Tak Berkategori

Prospek Bisnis Merchandise, Modal Sedikit Untung Melimpah!

Bisnis Merchandise

Bisnis merchandise adalah salah satu bisnis dengan prospek yang sangat menjanjikan. Terlebih, jika merchandise yang dipasarkan erat kaitannya dengan public figure atau karakter tertentu yang sedang naik daun.

Tak ayal, bisnis ini bisa jadi ladang cuan yang melimpah bilamana Anda bersungguh-sungguh ingin terjun di dalamnya.

Lantas, apa saja yang sebaiknya dipersiapkan untuk memulai bisnis ini? Yuk, kita bahas secara menyeluruh di artikel yang satu ini!

Peluang Bisnis Merchandise

Bisnis merchandise menjadi salah satu peluang usaha dengan omzet bulanan yang menggiurkan. Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis, berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Pangsa Pasar Luas

Kehadiran bisnis merchandise rasanya tidak pernah surut dari waktu ke waktu. Hal ini mengindikasikan jika bisnis yang satu ini cukup stabil setiap tahunnya.

Fakta ini tentunya sangat relevan dengan pola perilaku konsumen yang gemar mengoleksi barang-barang tertentu yang erat kaitannya dengan public figure kesukaan mereka.

Di samping itu, merchandise juga banyak dijadikan sebagai souvenir acara besar seperti pernikahan, kampanye, sampai dengan dijadikan bonus pembelian. Jadi, Anda tidak perlu khawatir bisnis ini tidak akan berjalan dengan baik.

Berfungsi Sebagai Media Promosi

Dalam bisnis merchandise, umumnya merchandise yang dicetak memiliki kesamaan dalam tulisan ataupun merek yang disematkan. Nah, bagi para pemilik usaha, adanya merchandise selain bertujuan untuk menyenangkan konsumen, bisa juga dijadikan sebagai media promosi jangka panjang.

Strategi ini tentunya bertujuan untuk menaikan brand awareness atau promosi secara gratis dari para pelanggan yang mengenakan merchandise suatu usaha atau brand. Misalnya topi, tote bag, payung, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk produsen atau pemilik bisnis merchandise, produksi suatu barang dengan desain yang sama akan menekan budget produksi yang dibutuhkan. Alhasil, biaya produksi akan lebih murah.

Bisa Dimulai Dengan Modal Berapa Saja

Memulai bisnis merchandise tidak harus dengan modal yang fantastis. Anda bisa memulainya dengan modal secukupnya, tergantung dari pesanan yang masuk. Sebagai contoh, Anda bisa memulai usaha ini dengan sistem pre-order terlebih dahulu.

Baca Juga: Surat Izin Usaha Dagang dan Cara Mudah Membuatnya

Tips Memulai Bisnis Merchandise Ala BFI Finance

Bagaimana? Apakah Anda semakin tertarik untuk memulai bisnis merchandise? Supaya rencana bisnis Anda bisa berjalan dengan baik, tips berikut ini bisa Anda jadi referensi untuk mempermudah Anda dalam berbisnis.

Image Source: Pexels/Amina Filkins

1. Tentukan Model Bisnis

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan saat akan memulai bisnis merchandise yaitu dengan menentukan model bisnis. Apakah Anda berencana untuk memproduksinya sendiri atau bekerjasama dengan produsen lain namun menggunakan merek Anda?

Hal ini perlu dipertimbangkan dengan baik. Pasalnya, model bisnis yang Anda pilih bisa ikut menentukan besaran model yang perlu Anda keluarkan.

Baca Juga: Riset Pemasaran: Definisi, Tujuan, dan Cara Melakukannya

2. Pilih Distributor Terpercaya

Setelah menentukan model bisnis yang dirasa pas, berikutnya Anda diharuskan untuk memilih distributor terpercaya. Khususnya distributor jenis-jenis merchandise yang nantinya akan dicetak sesuai dengan desain yang diminta.

Misalnya distributor kain blacu untuk tas tote bag, distributor topi polos, dan masih banyak lagi. Lakukan riset dan buatlah komparasi antara distributor satu dengan yang lainnya agar memudahkan Anda dalam mengambil keputusan.

Bagi Anda yang berencana memulai usaha ini sebagai dropshipper, reseller, maupun membuka sistem pre-order, Anda juga wajib melakukan riset terhadap produsen yang akan memproses semua barang pesanan yang ada.

3. Berikan Contoh Merchandise

Untuk meyakinkan pembeli terhadap hasil cetakan, hasil sablon, dan bahan merchandise, ada baiknya Anda memberikan contoh merchandise yang sudah jadi kepada calon pelanggan.

Anda juga bisa meletakkannya di bagian lemari display sebagai contoh produk saat akan menawari calon pelanggan yang datang langsung ke toko Anda.

4. Pastikan Kualitas Produk Baik

Kualitas produk dari bisnis merchandise meliputi banyak hal. Mulai dari hasil cetakan, kualitas desain, sampai dengan kualitas bahan atau material yang dipilih.

Bahan dengan material bagus dengan hasil cetakan yang tajam tentunya akan mengeluarkan biaya produksi yang tidak sedikit. Untuk menyiasati nya, Anda dapat membuat katalog yang berisikan pilihan material beserta kualitasnya dengan harga yang sudah disesuaikan.

Jadi, nantinya biar para pelanggan Anda yang menentukan sendiri material yang akan digunakan sesuai dengan budgetnya masing-masing.

5. Manfaatkan Sosial Media

Kehadiran sosial media tidak bisa dianggap remeh. Adanya sosial media sangat membantu para pemilik usaha untuk memasarkan produknya dengan tepat dan cepat.

Anda bisa ikut bergabung dengan komunitas tertentu yang saat ini banyak digandrungi. Salah satunya yaitu komunitas penggemar sepak bola, komunitas penyuka musik k-pop, dan lain-lain.

6. Ikut Berjualan di Ecommerce

Sebagaimana sosial media, kemunculan ecommerce terutama pada saat pandemi menjadikan kebiasaan berbelanja banyak orang kian bergeser ke sistem pembelian secara online.

Belanja online dinilai praktis dan punya banyak sederet manfaat, baik itu untuk konsumen maupun penjual. Tidak ada salahnya Anda ikut memasarkan bisnis merchandise di ecommerce untuk mendapat lebih banyak pelanggan dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: Laris Manis, Ini Dia 7 Cara Jualan Online Untuk Pemula!

Jenis Merchandise yang Paling Banyak Diminati

Setelah Anda mengetahui peluang bisnis merchandise beserta tips memulainya, langkah selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu mengetahui jenis merchandise apa saja yang paling banyak diminati oleh khalayak umum.

1. Tote Bag

Penggunaan kantong plastik yang kian dibatasi di banyak kota membuat produksi tote bag kian meningkat. Banyak UMKM sampai dengan Brand besar yang sengaja membuat tote bag untuk para pelanggannya.

Selain memudahkan para pelanggan, adanya tote bag juga berfungsi sebagai media promosi cuma-cuma. Sebab, para pelaku usaha ini akan dengan sengaja menyematkan nama brand mereka pada bagian depan tote bag.

Bahan tote bag untuk merchandise yang paling banyak digunakan antara lain bahan kanvas, kain blacu, kain spunbond. Anda dapat memilih bahan tote bag sesuai dengan pesanan yang diterima.

2. Gantungan Kunci

Gantungan kunci merupakan salah satu jenis merchandise yang terus eksis sampai saat ini. Selain ukurannya yang kecil dan bentuknya yang unik, biaya produksi merchandise ini cukup terjangkau.

Banyak pemilik usaha, komunitas, maupun vendor acara menjadikan gantungan kunci sebagai souvenir pilihan karena bisa dibuat sesuai bentuk dan desain yang diinginkan. Gantungan kunci juga cenderung lebih awet.

3. Kaos

Kaos banyak dipilih karena bisa digunakan untuk pakaian sehari-hari. Banyak bisnis merchandise yang usahanya laku keras dengan memproduksi kaos bergambar tokoh karakter atau public figure terkenal.

Kaos juga banyak dijadikan sebagai hadiah dalam acara tertentu atau bonus pembelian misalnya servis mobil. Salah satu bahan kaos yang populer digunakan dan tidak memakan modal yang banyak yaitu kaos berbahan katun.

4. Gelas Mug, Tumbler atau Botol Minum

Merchandise berikutnya yang paling banyak digandrungi masyarakat yaitu tempat minum. Mulai dari gelas, mug, sampai dengan botol minum.

Cukup masuk akal jika benda-benda ini banyak dipilih sebab bukan hanya bagus untuk disimpan, benda tersebut juga memiliki fungsi yang bermanfaat untuk aktivitas sehari-hari.

5. Pensil atau Pulpen

Sama halnya dengan jenis merchandise yang sudah disebutkan sebelumnya, jenis merchandise yang satu ini banyak dipilih karena memiliki fungsi yang bermanfaat untuk keseharian kita.

Selain itu, bentuknya yang mungil dengan harga yang terjangkau membuat merchandise jenis ini banyak dicari karena tidak perlu merogoh kocek yang banyak untuk memperoleh merchandise dalam jumlah banyak.

6. Topi

Topik adalah salah satu jenis merchandise yang umum digunakan oleh berbagai kalangan. Topi bisa menjaga dari paparan sinar matahari dan sebagai pelengkap gaya berpakaian seseorang.

Banyak brand sengaja membuat merchandise topi dan menyematkan logo usaha mereka di bagian depan. Penempatan logo tersebut juga ikut berperan dalam mempromosikan suatu barang secara gratis. Orang akan dengan mudah mengenal brand atau usaha dengan hanya melihat ke logo yang tertera.

Cara Mudah Memperoleh Modal Bisnis Merchandise

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bisnis merchandise bisa Anda mulai dengan modal berapa saja. Nah, jika Anda berencana untuk membuka bisnis ini, BFI Finance bisa membantu Anda dalam mewujudkannya!

BFI Finance adalah perusahaan pembiayaan yang sudah terverifikasi oleh OJK. Proses pinjaman di BFI Finance pasti aman dan lancar! Selengkapnya dapat Anda dapatkan di tautan berikut.

Tunggu apa lagi? Yuk, ajukan pinjaman modal usaha di BFI Finance agar Anda tidak melewatkan kesempatan emas yang mungkin bisa datang kapan saja.

Sobat BFI, itulah informasi terkait Prospek Bisnis Merchandise, Modal Sedikit Untung Melimpah! Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Salam bisnis!

Temukan artikel menarik lainnya hanya di BFI Blog.