Bisnis

Pertimbangkan Pinjaman Modal Usaha di Era New Normal

modal usaha

Ketika Anda memutuskan untuk memulai bisnis di era new normal, tentunya ada sejumlah tantangan yang harus Anda hadapi. Mulai dari keadaan yang berbeda dari sebelum adanya pandemi, hingga modal usaha yang dibutuhkan. Terutama jika Anda hendak menjalankan bisnis yang skalanya menengah hingga besar. 

Berapa kisaran modal usaha rata-rata yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis di era new normal? Dikutip dari Bisnis.com, ada beberapa kriteria yang bisa Anda pertimbangkan untuk menghitung berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan. 

Langkah pertama, usahakan untuk memahami jenis beban biaya yang akan Anda keluarkan. Contohnya biaya sewa kantor, hosting web, karyawan, biaya promosi, dan lain sebagainya. Tentunya, setiap bisnis memiliki jenis rincian biaya yang berbeda-beda. Usahakan untuk membuat perhitungan yang rinci, termasuk juga untuk kebutuhan yang sifatnya mendadak atau tak terduga. Untuk memudahkan, Anda bisa membagi jenis pengeluaran Anda menjadi pengeluaran tetap dan tidak tetap. 

Setelah memahami jenis biaya yang dibutuhkan, selanjutnya adalah menghitung estimasi biaya yang akan dikeluarkan sesuai rincian kebutuhan yang telah Anda buat. Menurut Small Business Administration, umumnya kisaran modal yang dibutuhkan adalah Rp20.000.000 hingga Rp50.000.000 untuk bisnis menengah rumahan atau waralaba. Idealnya, dana yang Anda miliki harus mencukupi kebutuhan bisnis Anda hingga 6 bulan kedepan. 

Dalam menjalankan usaha, mengajukan pinjaman modal usaha kecil merupakan salah satu alternatif agar bisnis Anda bisa berjalan lancar tanpa adanya hambatan biaya. 

Memang di jaman sekarang, proses pengajuan pinjaman usaha relatif mudah dan cepat. Terlebih lagi, beberapa lembaga keuangan menawarkan layanan pinjaman secara online. Namun, tetap diperlukan persiapan yang matang, lho, agar pinjaman modal usaha Anda bisa cair. 

Bagaimana Agar Pinjaman Modal Usaha Bisa Cair?

modal usaha adalah

Apa saja yang harus Anda lakukan dalam proses pengajuan pinjaman modal usaha?

Pertama, setelah Anda membuat rincian kebutuhan dan biaya yang dibutuhkan, tentukan pinjaman modal yang Anda butuhkan. Sesuaikan tenor dan nominal pinjaman dengan kemampuan membayar Anda. Jika Anda mengajukan pinjaman ke bank, tunjukan model bisnis dan proyeksi keuangan yang menunjukkan keseriusan Anda dalam berbisnis. 

Disarankan juga bagi Anda untuk mengajukan pinjaman dengan jaminan aset agar pinjaman Anda lebih mudah disetujui. Selain itu, Anda juga bisa mendapat nominal dana pinjaman yang lebih besar. Pastikan juga untuk melengkapi persyaratan dan dokumen yang diperlukan untuk memperlancar proses pengajuan pinjaman Anda. 

Semoga ulasan diatas dapat membantu Anda dalam menjalankan usaha di era new normal, ya.