STOP Gunakan Pinjaman Online Cepat Cair untuk Hal Berikut!

STOP Gunakan Pinjaman Online Cepat Cair untuk Hal Berikut! post thumbnail image

Di era digital seperti sekarang, pinjaman online cepat cair menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang membutuhkan dana darurat. Hal ini karena proses aplikasi pinjam online biasanya cepat dan mudah.

Jika dimanfaatkan dengan baik, pinjaman online dapat membantu Anda untuk mengatasi keadaan yang memerlukan dana cepat dan mendesak. Sayangnya, beberapa orang memanfaatkan kemudahan pinjaman online cepat cair ini untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif tanpa memikirkan kesanggupan dalam melunasi pinjaman, sehingga pada akhirnya mereka terjerat utang yang memberatkan keadaan finansial mereka. 

Berikut ini adalah tujuan-tujuan yang harus dihindari ketika Anda memutuskan mengajukan pinjaman online cepat cair.

Memenuhi Kebutuhan Sehari-hari

pinjaman online

Mengajukan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makan, transportasi, dan lain-lain bukanlah keputusan yang tepat karena sifatnya berkelanjutan. Seharusnya, kebutuhan sehari-hari dipenuhi dari penghasilan Anda.

Kecuali jika ada kebutuhan mendesak yang memerlukan biaya lebih dari penghasilan Anda. Sebaiknya, buatlah anggaran belanja agar Anda bisa mengatur pemasukan lebih baik lagi dan tidak perlu mengajukan pinjaman online. 

Shopping

pinjaman online langsung cair

Kemudahan pengajuan aplikasi pinjaman online membuat beberapa orang memanfaatkan hal tersebut untuk hal-hal yang bersifat hedonisme, tanpa mempertimbangkan kemampuan membayar cicilan. Akibatnya, beban keuangan semakin bertambah hanya karena mementingkan gaya hidup dan keinginan. 

Sebaiknya, sisihkan pemasukan Anda untuk berbelanja dan bedakan antara keinginan dan kebutuhan sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. 

Membayar Tagihan Kartu Kredit

pinjaman online yang terdaftar ojk

Jika Anda berniat mengajukan pinjaman online untuk membayar tagihan kartu kredit, hal ini sangat tidak disarankan karena sama saja dengan gali lubang tutup lubang. Tagihan kartu kredit lunas, tapi tagihan pinjaman online juga harus dilunasi di kemudian hari. 

Idealnya, batas berutang adalah 30% dari penghasilan Anda. Karena itu, bijaklah dalam menggunakan kartu kredit. 

DP Rumah atau Kendaraan Bermotor

pinjaman online cepat

Mengajukan pinjaman online untuk membayar DP rumah atau kendaraan motor juga bukanlah keputusan yang tepat karena ada cicilan yang harus dibayar setiap bulan. Jika Anda menggunakan dana pinjaman online sebagai cara untuk membayar DP, akan lebih banyak biaya yang dikeluarkan untuk membayar cicilan. Tambah lagi, risiko kehilangan rumah atau kendaraan jika tidak bisa membayar cicilan. 

 

Daripada memanfaatkan pinjaman online cepat cair untuk tujuan-tujuan di atas, sebaiknya gunakan pinjaman online untuk tujuan yang lebih bijaksana. Misalnya, sebagai modal untuk usaha sampingan, atau memenuhi kebutuhan yang sifatnya benar-benar mendesak yang memerlukan dana cepat cair. Jika Anda memerlukan dana yang mendesak, pastikan bahwa Anda mengajukan pinjaman kepada pihak penyedia pinjaman online yang terdaftar OJK dan terpercaya agar Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.