Pinjaman

Tips Ajukan Pinjaman Jaminan Sertifikat Aman Dan Cepat

pinjaman jaminan sertifikat

Dalam memenuhi kebutuhan dengan dana besar, mengajukan pinjaman dengan jaminan merupakan salah satu alternatif yang tepat. Salah satunya adalah dengan mengajukan pinjaman jaminan sertifikat rumah. 

Sekarang ini, banyak lembaga keuangan yang menawarkan layanan pinjaman jaminan sertifikat rumah dengan proses cepat, mudah, dan aman.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan pun bermacam-macam. Anda bisa mendapatkan limit pencairan yang tinggi dengan tenor yang relatif lebih lama dibandingkan dengan pinjaman jaminan BPKB atau KTA.

Bahkan, beberapa lembaga keuangan menawarkan kemudahan dengan memperpanjang tenor pinjaman bagi nasabahnya. Prosesnya pun aman dan cepat, terlebih lagi dengan layanan online. 

Meskipun layanan pinjaman tersebut cepat, mudah, dan aman, ada beberapa kiat yang harus Anda pahami dalam mengajukan pinjaman jaminan sertifikat rumah secara tepat. Karena, ada beberapa resiko yang harus Anda hadapi. Selain resiko pengajuan pinjaman ditolak, aset jaminan Anda bisa saja disita apabila Anda tidak mampu bertanggung jawab dengan cicilan Anda. 

Lalu, apa saja yang harus Anda lakukan agar pengajuan pinjaman jaminan sertifikat Anda berjalan dengan lancar? Yuk, simak kiat-kiatnya!

pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah

Perhatikan Syarat dan Ketentuannya

Umumnya, ada beberapa persyaratan dan dokumen yang harus dipenuhi oleh calon debitur. Untuk calon debitur harus berusia 21-60 tahun dan berprofesi sebagai karyawan atau wiraswasta. Beberapa lembaga keuangan menetapkan minimal penghasilan yang Anda terima sebagai salah satu persyaratan. 

Jangan lupa juga untuk melengkapi dokumen pendukung yang dibutuhkan. Umumnya, dokumen yang diminta adalah:

  • KTP, KK, NPWP
  • Sertifikat, IMB, PBB
  • SHM / SHGB atas nama sendiri dan/atau pasangan
  • Slip Gaji 3-6 Bulan Terakhir (Karyawan)
  • Legalitas usaha ( SIUP, TDP, AKTA CV/AKTA PT, NPWP USHA) (Wiraswasta)
  • Rekening Koran / Pembukuan Usaha 6 Bulan – 1 Tahun Terakhir

Pastikan Lokasi Rumah Ideal

Kondisi dan lokasi rumah Anda juga mempengaruhi apakah pengajuan pinjaman Anda bisa disetujui. Idealnya, rumah yang Anda jaminkan tidak berada di dalam gang sempit, tidak dekat dengan kuburan atau fasilitas umum, serta tidak dalam proses jual. Pastikan bahwa lokasi rumah yang akan Anda jaminkan strategis dan ideal. Dengan demikian, lembaga keuangan akan menilai rumah Anda layak untuk dijaminkan. 

Ajukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Karena nilai aset rumah cukup tinggi, maka dana pinjaman yang Anda terima akan besar pula. Namun, bukan berarti Anda akan menerima pencairan dana 100% senilai harga rumah jaminan. Umumnya, Anda akan menerima 70-80% pencairan dari aset yang dijaminkan. 

Meski demikian, jangan buru-buru tergoda dengan pinjaman tinggi. Ajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda, serta berkomitmenlah untuk membayar. Jangan sampai Anda terjebak kredit macet dan rumah Anda disita karena tidak bisa membayar pinjaman. 

Pilih Tempat Pinjaman Jaminan Sertifikat Yang Aman

Yang terakhir, pastikan untuk memilih tempat pinjaman jaminan sertifikat yang aman dan terpercaya. Pastikan bahwa lembaga keuangan yang Anda tuju sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sehingga Anda bisa mendapatkan perlindungan hukum jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

BFI Finance merupakan lembaga keuangan yang terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga terjamin keamanannya. Nikmati bunga ringan dengan tenor panjang dengan mengajukan pinjaman jaminan sertifikat di BFI Finance!