Pinjaman

Strategi Industri Leasing Dalam Menyambut Era New Normal

leasing

Perubahan yang terjadi mulai dari pandemi COVID19 hingga transisi ke era new normal menimbulkan sejumlah perubahan pada industri perekonomian di Indonesia. Termasuk perusahaan leasing atau pembiayaan yang beberapa diantaranya mulai siap untuk beroperasi kembali. 

Dodi Soewandi selaku Chief Information Officer (CIO) PT Adira Dinamika Multifinance menuturkan bahwa tantangan untuk saat ini adalah menjaga agar produktivitas tetap terjaga dan target pekerjaan tetap tercapai. Selain itu, proses kerja, protokol kesehatan, dan interaksi dengan konsumen akan mempengaruhi teknologi proses bisnis yang terjadi di perusahaan leasing. Termasuk mengoptimalkan layanan secara digital. 

Hermawan Kertajaya selaku Founder dan Chairman Markplus Inc. menuturkan bahwa industri multifinance perlu memfasilitasi aplikasi digital untuk memberi layanan kredit kepada masyarakat. Hal ini karena masyarakat memiliki perhatian yang cukup besar terhadap platform digital. Selain itu, jumlah pembiayaan juga mulai meningkat di kuartal ketiga dan keempat pada tahun ini. 

Kendati demikian, pelayanan secara fisik juga tetap diperlukan dalam proses mendorong konsumen untuk beralih ke layanan online. Tentunya, hal ini juga harus dibarengi dengan protokol kesehatan yang baik dan disiplin. 

Apa saja perubahan yang ada dalam upaya industri leasing menyambut era new normal?

Sejumlah Perubahan Untuk Sambut Era New Normal

leasing adalah

Dodi Soewandi selaku CIO PT Adira Dinamika Multifinance  menuturkan bahwa akan ada beberapa perubahan dalam industri leasing dalam menyambut era new normal. Perubahan yang pertama adalah aspek keamanan. Dalam memberikan layanan secara digital, tentunya akan ada perubahan juga dalam sistem kerja operasional industri pembiayaan. Baik nasabah maupun kreditur akan bergantung dengan jaringan dan teknologi untuk bertransaksi secara digital. Sehingga, aspek keamanan informasi, teknologi dan IT akan diperkuat untuk mendukung pelayanan operasional. 

Perubahan lain yang akan terjadi adalah pola transaksi dengan konsumen. Di era new normal ini, konsumen akan lebih mengutamakan pelayanan secara digital. Contohnya, pembayaran cicilan secara online atau pengajuan restrukturisasi kredit secara online melalui aplikasi atau website resmi perusahaan. 

Dalam menyikapi hal ini, akan banyak peningkatan yang dilakukan agar kreditur dan masyarakat bisa bertransaksi secara aman, cepat dan optimal. Terutama dalam melayani pengajuan restrukturisasi pembiayaan yang hingga sekarang ini masih meningkat. Dengan adanya optimalisasi pelayanan secara digital, diharapkan hal ini dapat membantu transaksi masyarakat dan perusahaan leasing dengan lebih optimal.