Pinjaman

Tingkatkan Skor Kredit Agar Pinjaman Pribadi Cepat Cair

pinjaman pribadi cepat cair

Mengajukan pinjaman dikala butuh dana cepat merupakan cara mudah dan instan yang sering dipilih untuk menghadapi beberapa keadaan. Namun, mengajukan pinjaman ternyata tidak semudah itu untuk disetujui. Salah satu masalahnya adalah skor kredit. Yuk, tingkatkan skor kredit Anda supaya pengajuan pinjaman pribadi cepat cair!

Menggunakan fasilitas pinjaman pribadi wajar-wajar saja, apabila Anda mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Namun, pernahkah Anda mengalami penolakan dalam pengajuan pinjaman? Mungkin skor kredit yang Anda miliki adalah sumber masalahnya. Walaupun skor kredit bukanlah penentu utama, namun skor kredit yang buruk akan memperkecil kemungkinan pengajuan pinjaman Anda untuk disetujui. 

Terkadang, banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya memiliki skor kredit yang buruk. Skor kredit ini bisa dipengaruhi dari transaksi bank, kartu kredit, atau pengajuan pinjaman sebelumnya. Skor kredit secara tidak langsung memberi gambaran bagi perusahaan pembiayaan mengenai kemampuan dan tanggung jawab Anda dalam membayar hutang. Serta menentukan jumlah kredit yang akan diberikan sesuai dengan kemampuan Anda.  

Coba diingat-ingat lagi, pernahkah Anda mengalami kredit macet atau telat membayar angsuran? Tenang, skor kredit masih bisa diperbaiki, kok. Yuk, simak beberapa cara meningkatkan skor kredit ini agar pinjaman pribadi cepat cair!

Pinjaman pribadi non bank

Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Untuk meningkatkan skor kredit, Anda harus memiliki rasio kredit yang sehat. Rasio kredit yang sehat adalah hutang yang tidak melebihi 30% dari penghasilan Anda. Oleh karena itu, Anda harus lebih bijak menggunakan kartu kredit. 

Disarankan bahwa penggunaan kartu kredit yang masih dalam batas wajar adalah maksimal 4 kartu kredit. Jangan sering-sering membuat kartu kredit baru hanya karena tergiur oleh promo dan penawaran-penawaran menarik. Dengan memiliki lebih dari 4 kartu kredit, Anda akan lebih tergoda untuk berhutang dan apabila tidak terkontrol, tentunya Anda akan menjadi boros dan menyulitkan keadaan keuangan Anda. Skor kredit Anda pun menjadi buruk karena sulit membayar tagihan. Gunakan kartu kredit dengan bijak, dan hanya untuk hal-hal darurat saja.

Bayar Pinjaman Pribadi Tepat Waktu

Cara utama lainnya untuk meningkatkan skor kredit Anda adalah dengan membayar tagihan tepat waktu. Baik itu tagihan pinjaman pribadi, kartu kredit, dan lain sebagainya. Jangan sampai Anda terlambat membayar tagihan. Selain terkena denda, hal ini juga akan memperburuk skor kredit Anda. 

Jika Anda mudah lupa, Anda bisa menggunakan fitur pembayaran otomatis untuk pembayaran kartu kredit. Atau memasang reminder di handphone atau mencatat di kalender. Sehingga, Anda akan mengingat kewajiban Anda setiap bulannya.

Evaluasi Keuangan

Yang terakhir, setelah melunasi hutang-hutang yang ada, Anda bisa mengevaluasi keadaan keuangan Anda. Jangan mengajukan pinjaman baru sementara hingga skor kredit dan keadaan keuangan Anda membaik. Kurangi kredit dan pengeluaran yang dirasa tidak penting, dan perbaiki keadaan keuangan Anda sebelum mengajukan pinjaman baru. 

Semoga ulasan diatas bisa membantu pengajuan pinjaman pribadi cepat cair, ya! Yuk, semangat untuk tingkatkan skor kredit Anda!