Gaya Hidup

Mengontrol Belanja Impulsif Ala BFI Finance

bfi finance

Sebentar lagi gajian, nih! Bukan rahasia umum lagi kalau gajian itu waktunya berbelanja barang yang sudah ada di wishlist Anda. Bahkan, tak jarang kita tergiur untuk berbelanja lebih dari yang telah direncanakan. Belanja boleh-boleh saja, tapi jangan sampai bikin boros berlebihan, ya! Yuk, simak cara mengontrol kebiasaan belanja impulsif ala BFI Finance berikut. 

Kebiasaan berbelanja impulsif sebenarnya merupakan sifat yang umum. Terlebih lagi akses belanja online yang kini menjadi tren juga turut mendukung kebiasaan ini. Belanja impulsif sendiri artinya dimana seseorang memiliki kecenderungan untuk membeli barang tanpa perencanaan. Biasanya keinginan membeli bisa dipicu oleh berbagai hal. Mulai dari godaan sale, hingga emosi yang membuat seseorang menjadi irasional. 

Jika hal ini sesekali dilakukan, tentunya tidak masalah. Namun jika cukup sering, hal ini bisa membahayakan keuangan Anda. Terutama jika Anda menjadi boros karena tergoda membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Merasa keuangan jebol karena terlalu sering belanja impulsif? Yuk, simak tips cara mengontrol kebiasaan belanja impulsif ala BFI Finance berikut!

Bfi finance adalah

Buat Anggaran Keuangan

Langkah pertama agar Anda mampu mengontrol kebiasaan belanja impulsif adalah membuat anggaran keuangan. Sehingga, Anda bisa lebih disiplin dalam membelanjakan uang Anda. Buatlah perencanaan keuangan setiap bulan dengan merincikan kebutuhan Anda secara spesifik. Termasuk juga pemasukan Anda setiap bulannya. 

Selanjutnya, Anda bisa mengalokasikan pengeluaran wajib seperti belanja bulanan, asuransi, cicilan, dan lain-lain. Lalu, hitung anggaran yang bisa Anda alokasikan untuk hiburan, termasuk belanja.

Dengan membuat anggaran, belanja Anda akan lebih terukur karena adanya batasan. Sesuaikan pengeluaran Anda dengan kondisi finansial sehingga keuangan seimbang.

Waspada Dengan Musim Diskon

Yang kedua adalah, sebisa mungkin hindari membuka marketplace atau mengunjungi mal ketika musim diskon. Hal ini memang sulit untuk dilakukan, terlebih mengingat mudahnya akses marketplace sekarang ini. Namun, bukan berarti tak mungkin dilakukan. Sebab, adanya sale malah akan memunculkan godaan untuk membeli barang-barang yang tidak perlu. Akibatnya, Anda akan kembali berbelanja di luar anggaran Anda. 

Komitmen

Yang terakhir namun yang paling utama, mengontrol belanja impulsif dapat dilakukan jika Anda berkomitmen dan niat untuk disiplin. Memang, hal ini tidak mudah untuk diatasi, namun bukan berarti mustahil. Ingatlah bahwa masih ada kebutuhan jangka panjang lain yang harus dipenuhi. Daripada dikeluarkan untuk hal yang tidak perlu, lebih baik ditabung atau diinvestasikan, bukan?

Itulah beberapa tips mengontrol belanja impulsif ala BFI Finance. Semoga berhasil, ya!

Jika Anda membutuhkan pinjaman dana untuk kebutuhan mendesak, BFI Finance solusinya. Dapatkan pinjaman dengan jaminan BPKB kendaraan maupun sertifikat rumah dengan proses aman, cepat, dan tentunya bunga ringan. 

#SelaluAdaJalan untuk memenuhi berbagai kebutuhan finansial Anda dengan BFI Finance.