Pinjaman

Tepatkah Mengajukan Pembiayaan Mobil Saat Corona?

Akibat pandemi virus COVID19, sejumlah sektor mengalami imbasnya. Termasuk sektor ekonomi dan otomotif. Hal ini disebabkan oleh daya beli masyarakat yang tengah rendah karena keadaan ekonomi yang tidak stabil. Padahal, mungkin beberapa dari Anda telah berencana untuk membeli kendaraan secara kredit atau mengajukan pembiayaan mobil bekas

Beberapa perusahaan otomotif berusaha memberikan tawaran yang menarik kepada konsumen, seperti diskon dan model terbaru. Namun, apakah keputusan mengajukan pembiayaan mobil tepat dalam keadaan seperti ini?

Tentunya, hal ini kembali lagi kepada kondisi keuangan dan kebutuhan Anda. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengajukan kredit kepada perusahaan pembiayaan konsumen. Apa sajakah itu?

Hal yang Harus Dipertimbangkan

pembiayaan multiguna

Mengutip dari pernyataan Andy Nugraha selaku Perencana Keuangan Advisors Alliance Group Indonesia, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dengan cermat apabila Anda memutuskan untuk mengajukan pembiayaan mobil dalam pandemi COVID19.

Faktor utama yang harus dipertimbangkan adalah keadaaan keuangan dan tujuan Anda mengajukan kredit kendaraan. Sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan kredit, pastikan bahwa Anda telah menyiapkan dana untuk membayar jumlah harga cicilan yang harus dibayar per bulannya setelah diskon. Disarankan juga untuk mengajukan kredit untuk mobil second apabila fitur dan kondisinya mirip dengan mobil baru. 

Faktor kedua adalah tujuan Anda mengajukan kredit kendaraan. Apabila Anda mengajukan kredit untuk menunjang usaha Anda, maka keputusan untuk mengajukan pembiayaan mobil pada saat ini merupakan keputusan yang tepat. Namun, apabila untuk kebutuhan pribadi sehari-hari, disarankan agar Anda menunda keputusan untuk mencicil kendaraan. Walaupun mungkin kondisi keuangan Anda tengah dalam kondisi yang stabil atau aman, ada baiknya dana yang ada disisihkan untuk kebutuhan primer. Seperti makanan, obat-obatan, serta dana darurat.

Terlebih lagi, semenjak kebijakan PSBB diberlakukan, Anda tidak bisa menggunakan sering-sering keluar dengan kendaraan tersebut. Sehingga kurang bijak apabila Anda mengajukan kredit hanya demi kebutuhan sehari-hari dan diskon yang besar. 

Apakah Mencicil Kendaraan Merupakan Keputusan yang Tepat?

pembiayaan konsumen

Kesimpulannya adalah, mengajukan pembiayaan pada saat ini tidak salah, selama Anda memiliki dana yang cukup untuk membayar cicilan dan memenuhi kebutuhan primer. Terlebih lagi apabila kendaraan tersebut memang dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan usaha Anda. Semua itu kembali lagi kepada kondisi keuangan dan tujuan Anda. 

Walaupun diskon yang tersedia bisa dimanfaatkan sebagai peluang untuk membeli kendaraan, tetaplah perhitungkan segala faktor dengan cermat dan jangan gegabah dalam membuat keputusan. Ada baiknya juga Anda melakukan simulasi kredit untuk mengestimasi dana yang harus dikeluarkan, serta menghitung kemampuan membayar Anda. 

Nah, semoga ulasan diatas dapat membantu Anda menentukan pilihan yang terbaik, ya.