Pinjaman

Syarat dalam Mengajukan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil Tua

Ketika membutuhkan dana cepat cair dalam keadaan darurat, salah satu cara untuk mendapatkan dana dalam jumlah besar dan waktu singkat adalah dengan mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil. Umumnya, dana dari hasil jaminan BPKB mobil jumlahnya besar, mencapai 70 hingga 80 persen dari nilai kendaraan yang dijaminkan. 

Walaupun begitu, tidak semua kendaraan bisa dijadikan jaminan pinjaman. Umumnya, lembaga keuangan menerima jaminan kendaraan dengan usia mobil maksimal 10 tahun. Namun, ada beberapa lembaga keuangan yang menerima jaminan mobil dengan usia lebih dari 10 tahun. Hanya saja, mobil tahun 90an misalnya, tentunya memerlukan pengecekan yang lebih mendalam untuk memastikan bahwa kendaraan tersebut layak untuk dijadikan jaminan. 

Lantas, apa saja yang harus diperhatikan apabila Anda berniat mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil tua? Simak beberapa poin berikut ini.

Persyaratan Dokumen

pinjaman dengan jaminan bpkb

Ketika mengajukan jaminan, tentunya kelengkapan dokumen dan surat-surat berharga merupakan syarat utama, termasuk pengajuan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil. Salah satu persyaratan yang diperlukan adalah pengecekan saldo bank dalam 3 bulan terakhir. Selain itu, pastikan bahwa keadaan fisik mobil Anda sudah sama dengan BPKB mobil yang akan dijaminkan. Kelengkapan dokumen dan surat kendaraan yang sesuai tentunya menandakan kepemilikan mobil yang sah dan syarat dasar dalam segala pengajuan jaminan. 

Usia dan Kondisi Mobil

pinjaman bpkb mobil

Walaupun ada beberapa lembaga keuangan yang menerima mobil tua, namun tetap ada batas minimal untuk usia mobil. Umumnya, yang diterima adalah mobil dengan minimal keluaran tahun 1995. Jika Anda ingin mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil tua, pastikan bahwa usia kendaraan Anda telah memenuhi persyaratan untuk dijaminkan. 

Faktor lain yang harus diperhatikan dalam menjaminkan kendaraan Anda adalah kondisi fisik mobil. Pengajuan pinjaman Anda tentunya tidak akan disetujui apabila mobil Anda sudah rusak parah atau telah banyak dimodifikasi. Jika kendaraan Anda tidak termasuk keluaran tahun baru tetapi memenuhi persyaratan usia minimal dan dalam kondisi prima, tentunya akan memperbesar peluang untuk pengajuan pinjaman Anda disetujui. Pastikan bahwa Anda mengecek kondisi fisik mobil Anda apakah masih layak untuk dijaminkan.

Merk Mobil

pinjaman bpkb

Merk mobil yang Anda putuskan untuk digadaikan juga menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan. Hal ini karena lembaga keuangan mempertimbangkan nilai jual dari kendaraan yang Anda gadaikan. 

Umumnya, lembaga keuangan cenderung menerima mobil dengan merk yang umum, banyak peminatnya, dan masih memiliki nilai jual tinggi. Contohnya merk mobil Jepang, Eropa, dan Amerika seperti Toyota, Honda, Daihatsu, BMW, dan sebagainya. Pastikan bahwa merk mobil yang Anda ingin jaminkan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

 

Itulah beberapa faktor yang menentukan keberhasilan pengajuan pinjaman jaminan BPKB mobil tua. Salah satu lembaga keuangan terpercaya yang menyediakan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil adalah BFI Finance yang menerima jaminan mobil dengan batas hingga 15 tahun.