Bisnis

Ngobrolin Bisnis Susu Kekinian bareng BFI Finance

Bisnis kuliner memang tidak ada matinya. Bukan hanya makanan, sekarang ini juga banyak minuman kekinian dengan berbagai varian produk dan rasa. Kali ini, BFI Finance berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan salah satu pemilik usaha minuman kekinian, Sumoo Milk yang bertempat di Tomang, Jakarta Barat. 

Salah satu tren minuman kekinian yang masih banyak digandrungi masyarakat adalah susu dengan berbagai varian rasa dan topping, seperti boba atau jelly. Jenis usaha yang cukup menjanjikan ini pun sekarang gerainya tersebar di berbagai kota, terutama di kota-kota besar. Sumoo Milk merupakan salah satu gerai bisnis minuman kekinian yang telah meraih keuntungan. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Iseng-iseng Berbuah Menjadi Bisnis yang Menjanjikan

bfi finance

Tim BFI Finance dan Ivan, owner Sumoo Milk

 

Ivan, salah seorang pemilik Sumoo Milk ini mendirikan bisnis ini bersama 2 orang temannya pada bulan Juni 2019. Awalnya, dia bersama rekan-rekannya mendirikan bisnis ini semata-mata hanya karena iseng. Selain itu, Ivan sendiri telah memiliki pengalaman di bidang F&B ketika bekerja sebagai manager coffee shop pada saat dia kuliah. Selain berawal dari iseng, alasan lain ia menjalankan bisnis ini juga karena ia ingin mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari dengan menjadi pengusaha. 

Tercetuslah bisnis susu ini karena modalnya yang relatif lebih sedikit dibandingkan dengan bisnis kopi yang juga sedang hits sekarang ini. Lokasi kios di dekat kampus Universitas Tarumanagara (Untar) pun dipilih karena cocok dengan budget mereka dan ramai dilewati oleh target market mereka, yaitu mahasiswa. 

Nama ‘Sumoo’ sendiri berasal dari ‘susu’ dan ‘moo’ (suara sapi) sehingga bisa diartikan ‘susu sapi’. Minuman Sumoo Milk sendiri dijual dengan harga yang cukup terjangkau oleh kantong mahasiswa, dengan kisaran Rp15.000 – Rp20.000. Rasa minuman yang dijual pun bervariasi dan sesuai dengan tren minuman kekinian; dari varian rasa buah-buahan, taro, matcha, hingga cream cheese brulee

simulasi BFI Finance

Source: instagram.com/sumoomilkid

Berapa Sih, Modal Awal Usaha dan Omzet yang Diterima?

Usaha Sumoo Milk ini dimulai dengan modal awal yang dikumpulkan Ivan dan rekan-rekannya di bawah Rp80.000.000. Kisaran omzet yang didapatkan per bulannya antara Rp40.000.000 hingga Rp50.000.000 dengan penjualan sehari rata-rata 150 hingga 200 gelas minuman. Sejauh ini, Sumoo Milk sendiri belum membuka cabang di mana pun dan baru beroperasi di Tomang, Jakarta Barat. 

Tips untuk Mendirikan Usaha Sendiri

Menurut Ivan, tips untuk mendirikan usaha sendiri adalah dengan berani mencoba. Memang dalam bisnis tidak selalu untung. Namun, apabila tidak dicoba, Anda tidak akan tahu apakah hasil akhirnya akan sukses atau gagal. Tentunya harus berani dicoba sekarang, karena jika terus menunda, bisnis tersebut hanyalah sebatas ide dan tidak akan terwujud. 

Bisnis minuman kekinian ini memang menjanjikan dan digandrungi oleh banyak orang. Nah, bagaimana, apakah Anda tertarik untuk berbisnis minuman kekinian? 

Semoga ulasan di atas bisa menginspirasi Anda, ya. Jika Anda membutuhkan tambahan modal usaha, jangan ragu untuk mengajukan pinjaman dan memilih produk BFI Finance, karena #SelaluAdaJalan untuk mewujudkan impian Anda. 

Ngomong-ngomong, ada pengalaman yang tidak biasa lho, yang pernah dialami Ivan ketika menjalankan bisnis ini. Simak obrolan lengkapnya di video berikut ini.

https://www.youtube.com/watch?v=rRQkinxEA7w