Pinjaman

Syarat Gadai BPKB Motor Agar Cepat Disetujui

gadai bpkb motor

Tentunya, pernah ada masa dimana Anda membutuhkan tambahan dana. Baik untuk kebutuhan yang mendesak, atau untuk mengembangkan bisnis. Salah satu alternatif dalam mendapat dana tambahan adalah dengan gadai BPKB motor atau mobil untuk dijaminkan BPKB nya. 

Gadai BPKB motor sendiri memberikan Anda banyak keuntungan. Selain persyaratannya mudah, Anda juga bisa mendapat tambahan dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda. Contohnya, di BFI Finance, Anda bisa mendapatkan pencairan dana maksimal 60% dari harga motor yang dijaminkan. 

Ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum gadai BPKB motor Anda. Apa saja persiapan yang harus Anda lakukan sebelum menjaminkan kendaraan Anda? Simak ulasan cara gadai bpkb motor berikut untuk membantu Anda agar pinjaman Anda cepat disetujui!

cara gadai bpkb motor

Tentukan Kebutuhan dan Kemampuan Membayar

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan untuk merencanakan untuk apa dana pinjaman tersebut digunakan. Contohnya untuk tambahan modal usaha, biaya pendidikan, dan lain sebagainya. Dengan demikian, Anda bisa menghitung berapa biaya tambahan yang dibutuhkan, dan apakah dana pinjaman dengan gadai BPKB motor cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda. 

Pastikan juga Anda mampu untuk melunasi cicilan pinjaman tersebut setiap bulannya. Anda bisa memperkirakan kemampuan bayar Anda dengan mempelajari tenor dan cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Tunjukan slip gaji dan dokumen lain yang mendukung bukti penghasilan Anda. Dengan demikian, pengajuan pinjaman Anda akan memiliki peluang besar untuk disetujui. 

Pahami Persyaratan dan Dokumen yang Dibutuhkan

Selanjutnya, pastikan bahwa Anda memahami persyaratan dan dokumen yang diperlukan. Apabila dokumen yang diserahkan lengkap dan memenuhi persyaratan, maka pengajuan pinjaman Anda akan lebih mudah untuk disetujui. Umumnya, lembaga keuangan memiliki berbagai persyaratan untuk nasabah menjaminkan BPKB motor mereka. 

Contohnya, di BFI Finance, ada sejumlah dokumen yang yang harus dipersiapkan. Yaitu:

  • KTP Peminjam
  • Kartu Keluarga
  • Akta nikah/cerai/kematian/perjanjian pranikah
  • Nomor pokok wajib pajak (NPWP) atau surat pemberitahuan pajak
  • Rekening 3 bulan terakhir
  • Slip gaji karyawan atau surat keterangan penghasilan
  • Dokumen jaminan (BPKB Kendaraan atas nama sendiri atau pasangan, SHM/SHGB, IMB, AJB, PBB terakhir)

Selain dokumen, Anda juga harus memenuhi berbagai persyaratan yang berhubungan dengan calon nasabah dan kondisi kendaraan yang hendak dijaminkan. 

Contohnya di BFI Finance, calon nasabah gadai BPKB motor harus berusia 21 hingga 60 tahun, berprofesi karyawan atau wiraswasta dengan penghasilan yang stabil. Motor yang diterima untuk dijaminkan harus berusia maksimal 10 tahun, dengan merk asal Jepang atau Italia. 

Yuk, Pilih Tempat Gadai Motor Terpercaya!

Apabila Anda telah memahami persyaratan dan ketentuan yang berlaku, maka pengajuan pinjaman Anda pasti lebih mudah disetujui. Jangan lupa juga untuk memilih tempat gadai BPKB motor yang terpercaya, ya! 

BFI Finance merupakan lembaga keuangan yang terpercaya dan diawasi oleh OJK. Yuk nikmati kemudahan untuk pembiayaan kebutuhan finansial Anda di BFI Finance.