Pinjaman

Sebelum Jual atau Gadai Rumah, Tingkatkan Dulu Nilainya

Ketika Anda harus pindah ke hunian baru atau membutuhkan dana dalam jumlah besar, rumah merupakan salah satu aset yang bisa Anda manfaatkan karena nilai jualnya yang tinggi. Selain dijual, Anda juga bisa gadai rumah dan mendapat dana pinjaman dari hasil gadai tersebut. 

Tentunya, jika Anda berniat menjual atau menggadaikan sertifikat rumah Anda, hunian yang Anda miliki harus dalam kondisi baik. Rumah yang dalam kondisi fisik baik tentunya akan menarik pembeli atau mempermudah Anda agar pengajuan pinjaman dengan jaminan sertifikat Anda disetujui oleh lembaga keuangan. Karena, kondisi fisik rumah juga meningkatkan nilai jual dan menjadi salah satu pertimbangan lembaga keuangan.

Lantas, bagaimana agar nilai jual rumah Anda bisa tetap tinggi? Yuk simak tips berikut ini!

Renovasi Bagian Luar dan Dalam Rumah

gadai sertifikat rumah bunga rendah

Kondisi fisik rumah tentunya sangat menentukan nilai jual dan daya beli konsumen. Sebelum Anda menawarkan rumah Anda, sebaiknya lakukan renovasi beberapa bagian yang rusak. Contohnya atap yang bocor, pintu yang macet dan lain sebagainya. Selain itu, bagian luar rumah juga perlu direnovasi dengan cara dicat ulang. Hal ini agar rumah Anda terlihat tidak kusam dan tampak lebih fresh. Anda bisa meminta bantuan tukang bangunan untuk mendaptkan hasil yang lebih maksimal. 

Dengan merenovasi keseluruhan rumah, tentunya rumah Anda menjadi layak huni dan nilai jual rumah Anda akan tetap tinggi. 

Membersihkan Bagian Luar dan Dalam Rumah

gadai sertifikat rumah perorangan

Selain merenovasi, kondisi rumah yang bersih juga menentukan nilai jual rumah Anda.Hal ini karena dengan keadaan rumah yang bersih, Anda juga menampilkan hunian yang dalam keadaan baik. Bersihkan kerak-kerak dan kotoran di dinding dan lantai agar rumah Anda menampilkan kesan terawat dan masih baik kondisinya. 

Menghubungi Agen Properti Untuk Menjual Rumah

gadai sertifikat rumah proses cepat

Jika Anda berniat untuk menjual rumah Anda, sebaiknya gunakanlah bantuan jasa agen properti untuk memasarkan rumah Anda. Umumnya, penjualan rumah akan lebih cepat dengan bantuan agen properti dibanding menjual rumah sendiri. Hal ini karena mereka memiliki database yang luas untuk mencari calon pembeli. Atau, Anda juga bisa memanfaatkan situs jual rumah dan memasarkan hunian Anda. 

Apapun tujuannya, entah itu untuk dijual atau digadaikan, semoga ulasan diatas dapat membantu Anda dalam merawat rumah Anda, ya. Jika Anda berniat untuk gadai sertifikat rumah Anda, pastikan bahwa Anda mengajukan pinjaman kepada lembaga keuangan yang terpercaya.