Gaya Hidup

Survey Keuangan Ala BFI Finance; Pria vs Wanita

bfi finance

Pria dan wanita memang memiliki kepribadian yang bertolak belakang. Termasuk dalam masalah mengelola keuangan. Kali ini, BFI Finance akan mengulas melalui beberapa survei kecil-kecilan mengenai siapa yang lebih baik dalam mengelola keuangan. Yuk, simak ulasannya!

Tentunya, kita semua paham bahwa pria dan wanita memiliki perbedaan dalam hal emosional dan psikologis. Hal ini mempengaruhi bagaimana kita mengambil keputusan dalam aspek kehidupan sehari-hari. Termasuk dalam hal manajemen keuangan. 

Mulai dari gaya hidup, sifat berbelanja, menabung, hingga merencanakan masa tua dan pensiun. Apa saja perbedaan yang ada dalam menyikapi keuangan antara pria dan wanita? Siapakah yang lebih baik? Berikut beberapa perbedaan antara pria dan wanita dalam menyikapi berbagai aspek gaya hidup dan keuangan.

Bfi finance indonesia

Pengeluaran Belanja

Pengeluaran untuk berbelanja memang pada akhirnya kembali lagi pada gaya hidup masing-masing individu. Namun, menurut studi oleh Wharton School of Business di tahun 2007 menyebutkan bahwa pria hanya akan fokus pada tujuan yang mereka cari ketika berbelanja. Mereka akan membeli yang mereka butuhkan dan keluar secepat mungkin tanpa melihat-lihat lagi.

Hal ini tentunya berbeda dengan wanita, yang sebagaimana kita tahu identik dengan keinginan berbelanja terus-menerus. Hal ini karena wanita melihat berbelanja sebagai suatu aktivitas. Sehingga, mereka akan tergoda untuk membeli banyak barang karena melihat lebih dari satu toko. 

Namun, untuk beberapa jenis pengeluaran, ternyata keduanya sama-sama memiliki pengeluaran yang besar, lho. Misalnya, wanita lebih boros untuk belanja pakaian. Sedangkan pria lebih boros dalam berbelanja makanan. 

Investasi

Untuk perihal investasi, pria disebutkan cenderung lebih terbuka pada hal-hal yang menantang. Termasuk perihal investasi. Sehingga, mereka cenderung agresif dan lebih terbuka pada instrumen investasi yang memiliki risiko tinggi. Sedangkan wanita dianggap lebih hati-hati, lebih enggan mengambil resiko, serta cenderung lebih panik ketika mengalami kerugian. 

Hal ini didukung oleh kajian data dari The German Institute for Economic Research (DIW) yang menyebutkan bahwa persentase pria yang cenderung berani untuk berinvestasi pada instrumen saham yang lebih beresiko adalah 45%. Lebih tinggi dibandingkan wanita, yaitu 38%. 

Sehingga, produk investasi yang dipilih juga berbeda. Pria akan memilih produk investasi yang menguntungkan namun memiliki resiko tinggi, seperti saham. Sedangkan wanita akan memilih produk investasi yang stabil dan aman, seperti emas atau reksadana. 

Budgeting dan Menabung

Dalam menabung untuk masa depan dan tabungan masa pensiun juga ada perbedaan antara pria dan wanita. Menurut survei Blackrock 2015, pria bisa menabung tiga kali lipat dibanding wanita. Namun, persentase tabungan yang dialokasikan perempuan lebih besar dibandingkan pria. 

Dalam soal budgeting, wanita memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengatur keuangan keluarga. Serta lebih terorganisir dalam membayar cicilan dan angsuran. Misalnya, rutin mencatat tanggal jatuh tempo sehingga tidak terlambat membayar cicilan. 

Jadi, Siapa Yang Lebih Baik?

Kesimpulannya, keduanya sama-sama lebih baik, namun dalam bidang yang berbeda-beda. Masing-masing pun bisa belajar dari satu sama lain. Misalnya, pria bisa belajar dari wanita mengenai cara lebih terorganisir dan hati-hati dalam menggunakan uang. Sedangkan wanita bisa belajar dari pria agar lebih berani mengambil resiko dan fokus pada tujuan berbelanja. 

Semoga ulasan tersebut bisa membantu Anda memahami pasangan atau keluarga Anda, ya! Nah, baik pria ataupun wanita bisa mengajukan pinjaman di BFI Finance untuk solusi kebutuhan finansial Anda. Yuk, ajukan pinjaman terpercaya di BFI Finance!