Pendidikan

Simak Manfaat PAUD untuk Perkembangan Tumbuh Kembang Anak

manfaat paud

Setiap orang tua pasti menginginkan hal yang terbaik untuk buah hatinya, mulai dari diberi kasih sayang dengan tulus, perawatan, hingga bekal pendidikan. Di Indonesia, program wajib belajar dimulai dari tingkatan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain mengikuti program wajib belajar tersebut, beberapa orang tua juga memasukan anaknya ke dalam PAUD sebelum memasuki jenjang pendidikan di Sekolah Dasar (SD). Apakah PAUD dan manfaatnya bagi anak? Simak informasinya di bawah ini. 

Pengertian PAUD 

PAUD merupakan singkatan dari Pendidikan Anak Usia Dini yang merupakan pendidikan informal dan dilaksanakan saat sebelum anak memasuki jenjang Sekolah Dasar. Usia rata-rata anak PAUD biasanya di bawah atau sama dengan 4 tahun. PAUD sendiri menjadi ruang yang baik untuk proses perkembangan anak yang lebih optimal. Tujuan dari memasukan anak ke PAUD adalah agar anak sudah siap sebelum memasuki tahapan pendidikan selanjutnya. Di PAUD sendiri, anak bukan hanya diperkenalkan dengan kegiatan sekolah saja, melainkan diperkenalkan dengan kejujuran, kedisiplinan, kemampuan berkomunikasi, dan hal positif lainnya. Tak jarang anak yang mengenyam pendidikan informal sebelum masuk ke jenjang SD memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik. 

PAUD dibagi menjadi beberapa jenis yaitu Kelompok Bermain (KB), Tempat Penitipan Anak (TPA), dan Taman Kanak-kanak (TK). Jenis PAUD ini bisa disesuaikan dengan kelompok umur setiap anak. Untuk KB biasanya dimulai dari anak usia 2-6 tahun, TPA bagi anak usia 1-4 tahun dan TK untuk usia 4-6 tahun. Sebenarnya mengajak anak untuk mengecap pendidikan pra-sekolah atau PAUD adalah pilihan dari orang tua. Namun, akan lebih baik jika anak belajar dan beradaptasi sebelum masuk SD sesuai dengan program UNESCO yang mengharuskan anak mendapatkan pendidikan informal sebelum memasuki lingkungan skeolah. 

Manfaat PAUD 

Bukan tanpa sebab PAUD menjadi penting dan sangat disarankan sebagai media tumbuh kembang anak. Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat PAUD yang baik untuk perkembangan anak. 

Membantu Perkembangan Struktur Otak Anak 

Manfaat pertama dari PAUD adalah membantu perkembangan struktur otak pada anak. Hal ini dikarenakan pertumbuhan otak anak di usia 5 tahun mencapai 90% dari ukuran otak di saat dewasa. Pada saat ini otak anak bisa dilatih untuk mengingkatkan kemampuan dalam jangka panjang. 

Aktivitas yang Terstruktur 

Walaupun tidak sepenuhnya belajar, saat PAUD, anak bisa memiliki kegiatan yang terstruktur seperti mewarnai, olahraga, bernyanyi, dan kegiatan lainnya. Kegiatan tersebut dapat melatih kondisi fisik, melatih keseimbangan, dan mengajari anak untuk melakukan kegiatan yang tidak monoton. 

Meningkatkan Performa Akademis

Usia anak 1-6 tahun umumnya memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. Melalui PAUD, anak bisa mendapatkan hal tersebut yang nantinya akan memberikan dampak positif pada performa akademis di masa mendatang. Hal ini didukung oleh beberapa penelitian yang mengatakan bahwa anak yang masuk atau mengikuti pre-sekolah lebih jarang untuk mengulang pelajaran di masa depan. 

Melatih Kedisiplinan 

Seperti sekolah, PAUD atau pre-sekolah ini juga memiliki jam bermain dan melakukan aktivitas yang sudah ditentukan. Kegiatan rutin inilah yang membuat anak dapat lebih disiplin, misalnya untuk bangun pagi berangkat ke tempat PAUD dan mengikuti aturan dari pembimbing saat bermain atau melakukan aktivitas dalam PAUD. 

Melatih Emosi-Sosial 

Dengan memasukan anak di PAUD, secara tidak langsung anak juga dapat melatih perkembangan emosional dimana anak mau tidak mau harus berinteraksi dengan teman lainnya yang membuat anak memiliki sikap toleransi, sabar, mandiri, dan mudah bergaul dengan orang lain. 

Mengajarkan Keberanian 

Manfaat PAUD lainnya adalah dapat melatih keberanian anak. Umumnya, saat PAUD anak diberikan beberapa rangkaian kegiatan seperti bernyanyi, bermain, mewarnai, dan aktivitas lainnya. Tak jarang staf atau pembimbing juga menyuruh anak untuk memimpin kelompok, bernyanyi di depan orang banyak, dan berbicara dengan teman sebaya. Hal inilah yang mendorong anak untuk berani melakukan sesuatu terutama di depan banyak orang. 

Mendorong Minat Baca

Saat PAUD, anak dilatih untuk menulis dengan cara menghubungkan titik-titik, menebalkan garis putus-putus, atau sekedar menulis atau mencoret-coret yang bertujuan untuk melatih minat anak dalam baca tulis. 

Kepribadian Menjadi Lebih Positif 

Dikarenakan banyak aktivitas menyenangkan yang diperkenalkan, anak yang mengecap pre-sekolah juga memiliki kepribadian yang lebih positif karena anak dapat berkomunikasi dengan teman sebaya yang membuat perasaan menjadi senang. Selain itu, adanya aktivitas bermain dalam PAUD juga membuat anak tidak stres dan murung. 

Melatih Kepercayaan Diri 

Anak yang menjalankan pendidikan informal sebelum masuk ke jenjang sebelumnya biasanya memiliki kepercayaan diri yang lebih baik karena saat masa PAUD anak sudah belajar untuk berekspresi saat bermain dan berkomunikasi dengan temannya. 

Bekal untuk Jenjang Selanjutnya 

Dari manfaat PAUD di atas, dapat disimpulkan bahwa pendidikan dini bisa menjadi bekal pendidikan yang baik untuk anak di jenjang selanjutnya. Bukan hanya perkembangan emosional, anak yang menjalani pendidikan dini juga bisa mendapatkan nilai yang lebih baik dan kemampuan intelektual di jenjang berikutnya. 

Nah itulah informasi mengenai PAUD dan manfaatnya bagi pertumbuhan kembang anak. Untuk Anda yang sedang mencari pendidikan dini untuk buah hati, pastikan memilih PAUD terbaik yang disertai dengan kurikulum, fasilitas, dan staf pengajar yang terakreditasi. Jika Anda membutuhkan tambahan biaya pendidikan, Anda bisa menjadikan BFI Finance sebagai solusinya. Ada 3 pilihan produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan sebagai berikut. 

Pinjaman Jaminan BPKB Mobil : Pencairan mulai Rp 10 juta dengan bunga mulai 0,76% per bulan.
Pinjaman Jaminan BPKB Motor : Pencairan mulai Rp 1 juta dengan bunga 2,25% per bulan.
Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah : Pencairan hingga 3 Miliar.

Semoga artikel ini bermanfaat!