Bisnis

Menjalankan Usaha Rumahan dengan Modal Usaha Kecil

modal usaha kecil

Sekarang ini, banyak usaha rumahan yang bisa dijalani dengan modal usaha kecil. Bagi Anda yang ingin memiliki penghasilan sampingan, banyak peluang usaha rumahan yang bisa Anda lakukan. Terlebih lagi, kebijakan PSBB telah diberlakukan kembali di sejumlah daerah. Sehingga kegiatan sehari-hari, termasuk usaha pun bisa dilakukan di rumah saja. 

Usaha rumahan atau Home Industri bisa menjadi alternatif usaha bagi Anda. Modal usaha yang dibutuhkan relatif tidak besar. Hal ini karena usaha yang akan Anda geluti umumnya menggunakan bahan-bahan dan peralatan yang telah tersedia di rumah. Anda bisa memulai dengan menjalani usaha kuliner, dengan memproduksi makanan yang simpel dan bisa tahan lama. 

Banyak ide usaha rumahan yang bisa Anda jalani dengan modal usaha kecil dengan prospek usaha yang menguntungkan. Apa saja, sih?

Usaha Keripik 

modal usaha sembako

Siapa yang tidak kenal snack keripik? Makanan ringan ini bisa Anda temui dimanapun dengan harga yang cukup murah. Jenisnya pun beragam. Mulai dari keripik singkong, keripik pisang, dan masih banyak lagi. Memproduksi keripik merupakan ide usaha kuliner yang bisa Anda coba. 

Selain proses pembuatannya yang praktis, modal yang diperlukan pun relatif murah. Umumnya, modal awal yang dibutuhkan berkisar Rp300.000 – Rp500.000. Modal ini mencakup biaya operasional dan bahan baku yang dibutuhkan. Jika ingin lebih hemat lagi, Anda bisa menggunakan peralatan masak yang telah tersedia di rumah. 

Usaha Frozen Food

modal usaha frozen food

Frozen food atau makanan beku akhir-akhir ini juga sedang laris, lho. Terutama di masa PSBB seperti ini. Banyak orang-orang yang berdiam dirumah dan membutuhkan stok makanan yang mencukupi dan tahan lama. Sehingga, mereka tidak sering-sering keluar untuk berbelanja.

Nah, Anda bisa memanfaatkan keadaan ini dengan membuka usaha kuliner frozen food. Anda cukup mengambil makanan yang akan Anda jual dari supplier dan menjualnya kembali. Umumnya, jenis makanan beku yang laris dijual adalah daging atau produk olahan daging, seperti nugget atau bakso. Makanan yang akan Anda jual juga bisa tahan lama tanpa harus menggunakan bahan pengawet buatan.

Kisaran modal yang dibutuhkan sekitar Rp3.000.000 – Rp4.500.000 jika Anda hendak membuka usaha frozen food rumahan. Modal ini termasuk freezer khusus menyimpan makanan beku, mesin vacuum sealer, plastik vacuum, serta makanan yang Anda ambil dari supplier per 30 kg. 

Usaha Makanan Khas Daerah

modal usaha adalah

Setiap daerah pasti memiliki kuliner atau makanan yang menjadi ciri khas suatu daerah tersebut. Jika Anda tinggal di daerah yang populer dikunjungi, maka Anda bisa mulai menjual oleh-oleh khas daerah tersebut. Untuk bahan baku dan biaya operasionalnya, Anda bisa memulai dengan kisaran Rp1 – 2 juta sebagai modal awal. 

Sekarang ini, tentunya jumlah pengunjung di daerah Anda berkurang karena adanya wabah Covid-19. Namun, Anda tetap bisa memasarkan produk jualan Anda melalui marketplace online. Hal ini juga memperbesar peluang Anda dalam menjangkau lebih banyak pembeli. 

Semoga ulasan diatas dapat membantu Anda, ya! Pilihlah home industri modal usaha kecil yang sesuai dengan Anda. Jika Anda membutuhkan tambahan modal, Anda bisa mengajukan pinjaman usaha kepada BFI Finance yang siap membantu mengembangkan usaha Anda!