Gaya Hidup

Sifat Keuangan yang Baik Setelah Pandemi ala BFI Finance

bfi finance

Di era pandemi ini, kemampuan setiap orang dalam mengatur keuangan pribadi mereka diuji. Agar keuangan tetap aman, harus ada beberapa kebiasaan yang diterapkan dalam mengatur keuangan. Berikut beberapa kebiasaan yang bisa Anda terapkan agar keuangan Anda tetap aman ala BFI Finance. Bahkan, kebiasaan ini akan membantu Anda setelah pandemi berakhir. 

Agar keuangan Anda tetap aman, tentunya Anda harus memiliki rencana jangka panjang. Tidak hanya memikirkan kondisi keuangan sekarang, namun juga di masa yang akan mendatang apabila pandemi COVID19 ini berakhir. Nah, dalam menjalankan rencana keuangan tersebut, tentunya Anda harus menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang positif untuk mendukung rencana tersebut. 

Apa saja kebiasaan baik yang bisa Anda terapkan untuk menjamin kelangsungan kondisi finansial Anda?

Memantau Arus Kas Secara Berkala

BFI Finance Indonesia

Kebiasaan pertama yang harus selalu diterapkan adalah meninjau pengeluaran dan pemasukan Anda secara berkala. Bukan hanya pada saat pandemi, namun seterusnya agar pengaturan keuangan Anda bisa lebih efisien. 

Catatlah secara berkala pendapatan dan pengeluaran Anda per bulannya. Termasuk tagihan dan cicilan yang ada. Dengan demikian, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengevaluasi pengeluaran apa saja yang harus dikurangi. 

Prioritaskan Bayar Cicilan

bfi finance adalah

Selanjutnya, terapkan juga kebiasaan untuk mengutamakan bayar cicilan terlebih dahulu setelah menerima pendapatan. Baik itu KPR, cicilan kartu kredit, atau KTA. Dengan mengutamakan membayar cicilan, Anda akan terhindar dari denda dan risiko kredit macet.

Penting juga untuk membuat rencana mengenai cicilan Anda. Jangan mengambil cicilan yang porsinya lebih dari 30% total pendapatan rutin Anda. Disarankan juga agar Anda memprioritaskan pembayaran cicilan dengan bunga paling besar agar cepat selesai. Apabila Anda terbiasa melakukan ini setelah pandemi berakhir, arus keuangan Anda akan lebih lancar. 

Siap Siaga Dana Darurat

bfi finance bsd

Adanya pandemi membuat orang-orang menyadari pentingnya untuk menyisihkan dana darurat. Setelah pandemi berakhir, jangan berhenti untuk menyisihkan sebagian pendapatan Anda untuk dana darurat. Karena, walaupun kondisi keuangan telah membaik, Anda tetap harus berjaga-jaga untuk kejadian yang tidak terduga. 

Dikutip dari QM Financial, jumlah dana darurat yang ideal adalah 4 hingga 12 kali pengeluaran bulanan Anda. Apabila Anda memiliki tanggungan atau keluarga, tentunya jumlah dana darurat yang harus dipersiapkan juga lebih besar. 

Mengurangi Pengeluaran Impulsif

simulasi bfi finance

Adanya pandemi ini juga membuat kita semua untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Usahakan untuk tidak berbelanja secara impulsif. Untuk mendukung kebiasaan ini, Anda bisa membuat budget belanja agar pengeluaran Anda terkontrol. Kebiasaan berhemat ini tentunya harus selalu diterapkan, bahkan setelah pandemi berakhir.  

Selalu Menyisihkan Untuk Investasi

produk BFI

Selain berhemat dan menabung, investasi juga merupakan kebiasaan finansial yang harus dipertahankan setelah adanya pandemi. Hal ini penting untuk mempersiapkan kondisi keuangan Anda di masa depan. Bagi Anda yang belum mulai berinvestasi, Anda bisa memulai dengan memilih instrumen investasi yang minim risiko. Seperti emas, reksa dana, dan lain-lain. 

Perubahan kondisi ekonomi yang mendadak memang tidak mudah untuk dilalui. Namun, dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan di atas, Anda akan lebih siap untuk menghadapi hal-hal tidak terduga. Semoga tips dari BFI Finance diatas dapat membantu Anda, ya!