Tak Berkategori

Peluang Usaha Seblak, Modal Dikit Untung Enggak Kaleng-Kaleng!

Usaha seblak
Usaha Seblak
Image Source: Kuliner Kota

Usaha seblak merupakan salah satu ide bisnis yang menguntungkan!

Siapa yang tidak kenal dengan jajanan satu ini? Rasanya yang pedas dan gurih, membuat kuliner khas Jawa Barat ini nyaris tidak pernah sepi peminat. Khususnya bagi para pecinta makanan pedas, kaum milenial, dan gen z!

Meskipun kehadirannya sudah ada sejak beberapa tahun ke belakang, popularitas jajanan ini bisa dikatakan tidak pernah surut, malahan sangat stabil! Beragam inovasi dan kemudahan akses teknologi turut mendukung kestabilan popularitas seblak. Ini juga menjadi salah satu faktor pendukung usaha seblak menjamur di mana-mana!

Tidak membutuhkan modal yang banyak, ide usaha seblak dapat Anda wujudkan dengan modal di bawah Rp5 juta saja!

Tertarik untuk mencoba? Simak informasi selengkapnya di artikel berikut!

Cara Memulai Usaha Seblak

Sebelum kita masuk ke pembahasan estimasi modal, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara memulai usaha seblak yang tepat. Cara ini sekaligus menjadi tips ampuh agar usaha seblak Anda bisa terus bertahan dan berkembang!

Menentukan Modal

Tentunya kita sudah tahu jika modal adalah ujung tombak suatu usaha. Maka dari itu, hal pertama yang perlu Anda siapkan yaitu menentukan modal. Dikarenakan usaha ini tidak memerlukan modal banyak, Anda dapat mematok modal sebesar Rp5 Juta. Untuk estimasi dan rincian alat maupun bahan yang diperlukan akan dibahas di bagian selanjutnya.

Menggunakan Bahan Baku Pilihan

Meskipun terbilang mudah dan murah, pastikan untuk selalu menggunakan bahan baku pembuatan seblak yang segar dan berkualitas. Ini dilakukan agar citarasa masakan tetap terjaga. Tentunya Anda tidak ingin para pembeli hanya datang sekali, bukan?

Untuk bahan baku yang diperlukan diantaranya yaitu: kerupuk seblak berwarna oren maupun warna-warni dengan beragam bentuk, kencur, bawang putih, cabai rawit, bumbu penyedap, telur, minyak goreng, dan sedikit gula. Ada pun topping seblak yang sering digunakan yaitu bakso, sosis, kwetiaw, tulang ayam. 

Pilih Lokasi yang Strategis

Seblak banyak diminati oleh kalangan muda mulai dari umur 10 tahun sampai dengan 20-an awal. Anda dapat memanfaatkan informasi ini untuk memilih tempat berjualan yang strategis.

Misalnya, di lingkungan sekolah, kampus, deretan jajanan kaki lima, maupun di depan rumah Anda jika memungkinkan dan ramai anak muda.

Berinovasi

Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat canggih. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar usaha seblak milik kita cepat laku terjual. Diantaranya yaitu:

  1. Pemilihan Nama Merk dan Variasi Seblak yang Unik

Anda dapat menamai usaha serta menu seblak milik Anda dengan nama-nama yang anti mainstream dan mencirikan makanan pedas. Misalnya seblak seuhah neraka jahanam, seblak pedas omongan netizen, dan lain-lain.

Selain pemilihan nama, buatlah menu dengan beragam pilihan topping.

  1. Mitra Usaha

Sudah banyak para penjual yang melakukan kerjasama dengan platform online, khususnya yang menjual makanan. Anda bisa juga ikut bergabung supaya usaha seblak Anda semakin ramai dan dikenali banyak orang. Beberapa platform yang dapat Anda coba yaitu ShopeeFood, Grabfood, GoFood.

  1. Frozen Food/Seblak Instan

Ingin usaha seblak Anda menjangkau lebih banyak konsumen dan daerah? Anda dapat mencoba membuat seblak instan. Pastikan desain kemasan menarik, aman, dan seblak yang ada dimodifikasi terlebih dahulu supaya tidak cepat basi dan mudah diseduh.

Tidak hanya itu, Anda bisa memanfaatkan platform belanja online untuk menjualnya. Misalnya menjual di Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lainnya. Banyak pembeli cenderung lebih percaya untuk membeli sesuatu di platform belanja online karena pembayaran mudah, terpercaya, dan terdapat testimoni produk. 

Rajin Promosi

Awal membuka usaha pasti kita akan dihadapkan dengan berbagai tantangan. Salah satu diantaranya yaitu tantangan mengenalkan produk dan menjualnya. Tips dari kami yang dapat Anda coba yaitu:

  1. Menerapkan Strategi Marketing Word of Mouth
  2. Melakukan Riset Pemasaran
  3. Memanfaatkan Sosial Media (Membuat Akun Khusus Barang yang Dijual, Melakukan Paid Ads atau Iklan Berbayar)
  4. Memberikan Diskon/Promo Pembelian

Estimasi Keuntungan Usaha Seblak

Membahas peluang usaha rasanya tidak lengkap jika kita tidak membahas mengenai keuntungan yang akan diperoleh. Berikut ini rincian estimasi keuntungan usaha seblak.

Modal Awal

  • Kompor & Tabung Gas Rp300 Ribu
  • Wajan & Spatula Rp150 Ribu
  • Panci Rp100 Ribu
  • Meja & Kursi Rp250 Ribu
  • Serbet Rp15 Ribu
  • Mangkuk & Alat Makan Rp50 Ribu
  • Blender Rp125.000
  • Lain-lain Rp200 Ribu

Total Rp1.190.000 

Biaya Operasional Setiap Bulan

  • Sewa Tempat (Opsional) Rp500 Ribu
  • Kerupuk Rp200 Ribu
  • Sosis, Bakso, Tulang, dan Aneka Topping lainnya Rp500 Ribu
  • Telur Rp300 Ribu
  • Listrik dan Air Rp150 Ribu
  • Minyak Goreng Rp150 Ribu

Total Rp1.800.000

Itulah modal awal serta biaya operasional tiap bulannya. Jika ditotal secara keseluruhan maka modal yang perlu Anda keluarkan sebesar Rp2.990.000.

Rincian tersebut merupakan perkiraan, biaya yang dikeluarkan nantinya bergantung pada kebutuhan serta harga bahan pokok terbaru.

Estimasi Keuntungan Per Bulan

Penjualan Rata-Rata Per Hari: 30 Seblak

Harga Seblak Per Porsi: 10.000

Maka Rp10.000 X 30 X 30 Hari = Rp9.000.000 lalu dikurangi dengan biaya operasional setiap bulan. Maka Rp9.000.000 – Rp1.800.000 = Rp7.200.000

Jadi, estimasi keuntungan yang dapat Anda kantongi setiap bulannya yaitu Rp7.200.000. Sangat menguntungkan bukan?

Cara Memperoleh Modal Usaha

Setelah Anda mengenal ide usaha seblak, Anda mungkin tertarik untuk memulai usaha ini. Jika modal yang diperlukan dirasa belum cukup, Anda dapat mengajukan pinjaman lewat BFI Finance. Kami siap membantu Anda memperoleh modal usaha dan kebutuhan finansial lainnya.

Beragam keuntungan dan pilihan pinjaman yang dapat Anda pilih:

Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 3 tahun.

Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 18 bulan.

Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 48 bulan.

Sobat BFI, itulah ide usaha seblak. Mudah-mudahan dapat memberikan inspirasi bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis dengan modal minim.

Ikuti terus artikel kami mengenai bisnis, gaya hidup, informasi umum, dan sebagainya di BFI Blog!