satu alasan mengapa kendaraan sering dijadikan jaminan pinjaman adalah karena dana yang didapat berjumlah lumayan besar, karena aset jaminannya bernilai besar. Namun, umumnya jumlah pencairan dana yang diterima dibawah nilai taksiran kendaraan yang ditetapkan oleh lembaga keuangan. 

Apabila Anda mengajukan jumlah pinjaman diatas nilai jual kendaraan Anda, maka pinjaman Anda sudah pasti ditolak. Ketika Anda hendak mengajukan pinjaman, pastikan bahwa Anda memahami persyaratan dan fitur yang Anda dapatkan. Dengan demikian, Anda bisa mengestimasi biaya yang sekiranya bisa Anda dapatkan dan apakah biaya tersebut bisa memenuhi kebutuhan Anda. 

Identitas Tidak Jelas atau Palsu

Ketika Anda mengajukan pinjaman, selain menyerahkan dokumen, Anda juga harus menyerahkan identitas diri seperti KTP, nomor telepon, dan lain sebagainya. 

Apabila identitas Anda tidak jelas atau menggunakan nama lain, pinjaman Anda sudah pasti ditolak. Hal ini karena ada proses konfirmasi yang dilakukan oleh pihak lembaga keuangan. Pastikan bahwa Anda mengisi identitas Anda sejelas mungkin di formulir pendaftaran, dan menyerahkan dokumen identitas yang mendukung. 

Penuhi Persyaratan Pinjaman Dengan Jaminan BPKB Mobil

Jaminan bpkb mobil

Untuk menghindari pengajuan pinjaman Anda ditolak, tentunya Anda harus memenuhi persyaratan yang berlaku. Baik itu persyaratan identitas maupun aset yang hendak Anda jaminkan. 

Umumnya, dokumen yang Anda butuhkan adalah KTP, fotokopi KK, slip gaji, fotokopi buku tabungan, BPKB, STNK dan NPWP. Anda juga harus berusia minimal 21 tahun dan memiliki penghasilan tetap. Kriteria kendaraan yang dijaminkan umumnya memiliki BPKB asli dan berusia maksimal 10-15 tahun. Namun, beberapa lembaga keuangan memiliki kebijakan yang berbeda mengenai kriteria kendaraan yang dijaminkan. 

Oleh karena itu, sebelum Anda mengajukan pinjaman, pastikan bahwa Anda memahami persyaratan yang diperlukan dengan baik. Selain itu, pastikan juga skor kredit Anda termasuk dalam kategori baik. Sehingga pinjaman Anda akan lebih mudah untuk disetujui oleh pihak kreditur. 

Semoga ulasan diatas dapat membantu Anda mengajukan pinjaman jaminan BPKB mobil atau motor, ya. Pastikan untuk mengajukan pinjaman dengan jaminan bpkb kepada lembaga keuangan yang terpercaya.