Gaya Hidup, Pinjaman

Pinjam Online dan Kiat Bertahan Menjelang Tanggal Tua

Tanggal tua merupakan momok yang menakutkan bagi Anda yang sudah bekerja. Kondisi ini menggambarkan di saat kondisi keuangan sudah mulai menipis karena sudah banyak diambil sebelum tanggal gajian, atau identik juga dengan akhir bulan, karena umumnya para pekerja menerima gaji pada saat awal bulan. Banyak cara untuk menyiasati kondisi ini. Salah satunya adalah mengajukan pinjam online yang terpercaya. Apa benar, pinjam online bisa menjadi solusi?

Sebenarnya, kondisi ini tidak akan terjadi jika Anda bisa mengatur cashflow keuangan Anda dengan cermat. Simak strategi berikut ini agar Anda bisa survive menjelang tanggal tua:

Sisihkan Dari Awal Bulan

Setelah menerima pemasukan di awal bulan, sisihkan dan pikirkan untuk kebutuhan-kebutuhan utama agar Anda bisa bertahan hingga akhir bulan. Misalnya, untuk tempat tinggal, transportasi, tabungan, dan dana darurat. Hal ini dilakukan agar Anda memiliki perencanaan keuangan yang matang dan membantu agar pengeluaran Anda terkontrol setiap bulannya.  

Hemat Pulsa dan Internet

Pulsa dan Internet merupakan keperluan sehari-hari, dan tanpa Anda sadari, hal ini turut berpengaruh terhadap pengeluaran Anda. Terutama jika kuota internet Anda seringkali habis sebelum akhir bulan. Anda harus cermat ketika menggunakan internet. Contohnya, dengan memanfaatkan fasilitas wifi di kantor atau tempat-tempat umum. Jangan terlalu sering streaming video, karena hal ini memakan kuota yang cukup besar. Anda juga bisa mematikan paket data Anda ketika tidak sedang digunakan. 

Sesuaikan Gaya Hidup

Menyesuaikan gaya hidup juga salah satu hal utama yang harus diutamakan agar keuangan Anda tidak terganggu di saat tanggal tua. Contohnya, hangout atau belanja impulsif yang tentu saja akan memperbesar pengeluaran Anda. Anda harus membuat skala prioritas dan mengurangi gaya hidup yang bersifat hedonisme agar Anda bisa bertahan hingga saatnya Anda gajian. 

Jangan Bergantung pada Satu Jenis Pemasukan

Ada baiknya jika Anda tidak hanya mengandalkan gaji sebagai pemasukan utama, tetapi juga memiliki bisnis atau pemasukan sampingan. Jika Anda memiliki keahlian atau hobi, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai pekerjaan sampingan, contohnya pengajar, barista, desain, fotografi, dan lain sebagainya. Anda juga bisa memanfaatkan pengajuan pinjam online cepat cair sebagai alternatif modal tambahan untuk membuka bisnis sampingan Anda sendiri. Pastikan Anda mengajukan pinjaman online yang terdaftar OJK dan pinjam online bunga paling rendah untuk membantu melancarkan usaha Anda.

 

Semoga tips di atas bisa membantu Anda agar bisa bertahan sebelum dan sesudah tanggal tua, ya.